10 Situs untuk Bantu Pasien Covid-19 Mendapatkan Fasilitas Kesehatan

Telset.id – Jumlah pasien Covid-19 di Indonesia tercatat semakin banyak. Untungnya, saat ini ada beberapa situs yang sangat berguna untuk bantu penanganan pasien Covid-19. Apa saja situsnya?

Beberapa pihak, termasuk pemerintah Indonesia telah menciptakan banyak situs untuk membantu pasien Covid-19 yang sedang mencari maupun membutuhkan alat kesehatan.

Setidaknya ada 10 situs untuk bantu pasien Covid-19 yang bisa diakses di ponsel atau laptop. Situs-situs tersebut menawarkan layanan konsultasi ke dokter hingga info ketersediaan oksigen.

{Baca juga: Cara Daftar Layanan Vaksin Covid-19 Gratis dari Shopee}

Dirangkum oleh tim redaksi Telset, berikut ini daftar situs yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu teman atau keluarga yang terjangkit virus corona.

1. Siranap 3.0 Kemenkes

Situs Bantu Pasien Covid-19
Siranap 3.0 Kemenkes

Situs yang bisa Anda gunakan untuk bantu pasien Covid-19 adalah Siranap 3.0 Kemenkes. Situs ini membantu Anda untuk mencari layanan IGD atau rawat inap untuk pasien Covid-19.

Caranya gampang, Anda tinggal memilih nama provinsi dan nama kota domisili pasien di situs Siranap 3.0 Kemenkes. Kemudian akan muncul informasi seputar daftar ketersediaan tempat tidur di rumah sakit di kabupaten atau kota tertentu.

2. Wargabantuwarga.com 

Situs bantu pasien Covid-19
Wargabantuwarga.com

Situs wargabantuwarga.com dibuat oleh warga dan untuk warga juga dalam menangani Covid-19 di Indonesia. Melalui Wargabantuwarga, Anda bisa mengetahui nomor telepon penyedia fasilitas dan alat kesehatan seperti oksigen dan layanan tes SWAB.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi bagaimana cara melakukan isolasi mandiri yang benar dan informasi seputar Covid-19 lainnya.

3. Farma Plus Kemenkes

Situs Bantu Pasien Covid-19
Farma Plus Kemenkes

Kemenkes memiliki situs Farma Plus yang bisa diakses di smartphone atau laptop. Di situs ini, Anda bisa mengetahui informasi ketersediaan obat untuk bantu pasien Covid-19. Untuk mengetahui stok obat, Anda tinggal klik jenis obat dan provinsi tempat tinggal.

Lalu, pilih nama kabupaten atau kota domisili Anda, dan nama apotik. Nantinya akan ada informasi mengenai apotek mana saja yang menyediakan obat yang Anda butuhkan.

Anda pun tinggal menghubungi apotek terkait melalui ikon WhatsApp. Mudah sekali kan?

4. Oksigen.carrd.co

Situs Bantu Pasien Covid-19
oksigen.carrd.co

Tabung oksigen merupakan salah satu alat kesehatan yang banyak dicari oleh pasien yang terinfeksi virus corona. Bagi Anda yang mencari oksigen bisa mengunjungi situs oksigen carrd.

{Baca juga: Daftar 11 Layanan Telemedicine Gratis untuk “Pasien Isoman” Covid-19}

Melalui situs ini, Anda dapat mengetahui informasi penyedia tabung dan layanan isi ulang oksigen. Anda pun bisa berkontribusi melalui situs untuk bantu pasien Covid-19.

Caranya dengan mengisi database mengenai layanan penyedia tabung dan isi ulang oksigen yang ada di sekitar lingkungan rumah Anda.

5. Telemedisin Isoman Covid-19

Situs Bantu Pasien Covid-19
Layanan Telemedisin Isoman Covid-19

Situs ini bisa Anda manfaatkan juga untuk bantu pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri alias isoman. Dengan Telemedisin Isoman Covid-19, Anda bisa mendapatkan layanan telemedisin dari dokter. Tujuannya agar Anda bisa menjalankan isoman dengan baik dan bisa segera sembuh dari Covid-19.

Lalu bagi Anda pasien Covid-19 tanpa gejala atau OTG dan gejala ringan, Anda bisa mendapatkan paket obat dan vitamin gratis supaya bisa segera sembuh.

6. Bed.ina-covid.com

Situs Bantu Pasien Covid-19
Bed.ina-covid.com

Mengecek ketersediaan tempat tidur rumah sakit bisa dengan mengakses situs Bed.ina-covid.com. Anda bisa mendapatkan informasi ketersediaan tempat tidur di hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Melalui Bed.ina-covid.com, Anda bisa menemukan daftar rumah sakit beserta jumlah ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19. Terdapat juga nomor telepon rumah sakit sehingga Anda bisa bertanya mengenai pelayanan pasien Covid-19 di sana.

7. ahaha.id

Situs banti pasien Covid-19
ahaha.id

Banyak sekali teman, keluarga, ataupun masyarakat lainnya yang saling membagikan informasi mengenai kebutuhan donor plasma konvalesen bagi pasien Covid-19. Nah, situs ahaha bisa Anda manfaatkan untuk bantu pasien Covid-19.

Anda bisa mendapatkan informasi soal pendonor plasma konvalesen. Begitu juga, Anda bisa melihat informasi mengenai jumlah pendonor, golongan darah pendonor, dan tempat tinggalnya.

{Baca juga: Telkom dan BNPB Sediakan Call Center Donor Plasma Konvalesen}

Selanjutnya, Anda bisa menghubungi admin ahaha.id untuk meminta kontak pendonor tersebut. Di sisi lain, Anda juga bisa mengajukan diri sebagai pendonor untuk membantu penanganan pasien Covid-19.

8. Covid19.atmago.com

Situs bantu pasien covid-19
covid19.atmago.com

Selain kesehatan fisik, pasien Covid-19 juga mengalami dampak psikologis seperti stress dan merasa terusir dari masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat situs Covid19.atmago.com untuk layanan konsultasi ke psikolog.

Layanan gratis ini membantu pasien covid-19, keluarga pasien, tenaga kesehatan hingga masyarakat umum yang mengalami tekanan mental di masa pandemi. Anda bisa melakukan telekonseling oleh para psikolog berpengalaman.

9. Urundayacovid

situs bantu pasien Covid-19
Urundayacovid

Urundayacovid adalah platform yang menyediakan info seputar vaksinasi dan penanganan pasien Covid-19. Anda bisa mendapatkan info oksigen, layanan isolasi mandiri, info puskesmas hingga informasi layanan mobil ambulans.

{Baca juga: Tokopedia Hadirkan Asuransi Proteksi Covid-19, Premi Mulai Rp 10 Ribu}

Selain menyediakan informasi, Urundayacovid-19 juga menghadirkan fitur Urun Dana yang bekerja sama dengan Kitabisa.com. Di situs tersebut Anda bisa memberikan donasi untuk pasien dan penanganan Covid-19 di Indonesia.

10. Lentera Svarga 

Situs bantu pasien Covid-19
Lentera Svarga

Terakhir adalah Lentera Svarga yang menyediakan informasi seputar bantuan makanan bagi pasien Covid-19 yang menjalani isoman. Situs untuk bantu pasien Covid-19 ini juga menyediakan informasi layanan mobil jenazah dan peti mati bagi pasien yang meninggal dunia.

Nah, itu tadi informasi lengkap mengenai 10 situs untuk membantu pasien Covid-19. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membantu keluarga, teman, maupun sanak saudara yang terinfeksi Covid-19. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0