telset

Telegram akan Tambahkan Fitur Video Call Grup, Saingi Zoom dkk

Telset.id, Jakarta – Setelah memberikan menambahkan fitur Voice Chat pada bulan Maret lalu, Telegram kembali akan memberikan kemampuan baru pada layanannya, yakni fitur Video Call Grup. Update ini akan digulirkan pada Mei mendatang.

Dengan kemampuan Video Call grup, Telegram akan ikut bersaing dengan para pemain aplikasi video conference yang sudah populer, seperti Teams, Zoom, dan Google Meet.

Kepastian ini disampaikan langsung oleh pendiri dan CEO Telegram, Pavel Durov lewat akun Telegram pribadinya. Ia mengatakan bahwa fitur baru akan ditambahkan pada bulan Mei, dan itu akan menjadikan Telegram platform yang kuat untuk panggilan video grup.

{Baca juga: Telegram Rilis Fitur Voice Chat 2.0, Bakal Jadi Pesaing Clubhouse}

Kabar update terbaru ini menyusul beberapa pengumuman pembaruan pada awal pekan ini. Aplikasi pesan instan asal Rusia itu juga baru saja mendapatkan beberapa fitur baru, seperti Payments 2.0, obrolan suara terjadwal, dan profil mini untuk obrolan suara.

Dalam postingan yang dibagikan di saluran Telegramnya, Durov mengatakan bahwa aplikasi tersebut juga akan mendapatkan panggilan suara grup, screen sharing (berbagi layar), enkripsi, noise cancellation, dan dukungan untuk versi desktop dan tablet.

“Semua yang dapat Anda harapkan dari alat konferensi video modern, tetapi dengan level Telegram UI, kecepatan, dan enkripsi,” tulis Durov di akun Telegram @durov.

Selain memberikan pengumuman, Durov juga membagikan klip video pendek yang memberikan sedikit bocoran fitur-fitur yang akan datang. Video tersebut menunjukkan bahwa ada area besar yang menampilkan orang yang sedang berbicara.

Ada juga daftar peserta aktif dengan tombol mikrofon di samping masing-masing profil mereka. Orang yang berbicara dilambangkan dengan animasi kecil di sekitar gambar profil orang tersebut.

{Baca juga: Update Telegram Versi 7.5.0 Hadirkan 7 Fitur Baru, Apa Saja?}

Di bagian bawah layar, terdapat tiga tombol kontrol untuk menonaktifkan, menghidupkan/ mematikan kamera, dan keluar dari sesi obrolan suara. Selain itu, UI mendapat sedikit perubahan saat tampilan layar ponsel diubah ke lanskap.

Seperti yang disebutkan, Telegram membawa banyak fitur baru, seperti fitur Payments 2.0, obrolan suara terjadwal, profil mini untuk obrolan suara, dua aplikasi Telegram Web baru, pembaruan ke UI Android, dan peningkatan pada penampil foto dan video dalam aplikasi.

Perusahaan juga mengatakan bahwa aplikasi yang diperbarui tidak akan segera tersedia di Google Play Store, namun pengguna iOS sudah dapat memperbarui aplikasi melalui App Store. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0