telset

Daftar 11 Layanan Telemedicine Gratis untuk “Pasien Isoman” Covid-19

Telset.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes), menghadirkan layanan telemedicine gratis bagi pasien Covid-19 di Jakarta. Layanan tersebut diberikan kepada pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri (isoman). Berikut daftar 11 layanan Telemedicine gratis.

Dilansir Telset dari laman resmi Kemenkes pada Selasa (6/7/2021), Kemenkes ingin memastikan pasien yang melakukan isolasi mandiri untuk tetap memperoleh layanan kesehatan.

Untuk itu, Kemenkes menghadirkan Telemedicine yang merupakan konsultasi kesehatan secara virtual yang bisa diakses kapan pun dan dimana pun oleh pasien. Di tahap awal, fasilitas kesehatan ini hanya berlaku untuk area Jakarta.

Baca juga: Gratis! Daftar Lokasi Vaksin Covid-19 di DKI Jakarta, Ini Syaratnya

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa telemedicine ini bekerja sama dengan 11 aplikasi dokter online yang ada di Indonesia. Nantinya pasien Covid-19, bisa mendapatkan konsultasi dokter serta jasa pengiriman obat secara gratis.

Cara Konsultasi di Telemedicine

telemedicine

Selain obat, layanan Telemedicine gratis ini juga akan memberikan bantuan vitamin untuk pasien isoman Covid-19. Pemberian obat dan vitamin akan terbagi menjadi dua paket, untuk pasien tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan.

Paket untuk pasien kategori OTG akan berisi vitamin atau suplemen, seperti vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan zink. Sementara untuk pasien dengan gejala ringan, akan mendapat vitamin dan tambahan obat sesuai gejala, seperti multivitamin, obat antibiotika, parasetamol, dan  antivirus.

Lalu, bagaimana caranya pasien isolasi mandiri bisa berkonsultasi dan mendapatkan obat gratis di layanan Telemedicine? Berikut ini Langkah-langkahnya:

  1. Pilih salah satu dari 11 aplikasi konsultasi dokter di bawah.
  2. Download aplikasi yang dipilih via Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  3. Setelah selesai download, buka aplikasinya dan kemudian pada bagian Peduli Covid, pilih “Konsultasi Dokter”, di situ Anda bisa memilih dokter.
  4. Pengguna akan diarahkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis mengenai kondisi pasien.

Daftar 11 Layanan Telemedicine Gratis

Telemedicine Isolasi Mandiri Pasien Covid-19
Pasien Covid-19 sedang isolasi mandiri

Layanan telemedicine untuk pasien Covid-19 bisa diakses mulai hari ini. Diharapkan telemedicine dapat membantu pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Mereka bisa mendapatkan konsultasi dari dokter supaya mereka bisa cepat sembuh.

Baca juga: Telkom dan BNPB Sediakan Call Center Donor Plasma Konvalesen

Bagi Anda yang ingin mendapatkan layanan telemedicine gratis tersebut, berikut ini 11 platform beserta link telemedicine gratis untuk pasien Covid-19:

1. Alodokter

Alodokter merupakan layanan kesehatan yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan ke dokter secara online. Saat ini, Alodokter juga memberikan layanan telemedicine bagi pasien Covid-19. Berikut link untuk mendapatkan layanan konsultasi Covid-19 gratis:

Link Alodokter 

2. GetWell

Selanjutnya adalah GetWell. Layanan kesehatan berbasis aplikasi ini juga memberikan layanan bagi pasien yang positif Covid-19. Pasien bisa berkonsultasi ke dokter melalui aplikasi GetWell.

Link GetWell 

3. Good Doctor dan GrabHealth

Good Doctor dan GrabHealth berkolaborasi bersama Kemenkes dalam memberikan layanan kepada pasien Covid-19 yang sedang isoman. Tujuannya agar penanganan pasien yang isoman bisa maksimal sehingga mereka bisa segera sembuh.

Link Good Doctor dan GrabHealth

4. Halodoc

Halodoc juga mendukung penanganan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Aplikasi ini juga menyediakan layanan telemedicine gratis untuk pasien corona agar mereka bisa melakukan penyembuhan diri dengan baik.

Link Halodoc

5. KlikDokter

Pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri sering kebingungan saat memilih makanan atau vitamin supaya bisa cepat sembuh. Namun, sekarang pasien tidak perlu bingung karena KlikDokter menyediakan layanan telemedicine secara gratis.

Link KlikDokter

6. KlinikGo

KlinikGo juga memberikan telemedicine gratis bagi pasien Covid-19. Dengan begitu, mereka bisa tertangani dengan baik dan bisa segera sembuh dari virus corona.

Link KlinikGo

7. Link Sehat

Link Sehat adalah layanan kesehatan yang diberikan secara online. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai penyakit yang diderita. Saat ini Link Sehat juga memberikan layanan konsultasi medis gratis kepada pasien Covid-19.

Link Sehat

8. Milvik Dokter

Bagi orang yang positif Covid-19, harus menjalani isolasi mandiri untuk penyembuhan dan mencegah agar tidak menular ke orang lain. Supaya cepat sembuh, mereka bisa melakukan konsultasi dengan dokter di Milvik.

Link Milvik 

9. ProSehat

ProSehat mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19. ProSehat ikut berkolaborasi sehingga Anda yang sedang berjuang sembuh dari virus corona, bisa berkonsultasi dengan dokter di ProSehat.

Link ProSehat

10. SehatQ

Platform yang bekerja sama dengan pemerintah lainnya adalah SehatQ. Di SehatQ Anda bisa mendapatkan layanan gratis untuk berkonsultasi dengan dokter terkait isolasi mandiri.

Link SehatQ

11. YesDok

Terakhir adalah YesDok. Layanan YesDok bisa menjadi alternatif untuk Anda yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Anda bisa berkonsultasi secara gratis melalui YesDok.

Link YesDok 

Demikian informasi mengenai layanan telemedicine yang dihadirkan pemerintah beserta platform kesehatan online. Semoga informasi ini bermanfaat dan tetap jaga kesehatan. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0