Telset.id, Jakarta – YouTube menghadirkan fitur menarik bagi pengguna atau pelanggan. Dipanggil Playables, fitur ini memungkinkan pengguna untuk bermain game arcade.
Tak lama setelah mengumumkan tindakan kerasnya terhadap pemblokir iklan, YouTube membagikan rencana untuk meningkatkan layanan Premium berbayarnya. Hal ini dilakukan untuk memberi insentif kepada orang-orang agar mulai membayar YouTube.
Jadi di satu sisi pengguna tidak hanya melewatkan iklan, tetapi juga mendapatkan akses ke beberapa fitur keren. Playables seharusnya menjadi salah satu fitur tersebut dan kabarnya, sekarang sedang diluncurkan ke pelanggan berbayar.
BACA JUGA:
- Ribuan Pengguna YouTube Hapus Ad Blockers Gegara Aturan Baru
- YouTube Makin Galak Razia Pengguna yang Blokir Iklan Video
Playables adalah bagian mandiri di aplikasi YouTube atau situs desktop yang memungkinkan pengguna bermain game arcade. Beberapa pengguna Premium sekarang menerima pemberitahuan dari YouTube yang mengatakan bahwa mereka sekarang dapat mengaktifkan Playables melalui pengaturan.
Setelah pengguna mengizinkan tab Playables, mereka dapat mulai memainkan salah satu dari 37 game yang tersedia saat ini. Salah satunya adalah Angry Birds Showdown. Bagian terbaiknya adalah pengguna tidak perlu mengunduh apa pun karena semua game berjalan di browser desktop atau aplikasi YouTube seluler.
Sebelumnya YouTube mengumumkan serangkaian fitur baru yang akan semakin meningkatkan perlindungan remaja. Fitur dikembangkan bersama Komite Penasihat Pemuda dan Keluarga Amerika Serikat dan akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.
YouTube mengungkapkan bahwa mereka sekarang membatasi rekomendasi berulang dari video yang membandingkan fisik, konten kebugaran atau bobot tubuh tertentu, atau menampilkan agresi sosial dalam bentuk intimidasi.
BACA JUGA:
- YouTube Luncurkan Fitur untuk Melindungi Pengguna Remaja
- Imbas Lawan Pemblokir Iklan, Akses YouTube Malah Jadi “Lemot”
Perubahan lain yang diumumkan minggu ini adalah perombakan lengkap fitur pengingat Take a Break dan Bedtime agar lebih menonjol secara visual dan muncul lebih sering. Maksudnya kedua fitur ini akan lebih umum bagi penonton berusia di bawah 18 tahun yang akunnya mengaktifkan pengingat ini secara default.
Penting juga untuk menambahkan bahwa fitur ini akan muncul di seluruh video Shorts dan video berdurasi panjang, dengan setelan default untuk pengingat istirahat setiap jam, yang dapat disesuaikan. [NM/IF]