telset
spot_img

WhatsApp Perpanjang Durasi Fitur Hapus Chat Otomatis

Telset.id, Jakarta – Fitur Disappearing Messages atau hapus chat otomatis di WhatsApp mendapatkan pembaruan fitur untuk perangkat Android dan iOS. Kini, pengguna WA bisa hapus chat atau pesan WhatsApp secara otomatis dalam jangka waktu sampai 90 hari.

Perlu diketahui bahwa fitur Disappearing Messages sudah ada sejak Juni 2021 lalu. Namun, pengguna WA cuma dimungkinkan untuk hapus pesan otomatis setelah 7 hari dikirim.

Melalui pembaruan ini, WhatsApp menghadirkan opsi untuk durasi penghapusan pesan. Menurut CEO Meta, Mark Zuckerberg, fitur Disappearing Messages di WhatsApp bisa hapus chat secara otomatis setelah 24 jam, 7 hari, atau 90 hari dikirim.

Baca juga: Cara Kirim Pesan Terhapus Otomatis di WhatsApp

“Kami meluncurkan opsi Disappearing Messages baru di WhatsApp hari ini sehingga Anda dapat membuat semua obrolan baru menghilang secara default setelah 24 jam, 7 hari, atau 90 hari. Tidak semua pesan harus bertahan selamanya,” kata Mark.

WhatsApp melalui postingan di blog resminya menambahkan, update fitur ini juga memungkinkan pengguna WhatsApp mengaktifkan fitur pesan menghilang otomatis secara default untuk semua obrolan baik pribadi atau grup.

Saat fitur diaktifkan maka semua obrolan akan diatur untuk menghilang berdasarkan durasi waktu yang dipilih. Nantinya pengguna lain akan mengetahui bahwa pesan yang diterima mereka adalah Disappearing Messages dengan munculnya simbol durasi chat akan hilang.

Cara hapus chat WhatsApp otomatis Disappearing Messages

“Bagi orang yang memilih untuk mengaktifkan pesan menghilang default, kami akan menampilkan pesan di obrolan Anda yang memberi tahu orang-orang bahwa ini adalah pesan default yang Anda pilih,” tutur WhatsApp.

“Ini memperjelas bahwa ini bukan masalah pribadi. Ini adalah pilihan yang Anda buat tentang bagaimana Anda ingin berkomunikasi dengan semua orang di WhatsApp ke depannya,” tambahnya.

Cara Kerja Fitur Disappearing Messages di WhatsApp

WhatsApp Dissapearing Messages Pesan Hilang otomatis

WhatsApp di blog resminya turut memberikan info mengenai cara kerja fitur Disappearing Messages.

Jika pengguna yang menerima pesan tidak membuka WhatsApp dalam periode 24 jam, 7 hari, atau 90 hari, maka chat tersebut akan hilang secara otomatis. Tapi, pratinjau pesan mungkin masih ditampilkan di notifikasi hingga WhatsApp dibuka.

Lalu saat Anda membalas pesan dengan mengutip chat pengguna lain sambil mengaktifkan Disappearing Messages, maka teks yang dikutip mungkin tetap ada dalam obrolan, meski pesan yang dikirimkan telah hilang.

Baca juga: Cara Mudah Sembunyikan Status WhatsApp

Nah, bagi Anda pengguna WA yang belum mengetahui cara hapus chat WhatsApp secara otomatis dengan fitur Disappearing Messages, berikut tim Telset jelaskan untuk Anda.

  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih WhatsApp Settings.
  • Pilih menu Account lalu Privacy.
  • Pilih Default message timer dan pilih durasi yang diinginkan.

Cara hapus chat WhatsApp otomatis Disappearing Messages

  • Anda juga dapat mengatur pesan hilang otomatis dengan masuk ke profile kontak WhatsApp atau grup, lalu pilih Disappearing Messages.

(NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0