Sekarang Instagram Bisa Bagikan Ulang Postingan Pengguna Lain

Instagram Down

Telset.id, Jakarta – Instagram resmi merilis layanan baru yang memungkinkan pengguna membagikan postingan atau unggahan orang lain via fitur Story. Untuk bisa membagikan unggahan orang lain, akun Instagram pengguna harus dalam kondisi terbuka atau di pengaturan mode publik, bukan terkunci atau privat.

Nah, kalau ingin akun tetap dalam mode publik tetapi tidak ingin orang lain membagikan unggahan, pengguna bisa menonaktikan layanan baru itu lewat menu Setting aplikasi. Untuk membagikan Feed Post ke Stories, pengguna harus lebih dulu mengetuk ikon pesawat kertas, sama seperti saat mengirim Direct Message.

Kala ikon pesawat kertas telah diklik,  pengguna akan melihat opsi baru untuk membuat Story. Ketuklah opsi tersebut untuk melihat unggahan Feed muncul sebagai stiker dengan latar belakang yang bisa disesuaikan. Pengguna juga bisa memutar atau memindahkan stiker ke sekitarnya.

Tak hanya itu, menurut laporan TechCrunch, pengguna bisa pula mengetuknya untuk membuat gaya lain. Pengguna juga bisa menambahkan komentar, coretan, dan dekorasi di stiker. Saat mengunggah sesuatu, fitur Story akan menampilkan nama pengguna asli.

Instagram memang tak henti melakukan inovasi platform. Belum lama ini, Instagram menghadirkan fitur baru bernama Usage Insights untuk membantu melihat seberapa banyak waktu yang telah dihabiskan pengguna dalam mengakses aplikasi. Fitur tersebut ditemukan oleh peneliti, tersembunyi di kode aplikasi Instagram Android.

Temuan peneliti bernama Jane Manchun Wong akhirnya dikonfirmasi oleh CEO Instagram, Kevin Systrom. Dalam serangkaian tweet, Systrom mengatakan bahwa fitur Usage Insights bakal membantu pengguna mengetahui seberapa lama waktu yang telah dihabiskan di Instagram.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Telepon dan Video Call?

Sayangnya, seperti dikutip dari The Verge, tidak ada detail aktual tentang fitur itu. Namun, keberadaan fitur Usage Insights menguak kemungkinan bahwa Instagram mulai berpikir bagaimana agar pengguna bisa terlibat dengan aplikasi, mengikuti inovasi Facebook dan Google.

Selain Usage Insights, Wong ternyata juga menemukan fitur lain yang belum dirilis oleh Instagram. Satu di antaranya adalah antarmuka komentar baru dengan Emoji Bar. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menambahkan ikon kecil dengan sekali ketuk dan tombol @ untuk menandai teman.

Wong juga menemukan kode yang menunjukkan Instagram Prototyping Android Notification Action memungkinkan pengguna untuk membalas secara langsung komentar dari pemberitahuan atau notifikasi tanpa harus membuka aplikasi. [SN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here