15 Aplikasi Virtual Reality Terbaik Android 2021, Paling Seru dan Gratis!

Aplikasi Virtual Reality

Telset.id – Virtual Reality adalah industri yang masih baru, namun kini sedang berkembang pesat. Meskipun saat ini aplikasi Virtual Reality masih banyak terkait dengan game, tapi ada juga beberapa yang digunakan untuk bidang lainnya.

Aplikasi Virtual Reality sangat menarik dimainkan, karena yang memberi pengguna pengalaman yang tidak dapat mereka temukan di platform lain. Meski memang Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli headset VR.

{Baca juga: 11 Aplikasi VR Terbaik untuk iPhone dan iPad 2021, Canggih!}

Aplikasi VR di Android menawarkan sensasi yang beragam. Ada yang menawarkan sensasi melawan zombie, menjadi pasukan khusus ataupun berpetualang mengarungi sungai.

Untuk yang suka traveling, Anda juga bisa jalan-jalan keliling dunia dengan memanfaatkan teknologi canggih ini. Ya, Anda tak perlu pergi ke kota Paris melihat Menara Eiffel, karena kini bisa “jalan-jalan” ke kota mode itu dengan perangkat VR tanpa harus ke luar rumah.

15 Aplikasi VR untuk Android Terbaik 2021

Biasanya aplikasi Virtual Reality perlu didukung oleh perangkat khusus agar smartphone bisa menjadi kacamata atau headset VR. Kabar gembiranya, aplikasi VR kini sudah bisa Anda nikmati di HP Android maupun iPhone

Nah, kali ini Tim Telset akan merekomendasikan aplikasi Virtual Reality yang bisa Anda mainkan di HP Android. Yuk disimak!

1. Google Cardboard 

Aplikasi Virtual Reality

Google CardboardGoogle Cardboard adalah aplikasi Virtual Reality andalan Google. Aplikasi ini memberikan pengalaman realitas maya pada pengguna melalui HP Android. Keunggulan Cardboard adalah mempunyai direktori aplikasi dan game VR sehingga mempermudah pengguna mencari konten terbaru.

{Baca juga: Google Bikin Sepatu VR Seperti Film “Ready Player One”}

Melalui Google Cardboard pengguna juga bisa menggunakan fitur Google Earth, Panduan Tur dan Perjalanan Artik. Pengguna bisa memakai perangkat VR Google Cardboard ketika menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi ini bisa Anda download di Google Play Store secara gratis.

2. InCell VR

Mungkin ini adalah salah satu aplikasi VR paling populer di luar sana. Incell adalah game VR edukasi yang di atas kertas membantu Anda memahami anatomi tubuh manusia. Dengan menggunakan VR, pemain seolah-olah akan masuk ke dalam sel-sel manusia.

Game ini memberi Anda berbagai misi seperti melarikan diri dari virus, memvaksinasi sel. Tapi Anda jangan membayangkan semua itu dilakukan dengan serius seperti sedang belajar di ilmu kedokteran. Sebaliknya, Anda akan melakukannya dengan humor, namun unsur edukasi tetap ada.

{Baca juga: Headset VR Bantu Anak Autis ‘Lihat Dunia Nyata’}

Pengguna HP Android bisa menggunakan perangkat VR Google Cardboard agar bisa merasakan realitas maya di aplikasi Incell. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play Store.

3. Zombie Shooter VR

Aplikasi selanjutnya adalah Zombie Shooter VR. Aplikasi ini menawarkan sensasi menghadapi zombie di terowongan bawah tanah. Dengan teknologi VR, Anda bisa melihat secara 360 derajat situasi menegangkan saat sedang dikelilingi oleh Zombie.

Ada beberapa perangkat untuk mendukung aplikasi Zombie Shooter VR. Misalnya Google CardBoard VR, VR One GX, ColorCross, Cynoculars dan  Xiaomi VR 3D Glasses. Aplikasi ini bisa Anda download di Google Play Store.

4. YouTube VR

Aplikasi Virtual Reality
YouTube VR

Anda akan terkejut jika kami memberi tahu Anda bahwa Youtube adalah salah satu platform VR terkemuka. Anda bisa menikmati banyak video VR serta video 360 derajat di Youtube.

Untuk merasakan sensasinya, ketikkan saja “VR” atau “360” di search bar, atau bisa langsung masuk ke channel YouTube 360 dan rasakan sensasinya. Aplikasi ini bisa Anda download di Google Play Store.

5. Netflix

Aplikasi Virtual Reality
Netflix VR

Hal yang sama juga berlaku untuk Netflix. Sama seperti Youtube, Netflix telah mengeluarkan konten VR dalam jumlah besar tanpa membebankan biaya tambahan kepada penggunanya.

Rasakan acara TV favorit Anda dengan membenamkan diri dalam suara VR dan ternyata memang keren banget. Anda harus mencobanya. Aplikasi ini bisa Anda download di Google Play Store.

6. VR Elite Commando Shooter 

Aplikasi Virtual Reality
VR Elite Commando Shooter

VR Elite Commando ShooterVR Elite Commando memungkinkan pengguna untuk bekerja menjadi anggota pasukan elite. Melalui teknologi VR pengguna bisa merasakan sensasi memberantas penjahat dengan pistol ataupun senjata laras panjang.

VR Elite Commando menyediakan beberapa 10 misi yang bisa pengguna mainkan dari tahap mudah hingga tersulit. Game ini membutuhkan perangkat pendukung seperti Joystick, Samsung Gear VR dan Google Cardboard.

7. Skydive 360

Aplikasi ini cocok untuk kalian yang suka dengan tantangan di ketinggian. Kalau itu hobi Anda, maka aplikasi Skydive 360 bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini menyajikan tontonan Virtual Reality dengan cara yang berbeda.

Aplikasi Vitual Reality ini akan membawa Anda untuk bisa bereksplorasi di udara. Anda bisa merasakan sensasi dan ketegangan terjun dari ketinggian. Semua ketegangan itu semakin terasa karena aplikasi ini dilengkapi dengan teknologi 3 dimensi.

8. Sites in VR 

Sites in VR menampilkan Virtual Tour kepada pengguna. Melalui teknologi VR, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata popule di banyak negara di dunia, seperti  Turki, Mesir, Arab Saudi, Suriah, Maroko, Kuwait, Yaman, Makedonia, Belanda, Belgia, Perancis, Italia dan Yunani, dll

Di negara-negara tersebut pengguna bisa melihat keajaiban arsitektur Islam, masjid, Istana Sultan, Museum, Rumah-rumah tua, Menara Eiffel dan Piramida Mesir. Pengguna  akan merasa seolah-olah berada di sana.

{Baca juga: Nikmatnya… Tempat Pijat VR Ini Kasih Suasana Aduhai ke Pelanggan}

Aplikasi ini membutuhkan dukungan perangkat berupa  Google Cardboard & Daydream View, VRIZZMO Revolt, DCSVR, Homido Mini, Ant VR, Go4D C1-Glass, Small Mojing, VR fold dan Wearality Sky.

9. Allumette

Meskipun debutnya pada tahun 2016, Allumette masih memiliki relevansinya sebagai mahakarya film pendek VR pertama. Aplikasi ini memberikan Anda pengalaman menikmati Film VR lengkap, di mana Anda bisa menjelajahi cerita yang terjadi di sekitar Anda.

Ceritanya terjadi di kota yang indah mengambang di antara awan yang dipenuhi dengan karakter gerakan berhenti. Dalam cerita di Allumette, Anda akan mengikuti alur cerita yang seakan-akan sedang berjalan-jalan, memuncak di dalam rumah dan mengikuti karakter utama.

{Baca juga: Tak Hanya Game, VR Juga Bisa Jadi Alat Medis}

Tidak ada pembicaraan dalam film ini, karena memang Anda tidak perlu bicara. Allumette dengan setiap aspeknya benar-benar merupakan mahakarya yang harus ditonton oleh siapa pun yang ingin tahu tentang VR.

10. Beat Saber

Anda pernah mendengar atau memainkan game Guitar Hero atau Tap Tap Legends? Beat Sabre adalah game yang memiliki kemiripan dengan kedua game yang pernah sangat populer pada masanya itu, tapi dalam versi VR. Itu sebabnya, Anda harus mencoba Beat Sabre.

Jadi, di dalam game ini Anda cukup memegang dua pedang laser (mirip Lightsaber di film Star Wars) di terowongan 3D, di mana akan ada banyak balok terbang ke arah Anda. Mereka disinkronkan dengan musik yang sedang diputar dan untuk memainkan lagu, dan tuhas Anda harus mengiris balok-balok terbang tersebut pada saat yang tepat.

Bayangkan saat Anda memainkan Guitar Hero, tetapi bukan dengan menekan tombol pada gitar Anda pada waktu yang tepat, melainkan memotong balok terbang dengan pedang laser keren Anda. Nah, itulah yang kami sebut menyenangkan.

11. Quill

Meskipun tidak untuk semua orang suka, tapi Quill adalah aplikasi VR yang paling kami sukai. Quill adalah ilustrasi VR dan aplikasi animasi yang membantu desainer dan seniman membuat ilustrasi dan cerita yang menakjubkan dan hidup. Bagian kreasi dilakukan sepenuhnya di VR.

Jadi, alih-alih mendesain karya Anda melalui antarmuka, aplikasi ini membuat Anda berada di dalam ilustrasi yang Anda buat. Quill juga merupakan alat yang hebat untuk desain konsep, pra-visualisasi, dan papan cerita. Dengan kata yang lebih sederhana, Quill adalah mimpi basah setiap seniman visual.

12. Aircar

Apakah Anda ingin merasakan sensasi naik mobil terbang? Aircar adalah salah satu yang menarik untuk Anda coba untuk mewujudkan impian tersebut. Aplikasi ini diklasifikasikan sebagai game VR. Tapi, ini sebenarnya bukan game, tapi lebih seperti demo.

Benar-benar pengalaman yang ajaib, karena kualitasnya melampaui banyak game VR lainnya. Aircar memungkinkan Anda mengemudikan mobil terbang di kota yang terinspirasi Bladerunner dan menjelajahinya.

Lingkungan, suasana permainan benar-benar unik. Tidak ada yang lebih baik dari mengemudikan mobil terbang melalui kota yang terinspirasi Cyberpunk di malam hari saat hujan. Kabar bagusnya, aplikasi Virtual Reality ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

13. Kingspray Graffiti

Jika Anda merasa punya bakat atau ketertarikan pada mural atau gambar graffiti, aplikasi Virtual Reality yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kami pun merekomendasikan Kingspray Graffiti karena kami menyukai aplikasi VR yang menarik dan imersif dibandingkan game tembak-tembakan yang merupakan genre umum di VR.

Kingspray adalah salah satu game VR yang menonjol bagi kami. Sederhananya, ini adalah simulator grafiti. Meski sebenarnya lebih dari itu, karena lingkungan, kontrol, dan jumlah detailnya benar-benar menakjubkan.

Memulai game ini cukup mudah karena sangat intuitif. Terutama upaya yang dilakukan untuk membuat penyemprotan sedekat mungkin dengan kenyataan telah terbayar. Tapi penting untuk kami ingatkan, Kingspray Graffiti adalah cara terbaik untuk tenggelam dalam keasyikan yang membuat Anda lupa waktu.

14. Within

Within Ini adalah platform tempat Anda dapat menemukan pengalaman dan cerita VR dari berbagai latar. Anda dapat menonton film pendek animasi, mempelajari petualangan aneh, atau menonton film dokumenter yang dibuat khusus untuk VR.

Aplikasi Virtual Reality yang bisa Anda mainkan di Android dan iOS ini menyediakan platform konten VR yang solid yang dikumpulkan dari pembuat konten VR dari seluruh dunia.

15. Fulldive VR

Meskipun belum tentu merupakan aplikasi VR, Fulldive adalah platform yang bagus untuk siapa saja yang ingin mempelajari VR lebih dalam. Fulldive VR adalah aplikasi VR dan platform video yang dirancang khusus untuk VR seluler.

Ada banyak sekali aplikasi dan video untuk dipilih. Jadi, jika Anda menggunakan ponsel cerdas sebagai perangkat VR, Fulldive mungkin adalah salah satu aplikasi VR yang wajib ada di HP Android atau iPhone Anda.

Secara keseluruhan, jelas bahwa VR adalah teknologi yang mengasyikkan. Meski banyak yang menganggapnya masih bayi, namun jalan di depan tampaknya cukup mengasyikkan.

Semua aplikasi VR yang kami sarankan di atas cukup unik dan memberikan pengalaman yang benar-benar imersif. Jadi, tunggu apa lagi, lanjutkan dan benamkan diri Anda di dunia virtual reality! [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here