Transaksi Tokopedia di Indonesia Timur Naik 8 Kali Lipat

Telset.id, Jakarta – Tokopedia merilis laporan terkait tren belanja online di semester 1 tahun 2023, yang hasilnya memperlihatkan kalau transaksi Tokopedia di Indonesia Timur naik tajam hingga 8 kali lipat di paruh pertama tahun ini.

Laporan e-Conomy SEA 2022 menunjukkan sekitar 80% konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023. Di Tokopedia, tingginya animo masyarakat dalam belanja online terlihat tren transaksi pengguna yang berada di wilayah Indonesia Timur.

Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega menjelaskan fitur Hyperlocal Tokopedia sukses mendorong transaksi di sejumlah wilayah di Indonesia Timur naik 8 kali lipat dibandingkan semester kedua tahun 2022.

“Beberapa wilayah yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain
Nduga yang ada di Papua Pegunungan, Maluku Barat Daya dan Raja Ampat di Papua Barat Daya dengan rata-rata peningkatan 8 kali lipat,” jelas Antonia.

BACA JUGA:

Hyperlocal Tokopedia merupakan fitur yang menerapkan teknologi geo-tagging dan memiliki berbagai manifestasi. Salah satunya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.

Ada juga Dilayani Tokopedia atau layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Tidak hanya di wilayah Indonesia Timur, fitur Hyperlocal juga sukses mendorong belanja online di berbagai wilayah mulai dari Aceh hingga Jawa Timur.

“Berkat Hyperlocal Tokopedia dan manifestasinya, beberapa wilayah di Indonesia mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual, yaitu Aceh Tenggara, Sampang Jawa Timur dan Bulukumba Sulawesi Selatan dengan rata-rata peningkatan 2 kali lipat,” kata Antonia.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Selasa (01/08/2023), diumumkan pula mengenai berbagai kategori produk yang laris manis di Tokopedia sepanjang semester 1 tahun 2023.

Selama semester 1 2023, Rumah Tangga, Otomotif, Fesyen, Elektronik serta Hobi dan Gaya Hidup menjadi beberapa kategori produk yang paling diminati masyarakat saat belanja online lewat Tokopedia, dibandingkan semester 2 2022.

“Di kategori produk Rumah Tangga, pengukur kualitas udara serta lem dan gunting pipa menjadi produk terlaris. Sedangkan di kategori produk Otomotif, mobil, motor dan oli menjadi sejumlah produk paling laris, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 2 kali lipat,” ujar Antonia.

Di sisi lain, pada kategori produk Elektronik di Tokopedia, True Wireless Stereo (TWS),
smartphone hingga tablet menjadi sejumlah produk terlaris, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 4,5 kali lipat.

BACA JUGA:

Sedangkan pada kategori produk Hobi dan Gaya Hidup, perangkat virtual reality, SIM Card International dan board game tercatat sebagai sejumlah produk yang paling laris, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 6 kali lipat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI