telset

Instagram Minta Video Selfie Pengguna untuk Verifikasi Data

Telset.id, Jakarta – Instagram menghadirkan metode baru untuk verifikasi identitas data pengguna. Aplikasi berbagai foto dan video ini meminta pengguna membuat video selfie untuk verifikasi data. 

Dilansir Telset dari Gadget NDTV pada Kamis (18/11/2021), metode video selfie untuk verifikasi data, pertama kali ditemukan oleh konsultan media sosial Matt Nevara. Lewat akun Twitter @MattNavarra melaporkan jika Instagram minta video selfie untuk verifikasi. 

Dalam tangkapan layar yang dibagikan Matt pada Selasa (16/11/2021), Instagram meminta pengguna melakukan video selfie sambil menggerakan kepala ke beberapa arah yang berbeda.

Tujuannya untuk melakukan verifikasi data sekaligus mengonfirmasi bahwa akun Instagram benar-benar dipegang oleh manusia. 

Baca juga: Instagram Uji Fitur Layanan Premium Berbayar 

Setelah itu Instagram akan memberikan notifikasi bahwa pengambilan video telah selesai, sambil menjelaskan jika perusahaan tidak akan menyimpan video. Nantinya video akan dihapus dalam waktu 30 hari oleh server. 

Instagram video selfie verifikasi data
Metode video selfie untuk verifikasi data (Sumber : Akun Twitter Matt Navarra)

“Instagram sekarang menggunakan video selfie untuk mengonfirmasi identitas pengguna. Meta berjanji untuk tidak mengumpulkan data biometrik,” kata @MattNavarra. 

Instagram belum memberikan penjelasan atas temuan atas metode verifikasi data ini, tetapi sudah muncul beberapa spekulasi mengenai fitur verifikasi video selfie. 

Misalnya kebijakan video selfie Instagram diduga untuk mengatasi berbagai akun bot yang ada di Instagram. Perusahaan milik Meta ini ingin akun-akun yang ada Instagram benar-benar manusia.

Lalu kebijakan fitur verifikasi video selfie tampaknya hanya berlaku untuk pengguna yang membuat akun baru. Pengguna yang sudah ada tidak perlu memverifikasi identitas dengan video selfie.

Instagram Siapkan Fitur Moderator Live 

Beberapa hari terakhir memang sering muncul kabar jika Instagram sedang menyiapkan beberapa fitur baru. Contohnya fitur live video dan fitur like IG Story.

Baca juga: Instagram Siapkan Fitur Moderator Live dan Like IG Story

Kehadiran kedua fitur ini diungkapkan oleh Alessandro Paluzzi di Twitter. Pemilik akun Twitter @alex193a ini mengaku mendapatkan kesempatan untuk uji coba fitur moderator di Instagram live, dan like Instagram Stories.

Instagram video selfie verifikasi data
Tampilan fitur moderator live (Sumber : Akun Twitter Alessandro Paluzzi)

Lagi-lagi belum diketahui kapan kedua fitur akan resmi dirilis. Namun fitur moderator dan like IG Story semakin memudahkan pengguna Instagram dalam berinteraksi satu sama lain. Kita hanya bisa menunggu informasi resmi dari Instagram atau Meta. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0