Tokopedia Miliki Lebih dari 14 Juta Penjual, Mayoritas UMKM

Telset.id, Jakarta – Tokopedia menginjak usia ke-14 tahun, dan selama beroperasi hingga sekarang Tokopedia sukses memiliki lebih dari 14 juta penjual yang mayoritas adalah pelaku UMKM.

Sejak kehadirannya pada 17 Agustus 2009, Tokopedia selalu berusaha untuk mendukung pelaku usaha dari seluruh Indonesia. Usaha tersebut tergolong sukses karena aplikasi belanja online ini telah mempunyai puluhan juta penjual dari seluruh Indonesia.

“Sama seperti usianya yang sudah 14 tahun, Tokopedia sudah ada lebih dari 14 juta penjual, yang hampir 100% UMKM,” kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak.

Lebih lanjut, Nuraini juga menjelaskan kalau selama belasan tahun Tokopedia mendukung bisnis UMKM salah satunya dengan fitur Hyperlocal. Hyperlocal sendiri merupakan inisiatif Tokopedia untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada.

BACA JUGA:

Dengan menggunakan teknologi geo-tagging, sehingga pembeli akan mendapatkan produk dari penjual yang lokasinya di dekat mereka.

“Jadi kita usahakan beli di lokasi terdekat dulu. Belinya dari lokasi sekitar,” jelas Nuraini dalam konferensi pers di Jakarta pada Senin (07/08/2023).

Lalu terdapat pula beberapa inisiatif lainnya seperti Fasilitasi dan Sosialisasi pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), Modul Literasi Keuangan, Modul Literasi Digital dan Modul Perempuan Maju Digital.

“Tokopedia bantu pelaku usaha khususnya UMKM, memulai dan membangun bisnis hingga meraja di negeri sendiri lewat Hyperlocal serta kolaborasi lain untuk bantu tumbuh kembang UMKM,” sambungnya.

Hasil dari Tokopedia Hyperlocal dan inisiatif lainnya cukup memuaskan. Kini lebih dari 1,8 miliar produk terdatar dan Tokopedia telah menjangkau 99% kecamatan di Indonesia.

Kemudian jumlah penjual mengalami peningkatan dengan rata-rata hampir 4 kali lipat, yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa wilayah yang alami pertumbuhan yang tinggi yakni Aceh Tenggara, Padang Lawas Utara, Malaka Nusa Tenggara Timur, Buton Sulawesi Tengah dan Teluk Bintuni Papu Barat.

BACA JUGA:

“Berkat Hyperlocal dan inisiatif Tokopedia lainnya, sejumlah wilayah mengalami peningkatan tertinggi dalam hal jumlah penjual,” tutup Nuraini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI