Fitur Baru di Google Meet, Peserta Rapat Bisa Dikeluarkan Otomatis

Telset.id, Jakarta – Agar jalannya rapat online berlangsung dengan lancar tanpa kendala, Google Meet menghadirkan 2 fitur baru untuk pengguna. Dua fitur Google Meet tersebut adalah kemampuan untuk mengeluarkan peserta rapat secara otomatis dan fitur kontrol yang lebih praktis untuk host.

Google Meet merupakan aplikasi video conference yang banyak digunakan selain Zoom. Tidak heran kalau Google terus membawa berbagai fitur baru di aplikasi ini.

Di awal tahun ini, Google merilis fitur Kick Off atau kemampuan untuk mengeluarkan peserta secara otomatis dan Host Control.

Fitur Kick-Off dari Google Meet mampu mengeluarkan peserta rapat yang sendirian di room. Cara kerjanya, Google Meet akan memberikan notifikasi kepada peserta rapat yang sendirian di room, apakah mereka tetap ingin menunggu atau keluar.

Baca juga: 8 Fitur Spesial Ramadan dari Google

Apabila selama 2 menit peserta rapat tidak memberikan tanggapan Google Meet akan mengeluarkannya secara otomatis. Menurut Google, ide di balik fitur tersebut untuk membantu peserta yang suka lupa untuk keluar room.

Fitur Google Meet
Tampilan fitur Kick-Off

Dengan fitur Kick Off, mereka yang lupa untuk keluar akan diingatkan sehingga bisa meninggalkan room dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Rencananya fitur akan hadir bulan April 2022 ke pengguna desktop dan iPhone terlebih dahulu, untuk selanjutnya ke perangkat Android. Di tahap awal fitur mengeluarkan peserta rapat bisa diaktifkan secara default.

Namun di masa mendatang, Google menjanjikan akan membawa opsi untuk mengaktifkan menonaktifkannya di pengaturan aplikasi.

Fitur yang kedua adalah Host Control, yang menyatukan semua kontrol host menjadi satu menu. Menurut Google fitur, ini akan memudahkan tuan rumah mengelola pengaturan di room.

Diharapkan kegiatan rapat atau belajar online di Meet bisa semakin maksimal. Sama seperti Kick Off, fitur Host Control akan rilis bulan ini tetapi baru tersedia untuk Google Meet versi desktop.

Baca juga: Rapat Makin Seru! Ada Filter Hewan di Zoom

Hadirnya kedua fitur tersebut menambah daftar fitur-fitur baru yang rilis di Meet. Sebelum ada Kick Off dan Host Control, aplikasi sudah lama memiliki fitur Turn on Their Microphone dan Turn on Their Video yang bisa dikendalikan host.

Lewat fitur tersebut host bisa mematikan mikrofon dan kamera peserta rusuh, yang dinilai menganggu jalannya rapat. Lalu ada juga fitur Auto Brightness atau kecerahan otomatis supaya wajah peserta rapat bisa lebih jelas. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0