telset

Rekomendasi 13 Aplikasi untuk Presentasi, Alternatif Selain PowerPoint

Telset.id – Presentasi selalu identik dengan aplikasi bernama Microsoft PowerPoint. Padahal banyak aplikasi presentasi lain yang bisa digunakan dengan beragam keunggulan masing-masing.

Aplikasi presentasi tersedia di internet dan dapat Anda unduh secara gratis atau berbayar. Aplikasi presentasi gratis tersebut menyediakan berbagai keunggulan dan memungkinkan Anda untuk membuat materi presentasi yang menarik audiens.

Selain itu, software presentasi tersebut juga bisa menjadi opsi jika Anda ingin membuat presentasi selain menggunakan PowerPoint. Bahkan cukup banyak aplikasi presentasi keren offline yang bisa Anda unduh.

Untuk itu Tim Telset.id akan memberikan rekomendasi 13 aplikasi presentasi selain PowerPoint. Yuk disimak.

1. Prezi 

Aplikasi presentasi
Prezi

Prezi adalah software presentasi yang memudahkan Anda membuat dan menyunting materi presentasi dimana pun dan kapan pun. Prezi menyediakan banyak desain yang bisa dipilih supaya presentasi Anda memukau audiens.

{Baca juga: 15 Aplikasi Nonton TV Online Gratis 2021, Android dan PC}

Selain itu Prezi ini juga memungkinkan Anda untuk membuat presentasi dalam bentuk linear dan non-linear seperti dengan konsep Mind-Mapping. Terakhir Prezi adalah software presentasi berbasis internet sehingga Anda perlu membuat akun di situs Prezi.com untuk mendapatkan layanan tersebut.

Download Prezi

2. LibreOffice 

Aplikasi presentasi
Libre Office

Berikutnya di daftar software untuk membuat presentasi adalah LibreOffice. Software ini memungkinkan Anda untuk membuat presentasi dengan menarik atau bahkan unik. Dengan memakai LibreOffice, Anda bisa membuat desain-desain yang mendukung data presentasi.

Seperti misalnya membuat Diagram dan Tabel dengan tampilan yang memukau. LibreOffice juga menyediakan banyak tools dan fitur yang bisa Anda coba.

Download LibreOffice

3. Slidedog

Aplikasi presentasi
Slidedog

Aplikasi presentasi ketiga adalah Slidedog. Software presentasi ini memudahkan Anda untuk menyajikan data dengan tambahan video yang menarik. Perlu diketahui jika selama ini pengguna software Microsoft PowerPoint sering kesulitan saat melakukan peralihan dari dari pemaparan data ke pemutar video dan halaman website.

Namun melalui Slidedog, Anda dapat menggabungkan materi presentasi, pemutar video dan halaman website dalam satu tampilan layar. Tujuannya agar audiens bisa lebih nyaman ketika melihat presentasi Anda.

Download Slidedog

4. Focusky

Aplikasi presentasi
Focusky

Software alternatif PowerPoint lainnya adalah Focusky. Software ini memungkinkan Anda untuk membuat materi presentasi dengan konsep linear atau non-linear seperti Mind-Mapping.

Selain itu, Focusky juga menawarkan efek 3 dimensi (3D) sehingga presentasi Anda bisa lebih menarik perhatian Audiens dan tersampaikan dengan jelas.

Download Focusky

5. Academic Presenter 

Software Presentasi
Academic Presenter

Kemudian adalah Academic Presenter. Software presentasi ini cocok bagi Anda yang saat ini bekeja sebagai dosen ataupun peneliti. Pasalnya Academic Presenter dapat membantu peneliti, atau karyawan yang bekerja dengan data untuk menyajikan data yang menarik.

Terdapat model-model grafis yang bisa dipilih sehingga penyajian data tidak membosankan. Selain itu Anda juga bisa membagikan materi presentasi di internet.

Seperti misalnya di blog, website atau email dengan lebih mudah karena Academic Presenter ini memungkinkan untuk digunakan dengan jaringan internet atau tidak.

Download Academic Presenter

6. Visme

Software Presentasi
Visme

Selanjutnya adalah Visme. Software ini menyediakan pilihan template dan gambar yang bisa dipilih. Melalui Visme Anda bisa menyajikan data baik dalam bentuk tabel, diagram ataupun infografis.

{Baca juga: 10 Antivirus Paling Ringan Terbaik untuk PC yang Lemot}

Selain itu software presentasi juga memungkinkan Anda untuk menambahkan efek animasi dan audio sehingga audiens bisa lebih tertarik melihat materi yang Anda sajikan.

Download Visme

7. Emaze

 aplikasi presentasi
Emaze

Rekomendasi lainnya adalah Emaze. Software ini menawarkan kemudahan untuk membuat presentasi dengan mudah dan cepat, tidak kalah bagusnya denga PowerPoint.

Emaze memiliki banyak templates baik dalam format 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D) yang bisa dipilih. Selain itu Anda juga dapat menyajikan presentasi dengan bentuk video melalui Emaze.

Download Emaze

8. Haiku Deck

Aplikasi Presentasi
Haiku Deck

Rekomendasi diawali dengan Haiku Deck. Aplikasi ini berbasis cloud dan menawarkan  27 jenis template yang berbeda dan 35 juta stok foto. Di Haiku Deck, Anda bisa melihat dan mengedit setiap slide Haiku Deck dengan iPhone maupun iPad.

Keunggulan aplikasi untuk presentasi ini adalah Anda bisa mengekspor data presentasi ke dalam format PDF, Powerpoint, dan Keynote dengan lebih mudah. Bagi Anda yang tertarik Anda bisa berlangganan sebesar USD 5 per bulan atau Rp 72 ribu.

Download Haiku Deck

9. Keynote 

Aplikasi Presentasi
Keynote

Aplikasi ini selalu menjadi andalan bagi pengguna Apple. Alasannya karena Keynote merupakan aplikasi pengolah presentasi yang cerdas, canggih dan intuitif. Keynote  didukung oleh fitur yang kuat mulai dari grafik interaktif hingga memberi frame pada gambar.

Di Keynote ada lebih dari 30 efek sinematik untuk teks dan objek. Lalu Anda bisa melihat hasil presentasi dengan mudah melalui iPhone atau iPad. Harga berlangganan Keynote dibandrol mulai dari USD 19,99 atau Rp 290 ribu. Namun aplikasi ini gratis jika Anda menggunakan Mac.

Download Keynote

10. Slidebean

Aplikasi presentasi
Slidebean

Sliedbean bisa menjadi pilihan buat Anda yang sibuk untuk membuat presentasi. Dengan software presentasi ini, Anda tinggal memasukkan data yang ingin dijadikan bahan presentasi, lalu Slidebean akan mengerjakan presentasi sesuai desain yang diinginkan.

Bagi Anda yang tertarik dengan Slidebean, Anda bisa berlangganan aplikasi tersebut seharga USD 10 atau Rp 145 ribu per bulan.

Download Slidebean

11. Zoho Show

Aplikasi Presentasi
Zoho Show

Zoho Show bisa menjadi pilihan Anda jika ingin membuat konten presentasi. Di Zoho Show, Anda bisa mengakses presentasi dari browser atau perangkat apapun yang terkoneksi dengan internet.

Selesai membuat konten presentasi, Anda juga bisa mengimpor file tersebut ke dalam banyak format seperti .ppt, .pptx, .pps, .ppsx, .odp, dan .sxi.

Download Zoho Show 

12. Slides

Aplikasi Presentasi
Slides

Aplikasi berbasis cloud ini bisa Anda akses jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam hal membuat konten presentasi. Bahkan Slides memungkinkan Anda untuk mengedit konten presentasi yang berasal dari Powerpoint.

{Baca juga: 11 Fitur Baru di Windows 11, Bisa Jalankan Aplikasi Android!}

Anda bisa menambahkan latar belakang, tema dan hal lainnya supaya presentasi bisa semakin menarik. Aplikasi Slides bisa diakses secara offline dan biaya berlangganannya sekitar USD 6 atau Rp 87 ribu per bulan.

Download Slides 

13. Canva 

Aplikasi Presentasi
Canva

Aplikasi presentasi selain Power Point terakhir adalah Canva. Software presentasi ini memberikan banyak template desain presentasi yang bisa Anda pilih. Selain itu Canva juga menawarkan berbagai fitur canggih sehingga Anda bisa membuat konten presentasi yang menarik untuk bos atau klien Anda.

Keunggulan dari Canva adalah menyediakan layanan gratis dan juga layanan berbayar. Anda tinggal pilih sesuai kebutuhan dan juga budget Anda.

Download Canva 

Nah itu tadi 13 software presentasi selain PowerPoint bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0