10 Mesin Pencarian Selain Google, Browser Alternatif yang Aman

Telset.id – Bicara mengenai browser saingan Google tentu debatable, karena tergantung selera. Tapi kali ini kami coba rekomendasikan mesin pencari selain Google yang aman dan tak kalah bagusnya. Apa saja mesin pencarian atau browser selain Google yang bisa Anda gunakan?

Memang tidak bisa dipungkiri jika mesin pencari yang pertama kita kunjungi untuk mencari informasi di internet adalah Google. Yup, mesin pencarian ini sangat populer di dunia.

Baca juga: Fitur Baru di Google Meet, Peserta Rapat Bisa Dikeluarkan Otomatis

Memang ada dua alasan jika Google selalu menjadi mesin pencarian yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Bahkan ada istilah “Mbah Google” saking identiknya raksasa pencarian itu dengan kegiatan berinternet kita.

Selain itu, alasan lainnya adalah dibandingkan situs sejenis, Google telah bergerak lebih maju dengan terus memperbarui fitur mereka dan berkembang dari media sosial hingga smartphone.

Memang Google selangkah lebih maju dari situs mesin pencari lainnya. Namun, tidak ada salahnya Anda mengunjungi mesin pencari selain Google yang mungkin saja lebih Anda sukai.

Yup, mesin pencari memang tidak hanya Google semata. Ada macam-macam browser yang bisa dikunjungi saat Anda membutuhkan informasi dengan cepat. Browser selain Google itu bisa Anda kunjungi lewat smartphone atau laptop.

Baca juga: 10 Situs Video Pesaing YouTube, Keren Wajib Dicoba!

Nah, untuk lebih jelasnya, tim Telset akan merekomendasikan 10 mesin pencarian selain Google yang bisa Anda akses. Yuk disimak!

1. Bing

mesin pencari selain Google
Bing

Selama bertahun-tahun, mesin pencari milik Microsoft ini berusaha untuk menjadi pesaing Google, tetapi tampaknya belum berhasil melampaui Google.

Padahal Bing juga tak kalah keren. Mesin pencari ini bisa membantu Anda mencari informasi dengan hanya mengetik kaca kuncinya saja sama seperti Google. Walaupun sama, Bing tetap berusaha untuk memanjakan pengguna internet ketika mencari informasi disana.

Mesin pencarian selain Google ini punya beberapa fitur yang menarik, seperti fitur yang membuat Anda bisa menyimpan gambar atau mencari informasi lain dengan kata kunci yang sama hanya dengan satu kali klik.

Browser selain Google ini juga memiliki fitur pengaturan keamanan anak atau parenting, sehingga orangtua bisa membatasi anak-anak mereka membuka atau melihat konten yang negatif.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline, Gak Perlu Internet

2. CC Search 

mesin pencari selain Google
CC Search

Jika Anda mencari jenis konten yang bebas dari hak cipta, maka situs mesin pencari CC Search bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sebagai mesin pencari, CC Search adalah tempat yang tepat untuk Anda jika ingin mencari musik untuk video atau gambar untuk artikel blog, tanpa khawatir sang artis marah karena memakai karya mereka tanpa meminta izin.

Hal ini bisa terjadi karena mesin pencarian selain Google ini akan mengarahkan Anda ke situs Soundcloud, Wikimedia dan Flickr yang berisi konten-konten dengan label materi “Creative Commons” sehingga Anda bisa menyadurnya tanpa harus takut membayar royalti.

3. Ecosia

mesin pencari selain Google
Ecosia

Mesin pencari Ecosia nampaknya cocok bagi Anda yang mencintai lingkungan. Pasalnya, situs mesin pencari alternatif Google ini mendonasikan sekitar 80 persen keuntungan bulanan dari iklan untuk menanam pohon di berbagai negara.

Memang secara fitur tidak ada yang unik dari situs ini namun tidak ada salahnya Anda mencoba karena jika dihitung-hitung maka perusahaan ini telah menanam lebih dari 7 juta pohon sehingga ketika Anda mengunjungi situs tersebut Anda turut serta dalam menjaga lingkungan di planet bumi.

Baca juga: Ini 7 Browser Tercepat dan Paling Populer di Dunia

4. Wiki.com

mesin pencari selain Google
Wiki.com

Anda tentu mengenai situs Wikipedia yang merupakan situs ensiklopedi yang menyediakan banyak informasi didalamnya. Mereka biasanya akan menjelaskan mulai dari pengertian dan sejarah sebuah informasi.

Situs Wiki.com merupakan mesin pencari saingan Google yang bisa membantu Anda untuk memperoleh infomasi dari Wikipedia dengan mudah.

Ketika Anda ingin mencari informasi di Wiki.com maka akan tersedia beberapa pilihan. Anda bisa menentukan apakah ingin mencari dari semua laman wikipedia yang berbasis komunitas ataukah berbasis perusahaan.

Selain itu Anda juga akan mendapatkan banyak referensi laman Wikipedia dari berbagai bahasa yang berguna jika ingin mendapatkan data yang lebih banyak ketika mencari informasi.

Baca juga: 10 Situs Streaming Film Kartun Paling Disukai Anak-anak

5. Science Direct

browser Science Direct
Science Direct

Situs Science Direct berguna bagi Anda yang berstatus mahasiswa, dosen, ataupun bidang pendidikan lainnya. Situs mesin pencari ini akan membawa Anda kepada jutaan konten ilmiah dan penelitian dari berbagai ilmu di seluruh dunia.

Lamannya sendiri menyediakan beragam pilihan kata kunci sehingga Anda bisa secara spesifik mencari nama tahun dan jenis materi penelitian yang Anda ingin cari.

Ini adalah mesin pencari paling populer untuk pencarian publik dunia. Ketika Anda memasuki situs ini ada beberapa opsi untuk memfilter konten yang lebih akurat. Kabarnya, saingan Google ini memiliki 12 juta konten dari 3500 jurnal akademik dan 34.000 buku elektronik.

6. DuckDuckGo

browser DuckDuckGo
DuckDuckGo

Browser selain Google berikutnya adalah DuckDuckGo, mesin pencari yang dikembangkan oleh Gabriel Weinberg dan tim pada tahun 2008. DuckDuckGo adalah situs yang diklaim sangat mengutamakan privasi Anda.

Salah satu bentuknya adalah, browser saingan Google ini tidak melacak riwayat pencarian serta tidak mengumpulkan informasi pribadi Anda yang mengakses situs. Kemudian DuckDuckGo juga tidak bisa melihat IP Address Anda sehingga privasi lebih terjamin.

Untuk fitur tambahan, DuckDuckGo menghadirkan fitur stopwatch. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk menghitung durasi waktu dan cara mengaktifkan fitur tersebut cukup mudah yakni tinggal mengetik kata “Stopwatch” di kolom pencarian.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Google di HP Android, Wajib Tahu!

7. Yahoo! Search

Browser Yahoo! Search
Yahoo! Search

Yahoo! Search adalah mesin pencari yang dikembangkan oleh Yahoo! Inc. Yahoo! Search memudahkan Anda untuk mencari informasi terkini dengan cara mengetik kata kunci di kolom pencarian.

Browser saingan Google ini menawarkan fitur-fitur pendukung seperti yellow page, peta serta info berita terbaru karena Yahoo! Search terhubung dengan situs berita yahoo.com.

8. Qwant

browser Qwant
Qwant

Situs mesin pencari alternatif Google lainnya yang kami rekomendasikan adalah Qwant. Mesin pencari akan menyesuaikan hasil pencarian berdasarkan lokasi dan kunjungan sebelumnya serta berdasarkan sebuah algoritma yang spesifik untuk negara tempat Anda tinggal.

Walaupun hasil pencarian disesuaikan dengan lokasi bukan berarti Qwant mengabaikan privasi Anda. Qwant tidak mengumpulkan kumpulan informasi rekam jejak dan aktivitas browsing atau cookie Anda.

Artinya informasi pribadi Anda lebih terjaga dan Anda bisa lebih nyaman saat mencari informasi di situs saingan Google ini.

Baca Juga: 15 Aplikasi Virtual Reality Terbaik Android 2022

9. Gibiru 

Gibiru saingan
Gibiru

Lalu, ada Gibiru. Situs mesin pencari alternatif Google ini diklaim tidak menyimpan kata kunci, riwayat pencarian, dan IP Anda. Artinya, Gibiru tidak akan menyimpan data apalagi menjual data personal Anda kepada pihak ketiga.

Selain itu, Gibiru juga menghadirkan 2 opsi hasil pencarian yakni All Result dan Uncensored. Jika menggunakan opsi All Results maka Anda akan memberikan hasil pencarian dari berbagai situs.

Sedangkan jika menggunakan opsi Uncensored maka Gibiru akan melakukan filter terhadap konten yang tidak sesuai dengan standar. Anda hanya akan diberikan situs-situs terpercaya yang sudah sesuai dengan standar kebijakan Gibiru.

10. Dogpile 

Dogpile saingan
Dogpile

Dogpile merupakan mesin pencari mengklaim mampu menampilkan 50% lebih banyak hasil pencarian dibandingkan browser lainnya. Selain itu, situs ini juga menyediakan hasil pencarian berupa situs, foto, video serta berita berdasarkan kata kunci yang Anda tulis.

Demikian informasi mengenai 10 situs mesin pencari selain Google. Semoga informasi ini bermanfaat, dan silakan pilih rekomendasi mesin pencari selain Google favorit Anda. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0