Tampilan Feed Acak-acakan, Begini Penjelasan Instagram

Telset.id, Jakarta – Para pengguna Instagram pasti kerap bertanya-tanya, kenapa foto atau video yang muncul di Feed seringkali acak-acakan alias tak berurutan secara baik. Foto atau video yang diunggah pada hari sebelumnya bisa muncul bersamaan konten yang diunggah satu menit lalu.

Untuk menjawab pertanyaan itu, Instagram membeberkan cara mengelola algoritma hingga menghasilkan Feed di akun para pengguna. Product Lead Instagram, Julian Gutman, menyebut ada tiga faktor utama yang menentukan Feed, yakni minat, kebaruan, dan relasi.

Minat adalah cara Instagram menanggapi bagaimana pengguna peduli terhadap sebuah Unggahan. Unggahan yang dianggap paling sering diperhatikan akan muncul di bagian teratas Feed. Jadi, jangan heran kalau foto atau video lawas masih kerap nongol di Feed pengguna.

Menurut laporan The Verge, untuk faktor kebaruan menandakan bahwa Instagram memprioritaskan unggahan foto atau video terbaru.

Sementara faktor hubungan, semakin sering  berinteraksi dengan sebuah akun, semakin sering pula pengguna melihat unggahan dari akun itu di Feed.

Selain soal faktor yang menentukan Feed, Instagram juga menyertakan tiga penentu lain dalam sebuah akun, yakni frekuensi, mengikuti, dan penggunaan. Frekuensi adalah seberapa sering pengguna membuka aplikasi sehingga Instagram bakal menunjukkan unggahan terbaik oleh akun lain.

Nah, faktor mengikuti berarti jika pengguna terhubung dengan banyak akun, Instagram bisa jadi menampilkan lebih sedikit konten dari satu akun spesifik. Dengan begitu, pengguna akan bisa melihat lebih banyak unggahan dari semua akun yang diikuti secara merata.

Baca juga: Cara Bikin Status Type Stories di Instagram Stories

Terakhir, penggunaan bermakna berapa lama pengguna bermain Instagram. Instagram akan menentukan kapan waktu yang tepat untuk menampilkan unggahan-unggahan terbaik. Pengguna akan melihat lebih sedikit unggahan yang memang dianggap kurang penting.

Instagram juga meluruskan pemahaman salah yang berkembang di kalangan pengguna. Instagram membantah menampilkan Feed dengan urutan terbalik. Instagram juga mengaku tak pernah menyembunyikan unggahan papun di Feed pengguna. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI