Apple macOS Ventura, tvOS 16.1, iPadOS 16.1, watchOS 9.1 Resmi Dirilis

Telset.id, Jakarta – Apple resmi mengumumkan update Apple macOS Ventura, tvOS 16.1, iPadOS 16.1, dan watchOS 9.1. Ada sejumlah peningkatan dan fitur baru yang ditambahkan Apple.

Sistem operasi macOS Ventura atau macOS 13 yang dirilis untuk pengguna Mac membawa cukup banyak peningkatan, seperti aplikasi Mail, Spotlight, Safari dan Passkeys.

Sementara aplikasi Pesan dan Foto di macOS Ventura menghadirkan fitur Stage Manager yang juga tersedia di iPadOS 16.1. Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Continuity Camera Apple menggunakan iPhone XR atau model yang lebih baru.

Selain mengumumkan macOS Ventura, Apple juga merilis iOS 16.1, iPadOS 16.1, tvOS 16.1, dan watchOS 9.1 kepada pemilik perangkat yang memenuhi syarat spesifikasi.

BACA JUGA:

macOS Ventura (macOS 13)

macOS Ventura

Update Apple macOS Ventura membawa aplikasi Mail yang sudah diperbarui, yang memungkinkan pengguna membatalkan pengiriman dan menjadwalkan email, menyetel pengingat, dan mendapatkan ‘dorongan’ tindak lanjut untuk email, sambil meningkatkan fitur pencarian.

Fitur Spotlight hadir dengan dukungan pratinjau Quick Look, bersama dengan pencarian gambar. Safari telah diperbarui dengan dukungan untuk Passkeys, yang diklaim menawarkan proses masuk yang lebih aman tanpa kata sandi dan share grup tab.

Pengguna juga dapat membatalkan pengiriman, mengedit, dan menandai pesan sebagai ‘belum dibaca’ di aplikasi Pesan. Apple juga telah menambahkan dukungan untuk iCloud Shared Photo Library ke aplikasi Foto.

Apple macOS Ventura hadir dengan dukungan untuk fitur Stage Manager yang dirancang untuk menawarkan multitasking yang lebih baik. Fitur ini juga ada di iPadOS 16.1.

Untuk dapat mengunduh macOS Ventura, Anda bisa membuka System Preferences dan memilih bagian Pembaruan Perangkat Lunak/ Software Update, atau dengan mengunjungi Mac App Store.

iPadOS 16.1

iPadOS 16.1

iPadOS 16.1 dan iOS 16.1, yang dirilis bersama macOS Ventura, keduanya mendapatkan peningkatan yang sama pada aplikasi Mail, Perpesanan, Foto, dan Safari yang akan tersedia untuk pengguna macOS.

Namun, iPadOS 16.1 tidak menampilkan opsi penyesuaian Layar Kunci dan dukungan widget yang diperkenalkan dengan iOS 16 bulan lalu.

Sama seperti macOS Ventura, iPadOS 16.1 juga hadir dengan dukungan untuk fitur Stage Manager yang dirancang untuk menawarkan multitasking yang lebih baik. Pengguna bisa secara otomatis menyusun aplikasi dan tampilannya, serta melakukan berbagai penyesuaian tampilan aplikasi sesuai kebutuhan.

Kemampuan fitur ini akan ditingkatkan dengan pembaruan yang akan rilis di akhir tahun untuk iPad M1 dan M2. Pembarian ini akan memberi tampilan eksternal penuh untuk “Stage Manager” hingga mencapai resolusi 6K.

Sistem operasi untuk iPad ini juga membawa lebih banyak fitur baru untuk aplikasi Pesan, seperti melalukan penyuntingan atau mengedit, lalu ada juga pembatalan pengiriman, serta menandai pesan yang belum dibaca.

Versi terbaru iPad OS ini dapat diunduh dengan membuka Pengaturan/ Settings dan pilih Umum/ General > kemudian klik Pembaruan Perangkat Lunak/ Software Update.

BACA JUGA:

tvOS 16.1

tvOS 16.1

Pembaruan tvOS 16.1 hadir dengan antarmuka yang didesain ulang untuk Siri yang memungkinkan asisten mengenali suara pengguna yang berbeda, dan memungkinkan pengguna dapat mengakses film, acara, musik, game, dan aplikasi mereka sendiri.

Pengguna juga akan mendapatkan akses ke rekomendasi yang dipersonalisasi melalui Siri Remote. Anda juga dapat berinteraksi dengan Siri dalam mode handsfree menggunakan AirPods yang terhubung, menurut Apple.

Perusahaan juga menyertakan dukungan untuk Matter, standar rumah pintar, dan pengguna dapat mengunjungi aplikasi Pengaturan di Apple TV mereka untuk memperbarui ke versi terbaru.

watchOS 9.1

watchOS 9.1

Update watchOS 9.1 juga diluncurkan kepada pengguna dengan Apple Watch Series 4 atau model yang lebih baru, dan menghadirkan masa pakai baterai yang lebih baik untuk Apple Watch Series 8, Apple Watch SE (generasi ke-2) dan Apple Watch Ultra.

Apple juga akan mengizinkan pengguna mengunduh konten Apple Music saat jam tangan tidak diisi daya dengan menggunakan kuota data seluler.

Anda dapat membuka Pengaturan/ Settings dan pilih Umum/ General > lalu klik Pembaruan Perangkat Lunak/ Software Update untuk menginstal watchOS 9.1 di Apple Watch Anda. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0