Instagram akan Pensiunkan Aplikasi IGTV, Fokus ke Reels?

Telset.id, Jakarta – Instagram mengumumkan akan menghapus aplikasi Instagram TV (IGTV), sehingga semua konten video hanya ada di dalam aplikasi utama. Ada dugaan, rencana ini dilakukan karena Instagram akan lebih fokus ke Reels.

Dilansir Telset dari The Verge pada Rabu (2/3/2022), Instagram mengatakan bahwa tujuan perusahaan menghapus aplikasi IGTV supaya tampilan konten video di Instagram lebih sederhana.

Sebab selama ini konten video Instagram berada di 2 aplikasi yang berbeda, yakni aplikasi Instagram dan aplikasi IGTV. Diharapkan dengan dihapusnya IGTV, maka pengguna bisa lebih mudah untuk melihat video di satu aplikasi saja.

Baca juga: Reels jadi Fokus Instagram Tahun Ini, Serius Lawan TikTok?

“Ini adalah upaya untuk membuat untuk membuat video sesederhana mungkin untuk ditemukan dan dibuat,” kata Instagram.

Lebih lanjut Instagram menuturkan kalau setiap video di aplikasi utama akan memiliki penampil layar penuh dan tap-to-mute. Kedua fitur ini hadir untuk postingan video atau Instagram Reels.

Masih dalam keterangan resminya, Instagram akan mengembangkan fitur Instagram Reels. Rencananya perusahaan akan menguji coba fitur iklan di Reels agar kreator konten Reels bisa mendapatkan pendapatan iklan dari konten mereka.

“Kami akan menguji pengalaman iklan baru di Instagram, yang  memungkinkan pembuat konten memperoleh pendapatan dari iklan yang ditampilkan di Reels mereka pada akhir tahun ini,” tambah Instagram.

Baca Juga: Ukuran Post Instagram Terbaru 2022, Biar Foto Gak Terpotong!

IGTV Sempat Ganti Nama 

Instagram IGTV

Aplikasi IGTV adalah aplikasi berbagi video dimana durasi video yang diunggah bisa mencapai 60 menit. Aplikasi diluncurkan pada tahun 2018, dan IGTV adalah upaya Instagram untuk bersaing dengan YouTube.

Di awal peluncurannya, konten IGTV dipromosikan secara besar-besaran di aplikasi Instagram utama. Konten IGTV muncul di halaman Explore, dan pratinjau muncul di Stories dan Feed.

Selain itu terdapat tombol khusus yang memungkinkan pengguna aplikasi utama ke IGTV dengan mudah. Namun pada tahun 2020, Instagram menghapus tombol khusus tersebut, karena jarang dipakai oleh pengguna.

Baca juga: Aplikasi IGTV akan Berganti Nama jadi Instagram TV

Selanjutnya pada Oktober 2021 Instagram melakukan perubahan pada IGTV. Perusahaan pimpinan Adam Mosseri itu menyatakan kalau nama IGTV diganti menjadi Instagram TV.

Terakhir di Maret 2022 ini, Instagram malah mau menghapus aplikasi tersebut. Adapun jadwal penghapusan aplikasi IGTV belum diketahui, karena sampai saat ini aplikasi IGTV masih ada di Google Play Store dan App Store. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0