telset

WhatsApp Siapkan Fitur Transaksi Menggunakan Mata Uang Kripto

Telset.id, Jakarta – Meta mengumumkan rencana terbaru mereka terhadap WhatsApp. Rencana tersebut adalah menghadirkan fitur pembayaran dengan mata uang kripto di dalam aplikasi.

Meta yang dikomandoi Mark Zuckerberg memang tertarik pada mata uang kripto. Bahkan mereka telah mencoba meluncurkan mata uang kripto yang dinamakan Libra, namun karena satu dan lain hal namanya diubah menjadi Diem.

Dilansir dari Ubergizmo, Minggu (12/12/2021) Meta akan meluncurkan fitur pembayaran kripto dalam aplikasi WhatsApp untuk sejumlah kecil pengguna di Amerika Serikat.

Baca Juga: WhatsApp Perpanjang Durasi Fitur Hapus Chat Otomatis

Sistem pembayaran akan dilakukan melalui integrasi dengan Novi, dompet digital milik Meta, dan akan menggunakan stablecoin Paxos Dollar yang terikat dengan dollar AS.

Ini artinya pengguna dapat bertransaksi mata uang kripto dengan pengguna lain dan tidak perlu khawatir dengan harganya yang berfluktuasi, layaknya cryptocurrency lain seperti bitcoin dan altcoin.

Baca Juga: Cara Sembunyikan Status WhatsApp

Pengguna dapat mengirim dan menerima pembayaran kripto di WhatsApp seperti pengguna mengirim atau menerima foto atau video, dan kemudian mereka dapat menarik uang mereka ke bank di mana mereka akan menerimanya dalam nilai setara USD.

Saat ini sepertinya tidak ada biaya tambahan terkait dengan penggunaan fitur transaksi WhatsApp untuk mata uang kripto, dan pengguna akan dapat mengirim dan menerima uang sebanyak yang mereka mau.

Integrasi WhatsApp dan Novi

Aplikasi dompet digital yang bisa transfer uang ini dikembangkan oleh Meta, perusahaan induk yang menaungi Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lainnya.

Novi menawarkan kemudahan untuk melakukan pembayaran dan transfer ke lintas negara. Pengguna bisa melakukan transfer antar akun atau bank, hanya dalam satu aplikasi.

Baca Juga: Whatsapp Uji Coba Fitur Reaksi Pesan

Menurut Kepala Unit FinTech di Meta, David Marcus, Novi adalah salah satu upaya perusahaan untuk mengembangkan layanan dompet digital. Sebagai perusahaan metaverse, Meta juga ingin memiliki aplikasi dompet digital yang canggih untuk pengguna.

“Beberapa dari produk ini bermerek Facebook Pay , beberapa tidak bermerek, dan dompet kami beroperasi di bawah merek Novi. Jadi seiring waktu, kami akan menyatukan semua pengalaman pembayaran dan layanan keuangan yang ada dan yang akan datang di bawah merek Novi,” kata David.

Saat ini Novi baru tersedia di Amerika Serikat dan Guatemala. Rencananya Novi akan diluncurkan ke berbagai negara lain secara bertahap. (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0