APPS

Security Checkup, Cara Instagram Amankan Akun yang Pernah Dihack

Naufal Mamduh

Telset.id, Jakarta – Instagram mengajak para penggunanya untuk lebih peduli dengan keamanan akun mereka. Oleh karenanya, Instagram merilis fitur Security Checkup untuk membantu pengguna menjaga keamanan akun mereka dengan cara yang mudah.

Instagram mengatakan, fitur ini diluncurkan agar pengguna lebih sadar soal keamanan akun mereka. Fitur ini tersedia untuk seluruh pengguna, baik yang pernah diretas ataupun tidak.

“Security Checkup akan memandu orang-orang, yang akunnya mungkin telah diretas, melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamankan mereka,” jelas Instagram, seperti dikutip Telset dari NDTV, Jumat (16/7/2021).

Fitur ini nantinya akan meminta pengguna untuk melakukan berbagai pemeriksaan keamanan, seperti aktivitas login, meninjau informasi profil, mengonfirmasi akun dengan informasi login bersama, dan memperbarui informasi kontak pemulihan akun.

{Baca juga: Instagram Bukan Lagi Aplikasi Berbagi Foto, Mau Kayak YouTube?}

Lalu pengguna yang akunnya yang pernah diretas di masa lalu akan mendapatkan prompt saat login yang meminta mereka untuk menjalankan pemeriksaan keamanan. Ini akan membawa mereka melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamankan akun.

Kemudian cara mengamankan akun yang juga disarankan adalah dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor. Instagram menyebutkan bahwa pengguna di negara tertentu akan dapat mengamankan akun Instagram mereka menggunakan akun WhatsApp mereka.

Pengguna juga dapat mengaktifkan otentikasi dua faktor menggunakan nomor telepon atau melalui aplikasi autentikasi seperti Duo Mobile maupun Google Authenticator.

Tampilan fitur Instagram Security Checkup

Lebih lanjut Instagram meminta pengguna untuk memperbarui nomor ponsel dan alamat email yang ditautkan secara teratur. Pasalnya kontak tersebut sangat penting karena Instagram akan menghubungi kontak tersebut jika terjadi aktivitas mencurigakan.

{Baca juga: Pengguna iOS Bisa Langsung Berbagi Tweet ke Instagram Stories}

Setelah itu, pengguna juga dapat melihat daftar perangkat yang baru saja masuk ke akun mereka. Caranya dengan masuk ke  Settings > Security > Login activity. Jika perangkat tersebut bukan milik pengguna, silakan laporkan ke Instagram agar ditindaklanjuti.

Instagram Tidak Pernah Kirim Pesan Lewat DM

Bersamaan dengan dirilisnya fitur Security Checkup, Instagram juga menekankan bahwa perusahaan tidak pernah mengirim pesan melalui Direct Message (DM) kepada pengguna. Instagram hanya mengirim pesan melalui email saja.

Pengguna juga disarankan untuk melaporkan konten dan akun berbahaya yang mereka lihat di platform Instagram. Platform media sosial tersebut mengatakan pengguna dapat melaporkan konten tersebut ke Instagram.

{Baca juga: Biar Gak Bingung, Begini Cara Ganti Bahasa di Instagram!}

Fitur Security Checkup merupakan upaya Instagram supaya akun pengguna lebih aman, karena yang dapat menjaga keamanan akun adalah pemilik akun itu sendiri. (NM/MF)

Leave a Comment
Naufal Mamduh