Langkah Shopee Berantas Penjual Obat dan Vitamin Palsu

Telset.id, Jakarta – Para pengguna Shopee di Indonesia diminta untuk teliti ketika membeli produk kesehatan. Pengguna pun disarankan untuk segera melaporkan ke Shopee jika menemukan penjual obat maupun vitamin palsu.

Menurut Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira, pengguna harus mengecek kembali kemasan dan membaca ulasan produk sebelum membeli produk kesehatan di e-commerce.

Ketika ada keanehan bentuk dan kemasan obat serta vitamin yang dijual, pengguna jangan membeli produk tersebut dan diminta untuk melaporkannya ke Shopee.

{Baca juga: Cara Daftar Layanan Vaksin Covid-19 Gratis dari Shopee}

“Jika merasa ada kecurigaan bahwa produk yang dijual merupakan produk palsu, masyarakat diharapkan jangan menyelesaikan terlebih dahulu pesanan yang dibeli,” kata Radynal.

Cara melaporkannya adalah dengan menekan tombol  “Laporkan produk ini” di sisi kanan atas laman produk atau melaporkan penjualnya melalui tombol “Laporkan Pengguna” di sisi kanan atas laman toko.

Radynal menjelaskan bahwa dengan melaporkan penjual obat dan vitamin palsu ke Shopee, maka masyarakat berperan aktif dalam menjaga keamanan berbelanja produk kesehatan di platform.

{Baca juga: Tokopedia akan Laporkan Penjual Produk Kesehatan Palsu ke Polisi}

“Dengan melaporkan produk dan penjual tersebut, masyarakat turut berperan aktif dalam menjaga ekosistem belanja daring lebih aman dan bertanggung jawab,” tambah Radynal melalui keterangan resmi pada Minggu (18/7/2021).

Nantinya laporan tersebut akan diinvestigasi oleh tim internal Shopee, untuk kemudian diputuskan apakah penjual tersebut terbukti menawarkan obat dan vitamin palsu atau tidak.

Langkah Shopee Berantas Penjual Obat Palsu

Penjual obat vitamin palsu Shopee
Ilustrasi obat dan vitamin

Shopee akan mengambil langkah tegas jika terbukti bahwa ada toko yang menjual obat dan vitamin palsu. Tidak hanya tutup toko, Shopee akan melaporkannya ke pihak berwajib untuk melakukan investigasi lebih lanjut.

“Kami tidak segan melibatkan aparat penegak hukum untuk menginvestigasi penjual yang terindikasi kuat memperdagangkan produk obat atau vitamin palsu, terlebih karena berkaitan dengan keamanan dan kesehatan publik,” jelas Radynal.

Saat mendapatkan laporan adanya toko yang mencetak label kemasan obat sendiri, Shopee akan langsung melakukan investigasi dan tidak segan akan membawa kasus ini ke jalur hukum.

{Baca juga: 10 Situs untuk Bantu Pasien Covid-19 Mendapatkan Fasilitas Kesehatan}

“Shopee juga menerima laporan dari  media sosial mengenai toko yang terindikasi mencetak label kemasan obat sendiri, kami langsung menurunkan produk tersebut dan secara paralel menginvestigasi bukti keaslian dari pembeli,” ungkap Radynal.

“Jika terindikasi kuat melakukan pemalsuan, kami akan melanjutkan dengan pemblokiran toko dan bekerjasama dengan pihak berwenang. Shopee berkomitmen untuk terus memberikan layanan belanja yang aman dan nyaman bagi pengguna kami,” sambungnya.

Semoga saja upaya ini dapat mencegah peredaran obat dan vitamin palsu di Shopee maupun e-commerce lainnya. Apalagi masa pandemi Covid-19 ini obat dan vitamin sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menjaga imun supaya tetap kuat. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0