10 Antivirus Paling Ringan Terbaik untuk PC yang Lemot

Antivirus Ringan untuk PC

Telset.id – Sering kali aplikasi antivirus dianggap sebagai penyebab laptop atau PC menjadi lemot. Hal tersebut karena antivirus berjalan di background untuk melakukan pemindaian virus. Namun sebenarnya, ada pula aplikasi antivirus paling ringan untuk perangkat PC atau laptop yang memiliki performa rendah.

Namun perlu diingat, ringan tidak berarti memiliki tingkat deteksi yang lebih baik. Begitu juga sebaliknya, penggunaan antivirus yang membebani memori juga bukan berarti bahwa antivirus tersebut memiliki kemampuan pemindaian terbaik.

Antivirus terbaik adalah yang paling nyaman digunakan, memungkinkan pengguna untuk beraktivitas berat tanpa mengalami lag, namun tetap memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Berikut ini tim Telset.id akan memberikan rekomendasi 10 antivirus PC terbaik dan ringan. Apa saja yang masuk di daftar ini, simak bahasan lengkapnya di bawah ini!

{Baca Juga: Apa Perbedaan Malware dan Virus di Komputer?}

McAfee Antivirus Plus

Antivirus Ringan untuk PC

Antivirus ringan untuk PC atau lapptop yang pertama adalah McAfee Antivirus. Aplikasi ini tersedia secara berlangganan per tahun.

Aplikasi antivirus tersebut membebani RAM secara rata-rata sebesar 53,2MB. Sedangkan untuk kecepatan pemindaiannya, McAfee Antivirus Plus memiliki kemampuan yaitu 27,9 MB/s. Antivirus ini dapat digunakan hingga 10 perangkat secara untuk satu akun.

F-Secure Antivirus

antivirus paling ringan F-Secure Antivirus

F Secure merupakan apliaksi antivirus ringan untuk perangkat PC. F Secure diciptakan oleh pengembang asal Finlandia, di mana antivirus ini ditujukan untuk segmen rumahan dan juga bisnis.

Secure memiliki beban memori rata-rata sebesar 42,6 MB dengan kecepatan pemindaiannya sebesar 23,1MB/s. Antivirus ini tersedia secara berbayar dengan sistem langganan per tahun.

Trend Micro Titanium Antivirus

Antivirus Ringan untuk PC Trend Micro Titanium Antivirus

Trend Micro mungkin adalah perusahan antivirus yang tidak begitu dikenal oleh sebagian orang. Namun, antivirus besutannya yaitu Titanium cukup dapat diandalkan untuk keamanan PC dan aplikasi ini juga terbilang ringan.

Aplikasi ini memakan RAM dengan ukuran rata-rata sebesar 42,2MB. Sedangkan untuk pemindaiannya mencapai 27,2MB/s. Tren Micro Titanium tersedia dengan sistem berlangganan, untuk perangkat PC Windows maupun Mac.

AVG AntiVirus

antivirus paling ringan AVG AntiVirus

AVG Antivirus juga merupakan aplikasi antivirus ringan namun memiliki kemampuan pemindaian yang cukup baik.

AVG Antivirus hanya membebani memori sebesar 29,6 MB sedangkan kecepatan pemindaiannya yaitu mencapai 32,4 MB/s. Aplikasi ini tersedia dalam versi premium dan juga berbayar. Tentunya untuk versi gratisnya memiliki fitur yang lebih sederhana ketimbang versi berbayar.

{Baca Juga: 7 Serangan Malware Paling Merusak dan Mematikan}

Kaspersky Antivirus

Antivirus Ringan untuk PC Kaspersky Antivirus

Selanjutnya adalah Kaspersky Antivirus. Kaspersky adalah salah satu perusahaan antivirus terbaik yang menyediakan beragam layanan mulai dari segmen pengguna rumahan hingga enterprise.

Kaspersky Antivirus memiliki beban memori rata-rata sebesar 23MB dengan kecepatan pemindaiannya yaitu sebesar 34.4MB. Aplikasi antivirus ini juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Avira AntiVirus

Avira AntiVirus paling ringan PC

Berikutnya juga yang cukup populer digunakan di banyak PC adalah Avira Antivirus. Selain karena aplikasinya ringan, Avira juga memiliki kemampuan pemindaiannya yang baik.

Aplikasi ini hanya memakan memori RAM sebesar 22,9MB. Sedangkan kemampuan pemindaiannya yaitu mencapai 35,9MB. Avira Antivirus tersedia secara gratis untuk diunduh oleh semua pengguna.

BitDefender AntiVirus Pro

Antivirus Ringan untuk PC BitDefender AntiVirus Pro

BitDefender AntiVirus Pro juga merupakan antivirus yang ringan dan cukup populer digunakan sebagian orang. Aplikasi ini memiliki beban RAM sebesar 15,7MB dengan kecepatan pemindaian sebesar 35,9MB/s.

Antivirus ringan untuk PC satu ini memiliki kemampuan pemindaian yang sangat baik. BitDefender AntiVirus Pro juga hanya tersedia secara berbayar dengan sistem langganan.

{Baca juga: 5 Penyebab Charger Laptop Rusak dan Cara Mencegahnya}

Norton Antivirus

Antivirus Ringan untuk PC Norton Antivirus

Antivirus PC paling ringan selanjurnya adalah Norton AntiVirus. Aplikasi ini cukup populer selain karena ringan, namun juga memiliki kemampuan pemindaian virus yang sangat baik.

Aplikasi besutan Symantec ini membebani RAM hanya sebesar 9,9MB. Dan, untuk kecepatan pemindaiannya sangat tinggi yaitu hingga 36,3 MB/S. Apilikasi ini juga hanya tersedia secara berbayar.

Panda Antivirus Pro

Panda Antivirus Pro paling ringan

Aplikasi antivirus paling ringan untuk PC berikutnya adalah Panda AntiVirus Pro. Meski tidak begitu populer, namun aplikasi tersebut juga sangat ringan. Panda Antivirus Pro memiliki proses pada RAM hanya sebesar 9,8MB.

Sedangkan kecepatan pemindaiannya yaitu 16,4 MB/S. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis untuk semua pengguna.

Avast Antivirus Pro

Antivirus ringan untuk PC Avast Antivirus Pro

Avast Antivirus Pro adalah Antivirus PC yang paling ringan dan juga populer saat ini. Aplikasi itu hanya membebani RAM sebesar 6.6MB. Adapun kemampuan scanning-nya yaitu mencapai 20MB/s. Dengan ringannya aplikasi tersebut, tentu tidak akan menyebabkan komputer menjadi lambat bahkan jika spek PC kamu masih rendah.

Aplikasi Antvirus ini juga tersedia secara gratis, sehingga dapat diunduh oleh siapapun. Meskipun Avast juga tetap menyediakan beberapa layanan premium lainnya yang dapat dibeli.

Itulah berbagai antivirus PC paling ringan yang bisa Anda coba. Semoga membantu!

(IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here