telset

Catat, Ini Spesifikasi Minimum untuk Bisa Gunakan Windows 11!

Telset.id, Jakarta – Microsoft telah resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi terbaru Windows 11. Buat yang ingin melakukan update di PC atau laptop, cek dulu spesifikasi minimum untuk bisa menggunakan sistem operasi teranyar ini.

Spek minimum Windows 11 sedikit lebih tinggi dibandingkan persyaratan Windows 10 saat ini. Perangkat Anda hanya perlu CPU 64 bit, RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.

Micorosoft juga menyarankan penyimpanan yang lebih besar agar bisa tetap diperbarui. Persyaratan yang dibutuhkan ini juga sekaligus menandai berakhirnya dukungan Windows untuk platform 32-bit.

{Baca juga: Windows 11 Diperkenalkan, Tampilan Modern dan Kaya Fitur Produktif}

Sementara spesifikasi minimal Windows 11 untuk kartu grafis, Anda minimal sudah kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih tinggi dengan driver WDDM 2.0. Lebih mudahnya, Anda bisa mengeceknya langsung apakah PC atau laptop Anda sudah bisa menjalankan Windows 10 dengan menggunakan aplikasi PC Health.

Spesifikasi Minimum Windows 11

Untuk lebih jelasnya, berikut ini spek minimum Win 11 untuk PC dan laptop:

  • Prosesor: 1GHz atau lebih cepat dengan 2 inti atau lebih di prosesor 64-bit yang kompatibel.
  • RAM: 4 GB
  • Memori penyimpanan: 64 GB atau lebih besar
  • Firmware sistem: UEFI, Secure Boot capable
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
  • Kartu grafis: Kompatibel dengan DirectX 12 atau yang lebih baru dengan driver WDDM 2.
  • Layar: Layar dengan resolusi 720p yang ukuran diagonalnya lebih besar dari 9 inch, 8 bit per channel warna.
  • Koneksi internet dan akun Microsoft: Windows 11 Home membutuhkan koneksi internet dan akun Microsoft untuk menyelesaikan setup perangkat saat pertama kali digunakan.

Windows 11 pastinya membawa sejumlah pembaruan dan fitur baru yang bisa digunakan pengguna. Anda bisa menyimak sejumlah fitur baru Windows 11 yang sudah kami rangkum.

Untuk semua edisi Windows 11, akses internet diperlukan untuk melakukan pembaruan dan mengunduh serta memanfaatkan beberapa fitur. Akun Microsoft juga diperlukan agar bisa menggunakan beberapa fitur lebih optimal.

{Baca juga: Microsoft Tingkatkan Fitur Multi-monitor untuk Windows 11}

Pada tahun 2015, ketika Microsoft merilis Windows 10, awalnya mereka mempertahankan persyaratan perangkat keras yang sama dari Windows 8 sebelum sedikit meningkatkan ukuran penyimpanan yang diperlukan kemudian.

Meski sudah resmi diluncurkan, namun sistem operasi ini baru tersedia pada bulan Oktober atau akhir November 2021 mendatang. [HR/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0