Instagram Belum Mau Kembalikan Feed ke Bentuk Semula

Telset.id, Jakarta – Sejak hadir di ponsel pengguna, Feed di Instagram tampil secara kronologikal. Namun, beberapa tahun lalu Instagram mengumumkan perubahan tampilannya. Aplikasi berbagi foto ini menggunakan faktor relevansi untuk menampilkan Feed.

Banyak pengguna sebenarnya tidak suka dengan perubahan itu. Mereka ingin Feed di Instagram kembali tampil secara kronologis. Namun sebuah wawancara mengindikasikan bahwa Instagram belum ingin mengembalikan Feed secara kronologikal.

“Menampilkan Feed secara kronologal justru menambah kerumitan. Kami paham bahwa pengguna tak suka dengan Feed yang sekarang hadir. Namun, ada berbagai pertimbangan yang harus kami lakukan,” ujar tim Instagram kepada TechTimes.

Kepada The Verge, Instagram juga membeberkan cara mengelola algoritma hingga menghasilkan Feed di akun para pengguna. Product Lead Instagram, Julian Gutman, menyebut ada tiga faktor utama yang menentukan Feed, yakni minat, kebaruan, dan relasi.

Minat adalah cara Instagram menanggapi bagaimana pengguna peduli terhadap sebuah Unggahan. Unggahan yang dianggap paling sering diperhatikan akan muncul di bagian teratas Feed. Jadi, jangan heran kalau foto atau video lawas masih kerap nongol di Feed pengguna.

Untuk faktor kebaruan menandakan bahwa Instagram memprioritaskan unggahan foto atau video terbaru. Sementara faktor hubungan, semakin sering  berinteraksi dengan sebuah akun, semakin sering pula pengguna melihat unggahan dari akun itu di Feed.

Baca juga: Tampilan Feed Acak-acakan, Begini Penjelasan Instagram

Selain soal faktor yang menentukan Feed, Instagram juga menyertakan tiga penentu lain dalam sebuah akun, yakni frekuensi, mengikuti, dan penggunaan. Frekuensi adalah seberapa sering pengguna membuka aplikasi sehingga Instagram bakal menunjukkan unggahan terbaik oleh akun lain.

Nah, faktor mengikuti berarti jika pengguna terhubung dengan banyak akun, Instagram bisa jadi menampilkan lebih sedikit konten dari satu akun spesifik. Dengan begitu, pengguna akan bisa melihat lebih banyak unggahan dari semua akun yang diikuti secara merata. [BA/IF]

Sumber : Techtimes.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here