telset

Preview Omoji di Oppo Reno6, Fitur ColorOS 12 yang Segera Rilis

Telset.id – Oppo telah mengumumkan sistem operasi ColorOS 12 untuk versi global. Jajaran HP terbaru Oppo sudah dipastikan bakal berjalan di sistem operasi berbasis Android 12. ColorOS 12 mengusung banyak fitur baru, salah satunya adalah Oppo Omoji. Seperti apa?

Omoji merupakan fitur baru yang dihadirkan Oppo pada update ColorOS 12 berbasis Android 12 yang rencananya bakal digulirkan pada 11 Oktober mendatang.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat animasi model 3D yang didukung oleh algoritma Face Capture. Omoji secara otomatis akan mendeteksi pergerakan wajah, sehingga pengguna dapat melihat ekspresi wajah secara real-time dan presisi.

Pengguna pun diizinkan untuk melakukan personalisasi animasi 3D tersebut sampai menyerupai wajah asli mereka dengan mudahnya.

Baca juga: Oppo Reno6, HP yang Pas untuk Gaming

Beruntung, tim Telset mendapatkan kesempatan untuk menjajal Omoji versi Beta di perangkat Oppo Reno6. Nah, berikut pengalaman kami saat menjajal aplikasi Omoji yang jadi fitur canggih di sistem operasi ColorOS 12.

Mencoba Omoji Beta di Oppo Reno6

Perlu diingat sekali lagi, kami hanya mencoba aplikasi Omoji versi Beta di Oppo Reno6 saja. Versi final dari fitur ini nantinya akan dihadirkan pada HP yang dapat update ColorOS 12.

Pada halaman utama aplikasi, ada dua pilihan yang disediakan oleh Omoji. Pengguna bisa membuat avatar 3D sendiri atau dapat memanfaatkan 4 kategori animasi 3D yang tersedia di aplikasi.

Keempat avatar tersebut meliputi sportychicfuturistic, dan vintage. Tinggal tekan Use Omoji, animasi bisa langsung digunakan. Namun, karakter tersebut tidak dapat diedit maupun dihapus.

Agar lebih bebas, kami sarankan untuk membuat avatar 3D sendiri. Caranya sangat mudah, hanya tekan tombol Create an Omoji untuk menciptakan karakter sesuai dengan keinginan kita.

Preview Oppo Reno6 Omoji

Oppo membebaskan penggunanya untuk mengkreasikan avatar Omoji sesuai selera. Di pengaturan paling awal, kami dapat menyesuaikan warna kulit dan tanda kecantikan, seperti tanda lahir atau tahi lalat, jerawat, sampai bintik-bintik pada kulit.

Baca juga: Cara Buat Video dengan Soloop Templates

Lalu, ada fitur Head yang memberikan kebebasan untuk memilih umur (dibedakan dari bentuk wajah dan kerutan) serta bentuk kepala.

Preview Oppo Reno6 Omoji

Kalau sudah dirasa pas, selanjutnya mengatur Hair atau rambut. Di sini, Omoji menyediakan ragam jenis rambut untuk perempuan dan laki-laki. Kami pun dapat menyesuaikan warna rambut dan aksesorisnya, jika potongan rambut yang dipilh memiliki aksesoris seperti ikat rambut.

Setelah itu, terdapat opsi Brows untuk menyesuaikan bentuk dan warna alis, Eyes untuk mengedit kornea, bentuk, dan bulu mata, serta Nose yang hanya menyediakan 3 pilihan bentuk hidung saja.

Ada yang menarik pada fungsi editing Mouth atau mulut. Selain bisa memilih bentuk mulut dan warna bibir, kami pun dapat menunjuk jenggot atau kumis beserta warnanya dan juga letak dan warna tindikan pada bibir.

Baca juga: Cara Motret Foto 108MP di Oppo Reno6

Pada bagian Ears atau telinga, Omoji yang kami coba di Oppo Reno6 memberikan 3 bentuk telinga dan ragam aksesoris serta warnanya. Selain anting, tersedia juga earphone TWS yang menyerupai bentuk perangkat Oppo Enco.

Dua bagian terakhir adalah Headwear dan Glasses. Pada Headwear, Omoji versi Beta yang kami jajal di Oppo Reno6 menyuguhkan banyak pilihan topi sampai hijab yang bisa disesuaikan warnanya.

Preview Oppo Reno6 Omoji-2

Sedangkan Glasses, kami pun diizinkan untuk memilih bentuk kacamata dan warna frame serta lensanya. Jika semuanya sudah dirasa mirip dengan diri sendiri, tekan tombol ceklis di sudut kanan atas layar.

Otomatis, karakter 3D pun sudah siap digunakan dengan menekan tombol Use Omoji. Karena ini masih versi Beta atau trial, maka fiturnya masih sangat terbatas.

Kami hanya dapat mengambil foto atau video dengan durasi maksimal 30 detik. Ke depannya, fitur ini bakal diaplikasikan ke fungsi-fungsi lainnya di sistem ColorOS 12 maupun aplikasi pihak ketiga, seperti Always on Display, video call, sampai dijadikan sebagai stiker yang bikin chatting makin asyik. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0