Dukung UMKM Go Digital, Tokopedia Luncurkan “Rumah BUMN”

Telset.id, Jakarta – Kementerian BUMN dan Tokopedia resmi meluncurkan laman khusus bernama Rumah BUMN, yang bertujuan untuk mendukung UMKM agar tergabung dalam ekosistem digital atau go digital.

Rumah BUMN adalah halaman khusus yang berisi kumpulan produk UMKM binaan Kementerian BUMN RI. Produk-produk di halaman ini berasal dari para pelaku UMKM yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, mulai dari Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga Papua.

“Kami menggandeng Tokopedia untuk meluncurkan halaman kurasi produk UMKM binaan Kementerian BUMN RI di platform digital Tokopedia. Kami berharap, makin banyak pelaku UMKM yang go modern, go digital, go online dengan bergabung dan
memanfaatkan panggung ini,” kata Menteri BUMN Erick Thohir.

Rumah BUMN merupakan salah satu upaya Pemerintah Indonesia yang menargetkan 30 juta pelaku UMKM bergabung dalam ekosistem digital pada tahun 2024 mendatang. Butuh kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan target tersebut.

Apalagi  UMKM berkontribusi 60,5% terhadap PDB dan menyerap 96,9% dari total tenaga kerja nasional. Sehingga Erick menilai keberadaan UMKM yang tangguh dan relevan dengan perkembangan era adalah tanggung jawab bersama dari berbagai pihak.

BACA JUGA:

“Rumah BUMN sendiri bertujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM
sehingga terwujud UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas. Kami mengapresiasi Tokopedia yang punya semangat yang sama dan konsisten dalam mendorong kemajuan UMKM,” ungkap Erick.

Di sisi lain Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menyatakan kalau pertumbuhan industri e-commerce terjadi cenderung merata di berbagai penjuru di Indonesia.

Sepanjang kuartal I 2023, data internal Tokopedia menunjukkan, Lombok Utara Provinsi NTB, Natuna Provinsi Kepulauan Riau dan Badung Provinsi Bali menjadi wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah pelaku usaha, dengan kenaikan rata-rata hampir 30%, dibandingkan kuartal I 2022.

Melihat data pertumbuhan dan potensi yang sangat besar ini, Tokopedia terus berupaya membantu pelaku UMKM Indonesia menjadi pemeran utama dan makin menjadi pilihan
masyarakat.

“Salah satu caranya adalah berkolaborasi dengan Kementerian BUMN RI, meluncurkan
rumahnya UMKM Indonesia yakni Rumah BUMN di platform Tokopedia,” tambah Astri melalui keterangan resmi yang diterima pada Rabu (14/06/2023).

BACA JUGA:

Rumah BUMN bisa diakses di aplikasi atau website Tokopedia. Di dalamnya terdapat beragam produk menarik yang ditawarkan. Dengan adanya kerja sama Tokopedia dan Kementerian BUMN RI ini, UMKM binaan Kementerian BUMN RI bisa mendapatkan exposure lebih yang bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk.

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI