APPS

OS Windows 365 Bisa Dijalankan di Smartphone atau Tablet

Naufal Mamduh

Telset.id, Jakarta – Microsoft baru-baru ini memperkenalkan layanan cloud PC Windows 365. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan OS Windows 11 secara virtual di perangkat apa pun, termasuk smartphone ataupun tablet.

Dilansir Telset dari GSMArena pada Sabtu (17/7/2021), Windows 365 dijuluki sebagai “Cloud PC” karena bentuknya adalah layanan lisensi Windows berbasis cloud yang berbayar.

Dengan menggunakan Windows 365, pengguna bisa memakai sistem operasi Windows 11 secara virtual di semua perangkat. Windows 11 virtual bisa diakses dengan syarat pengguna harus tetap terkoneksi jaringan internet.

Sistem operasi berbasis cloud ini memberikan kemudahan dan keamanan yang tinggi bagi perusahaan. Operasional bisa berjalan dengan maksimal karena karyawan bisa mengakses Windows 11 dari rumah tanpa harus melalui perangkat laptop atau PC Windows.

{Baca juga: Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11, Update Gratis!}

Perusahaan pun bisa lebih hemat karena tidak perlu mengelola dan mengonfigurasi perangkat keras secara manual untuk instalasi Windows 11. Rencananya, layanan ini akan tersedia pada tanggal 2 Agustus 2021 mendatang.

Ilustrasi Windows 365

Windows 365 akan tersedia dalam 2 versi yaitu Windows 365 Business dan Windows 365 Enterprise. Pembayarannya menggunakan skema langganan per pengguna dan sampai saat ini harganya masih belum diumumkan.

Windows 11 Resmi Dirilis

Ilustrasi Windows 11

Di bulan Juni 2021 lalu, Microsoft juga resmi memperkenalkan OS Windows 11 Suksesor Windows 10 ini menawarkan berbagai keunggulan dari segi desain hingga keamanan kepada pengguna.

Menurut Chief Product Officer Microsoft, Panos Panay, OS terbaru ini dirancang agar sesuai dengan minat dan kesukaan pengguna. Selain itu, OS terbaru itu juga dibuat untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna.

“Windows 11 didesain untuk mendekatkan Anda pada apa yang Anda cintai,” ujar Panay.

Microsoft kini menempatkan tombol Start ke bagian tengah. Tujuannya, untuk mempermudah pengguna menemukan apa yang dibutuhkan dan meningkatkan produktivitas mereka.

{Baca juga: Windows 11 Diperkenalkan, Tampilan Modern dan Kaya Fitur Produktif}

Start Menu ini memanfaatkan kekuatan cloud dan Microsoft 365 untuk menampilkan file terbaru, terlepas dari apapun platform atau perangkat yang pengguna gunakan untuk melihat file tersebut sebelumnya, baik itu Android atau iOS.

“Kami telah menyederhanakan desain dan pengalaman pengguna untuk meningkatkan produktivitas dan menginspirasi kreativitas Anda. Desainnya modern, fresh, clean, dan indah,” jelasnya.

“Dari tombol Start dan taskbar baru, hingga setiap suara, font, dan ikon, semuanya didesain dengan tujuan memberikan Anda kendali penuh memberikan Anda rasa tenang dan nyaman,” tambahnya.

Rencananya Windows 11 akan tersedia melalui upgrade gratis untuk PC Windows 10 yang memenuhi syarat dan PC baru mulai akhir November 2021.

{Baca juga: Microsoft Tingkatkan Fitur Multi-monitor untuk Windows 11}

Untuk memeriksa apakah PC Windows 10 Anda saat ini memenuhi syarat untuk upgrade gratis ke OS Windows 11, Anda bisa mengunjungi situs Windows.com untuk mengunduh aplikasi PC Health Check. (NM/MF)

Leave a Comment
Naufal Mamduh