Microsoft Hentikan Dukungan Utama untuk Windows 8.1

Telset.id, Jakarta – Terhitung mulai 9 Januari 2018, Microsoft resmi mengakhiri dukungan mereka untuk Windows 8.1. Namun penghentian ini hanya pada dukungan utama di sistem operasi yang telah genap berusia 4 tahun itu.

Mengutip dari laman Digital Trends, Microsoft tetap akan terus memberikan dukungan pembaharuan di sektor keamanan. Raksasa software asal Amerika Serikat itu akan terus memberikan dukungan hingga “masa kerja” Windows 8.1 benar-benar akan habis pada 2023 mendatang.

[Baca juga: Bikin iPhone Lemot, Apple Digugat 370 Ribu Pengguna]

Hal seperti ini sebenarnya bukanlah baru pertama kali dilakukan Microsoft, karena perusahaan milik Bill Gates tersebut telah melakukan hal yang sama untuk beberapa sistem operasi buatan Microsoft lainnya.

Misalnya saja, pada Januari 2015, Microsoft mengakhiri dukungan utama terhadap Windows 7 Service Pack (SP)1. Kemudian, pada April di tahun yang sama, Microsoft juga mengakhiri dukungan Windows Vista secara utuh.

Alasan utama Microsoft mempensiunkan beberapa sistem operasi lawasnya karena mereka ingin mendongkrak penjualan dan pemakaian OS terbarunya, Windows 10.

[Baca juga: Tips Bebaskan Ruang Penyimpanan di Laptop]

Meski sudah menghentikan dukungannya, namun tak jarang Microsoft masih berbaik hati memberikan dukungan pembaharuan keamanan pada OS lawas mereka. Bahkan OS yang sudah beberapa tahun masa dukungannya berakhir.

Contohnya, pada serangan Ransomware yang terjadi akhir tahun lalu, Microsoft tetap memberikan pembaharuan terhadap pengguna Windows XP.

Tapi, Anda sebaiknya jangan terlalu percaya diri bahwa Microsoft akan terus berbaik hati untuk melakukan hal yang sama. Itu sababnya, kami anjurkan untuk segera hijrah ke Windows 10. Apa lagi saat ini semakin banyak peretas yang mengembangkan malware yang disusupkan ke OS lawas. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here