telset

Aplikasi IGTV akan Berganti Nama jadi Instagram TV

Telset.id, Jakarta – Instagram akan mengubah nama aplikasi IGTV menjadi Instagram TV. Selain itu, durasi konten video di feed utama Instagram akan diperpanjang menjadi 60 menit. 

Dilansir Telset dari The Verge pada Kamis (7/10/2021), walaupun namanya berubah, juru bicara Instagram menyatakan bahwa aplikasi tetap menjadi pilihan bagi pengguna untuk menonton berbagai konten video panjang. 

“Aplikasi IGTV, akan berubah menjadi aplikasi Instagram TV dan akan tetap menjadi tujuan bagi orang-orang untuk mengunjungi dengan tujuan menonton video,” tutur juru bicara Instagram. 

Tidak hanya mengubah nama IGTV saja. Instagram juga menghapus format video IGTV eksklusif. Maksudnya selama ini format durasi video maksimal 60 menit, hanya hadir di  IGTV saja. 

Namun, dalam waktu dekat format video 60 menit juga diberikan pada video yang diposting di feed aplikasi Instagram. 

“Video yang diposting ke feed Instagram utama dapat berjalan hingga 60 menit. Durasi yang sebelumnya disediakan untuk video IGTV dan Anda tidak perlu lagi keluar dari aplikasi utama untuk melihatnya,” sambungnya.

Baca juga: Penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp Down

Tidak diketahui kapan perubahan nama tersebut akan dilakukan. Mungkin saja perubahan nama terjadi di bulan ini atau di akhir tahun 2021 mendatang. 

Sekedar informasi aplikasi IGTV diperkenalkan pada Juni 2018. Awalnya aplikasi hadir untuk menjadi pesaing YouTube, karena sama-sama menawarkan konten video dengan durasi yang lebih panjang.

Sayangnya, saat ini tren video panjang mulai meredup, akibat kemunculan aplikasi TikTok. Aplikasi TikTok telah menghadirkan konten video pendek dengan diiringi musik, dan efek tertentu. 

Sadar akan tren tersebut, Instagram akhirnya menghadirkan fitur Reels. Fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten video pendek yang menarik. 

Instagram Ganti Fitur Swipe Up 

Instagram TV IGTV

Sebelumnya Instagram juga melakukan perubahan pada fitur swipe up.  Fitur Swipe Up merupakan fitur yang memungkinkan Anda mengunjungi laman web eksternal, dengan mengusap layar ke atas. 

Baca juga: Instagram Ganti Fitur Swipe Up 

Fitur ini didapatkan oleh akun yang memiliki minimal 10 ribu pengikut, akun verified dan akun Instagram bisnis. Namun, sejak tanggal 30 Agustus 2021 fitur tersebut diganti. Instagram mengganti Swipe Up dengan stiker yang berisi tautan. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0