Telegram Rilis Fitur Group Video Call, Begini Cara Menggunakannya

Telset.id, Jakarta – Ada fitur baru di Telegram bernama Group Video Call. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video bersama-sama hingga 30 peserta.

Fitur video call grup atau video conference Telegram mungkin disiapkan sebagai pesaing aplikasi Zoom yang populer. Pasalnya, Telegram memastikan bahwa fitur ini bisa digunakan pengguna untuk melakukan rapat atau sekolah online via smartphone, tablet, atau PC/laptop.

“Kami membantu Anda untuk menyalakan kamera dan berbagi layar selama obrolan suara di grup mana pun, dengan perangkat apa pun termasuk tablet dan desktop. Pembaruan ini membawa Anda ke level baru untuk sekolah daring, rapat profesional dan pertemuan keluarga,” ujar Telegram.

{Baca juga: Pengguna Signal dan Telegram Meningkat, Imbas Kebijakan WhatsApp?}

Fitur Group Video Call Telegram juga didukung fitur lainnya, seperti Share Screen dan fitur peredam bising. Kedua fitur tersebut hadir untuk mendukung kegiatan video conference pengguna.

Cara Menggunakan Group Video Call Telegram 

Video Call Grup Telegram
Ilustrasi Group Video Call Telegram

Fitur terbaru Telegram ini cukup mudah digunakan. Fitur ini juga sangat membantu Anda yang ingin melakukan pertemuan online di masa pandemi Covid-19 seperti ini. Berikut cara video call group Telegram:

  • Untuk memulai video call, buka aplikasi Telegram dan buka profil salah satu grup di mana Anda menjadi admin grup tersebut.
  • Klik ikon titik 3 di pojok kanan dan pilih menu Voice Chat atau menu ikonnya berbentuk seperti gagang telepon.
  • Jika menu Voice Chat telah aktif, Anda selanjutnya tinggal memilih menu Switch Your Video On yang berada di samping kiri bawah. Tekan menu tersebut untuk mengaktifkan kamera.
  • Selamat! Fitur ini telah aktif di grup Telegram Anda.
  • Bagi Anda anggota grup yang ingin bergabung, Anda tinggal pilih menu Voice Chat dan aktifkan kamera dengan menekan menu Share My Video.
  • Di fitur ini jumlah peserta yang bisa bergabung maksimal 30 orang namun, Anda bisa berbicara berjam-jam karena tidak ada batasan waktu untuk menggunakan fitur video call grup ini.

Cara Share Screen di Group Video Call Telegram

Di Group Video Call, ada juga fitur Share Screen yang memudahkan Anda saat melakukan presentasi di dalam rapat online. Berikut cara share screen di Telegram grup:

{Baca juga: Telegram akan Tambahkan Fitur Video Call Group, Saingi Zoom dkk}

  • Pilih ikon titik 3 di pojok kanan dan pilih menu Share Screen.
  • Nantinya layar Anda akan muncul di Video Call Group, dan Anda tinggal menjelaskannya saja kepada peserta lain.

Mendukung Tablet dan Desktop 

Agar kegiatan video conference semakin nyaman, Anda bisa mengakses Telegram di tablet dan desktop. Dengan memakai perangkat dengan layar lebih luas, tampilan grid video dan daftar peserta dibuat terpisah.

Khusus pada desktop, Anda bisa menampilkan layar secara individual daripada menampilkan seluruh layar. Lalu saat Anda menggunakan desktop, siapa saja yang mulai membagikan layarnya akan disematkan secara otomatis.

Cara video call di telegram ini menambah alternatif cara bagi Anda yang ingin melakukan pertemuan virtual. Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan kerja, kuliah atau sekolah Anda. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0