Tren Belanja Beras dan Makanan Kering Naik 6x Lipat di Tokopedia

Telset.id, Jakarta – Selama kuartal 1 2023, belanja online ternyata masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Tren belanja beras serta makanan kering bahkan cenderung naik hingga lebih dari 6x lipat di Tokopedia.

Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan kalau terjadi pertumbuhan tren belanja dari berbagai jenis produk di Tokopedia di kuartal 1 tahun 2023.

Misalnya produk seperti makanan dan minuman, perlengkapan kebersihan serta perawatan tubuh dan kecantikan yang menjadi beberapa produk yang paling laris di Tokopedia.

“Tren belanja beberapa produk tersebut rata-rata mengalami peningkatan lebih dari 3x lipat, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” ungkap Ekhel Chandra Wijaya.

Sementara berdasarkan jenis makanan, maka tren pembelian beras serta serta makanan kering seperti kacang almond juga mengalami kenaikkan lebih dari 6x lipat yang artinya kedua jenis produk tersebut banyak diburu konsumen.

BACA JUGA:

“Kami mencatat produk seperti daging dan seafood, makanan sarapan serta beras dan makanan kering masing-masing mengalami peningkatan transaksi lebih dari 3x lipat, lebih dari 4x lipat dan lebih dari 6x lipat,” jelas Ekhel.

Tokopedia juga melihat adanya peningkatan transaksi pada produk perlengkapan kebersihan sebesar lebih dari 3,5x lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Produk seperti sabun cuci piring, pembersih kaca dan pengharum ruangan menjadi sejumlah produk perlengkapan kebersihan yang paling diburu masyarakat Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Minggu (14/05/2023), Ekhel juga mengumumkan kota atau kabupaten mana saja yang transaksi penjualannya mengalami pertumbuhan.

Hasilnya Karawang, Madiun dan Gianyar mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada kuartal I 2023 dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 4x lipat.

Pertumbuhan ini dapat terjadi berkat inisiatif Hyperlocal Tokopedia, yang diwujudkan dalam fitur Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli, sehingga mendorong pembeli berbelanja di UMKM terdekat.

BACA JUGA:

“Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia, kami berupaya untuk terus membantu pelaku usaha memanfaatkan kanal digital sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal,” kata Ekhel.

Berkat Hyperlocal, berbagai wilayah alami peningkatan transaksi pada kuartal 1 2023,
dan turut membantu mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI