telset

Google Maps di Android Auto Punya Wajah Baru

Telset.id, Jakarta – Ada kabar baik untuk Anda pengguna perangkat Android Auto yang kerap menggunakan aplikasi Maps ketika bepergian. Kini Google melakukan update alias pembaruan Map di Android Auto dengan sejumlah perubahan fitur dan tampilan anyar yang lebih baik.

Sebelum ini aplikasi Android Auto bagaikan anak tiri karena perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini tak pernah melakukan memperbarui fitur-fiturnya. Pedahal raksasa teknologi Silicon Valley ini sering melakukan pembaruan di aplikasi besutannya yang lain, terutama Google Map.

Seperti dilansir PhoneArena, Kamis (11/10/2018), pembaruan ini rupanya dilakukan dari server pusat sehingga anda tidak bisa menemukannya di Google Play atau Play Store. Lalu bagaimana caranya supaya bisa update?

Mau-tidak mau, pengguna Android Auto harus sabar menungu karena pembaruan tersebut dilakukan secara otomatis, sama seperti pembaruan aplikasi di komputer atau laptop anyar.

Baca juga: Google Tak Paksa Vendor Hilangkan Notch Android One

Jika diamati, pembaruan yang dilakukan Google kebanyakan dari sisi estetika yang kini lebih baik ketimbang sebelumnya. Perusahaan ini juga memberi aplikasi ini tampilan dan nuansa yang lebih bersih,

Sayangnya pembaruan ini menghapus menu hamburger, yang diganti dengan tombol pengaturan standar yang disematkan di bagian bawah layar. Selain itu, bilah pencarian berganti posisi dari sisi kanan ke kiri bersama dengan semua ikon Maps.

Disini ada penambahan menu setting yang ditempatkan di bagian paling atas bilah. Tambahan ini diiringi perubahan posisi fitur membagi perjalanan (share journey) dari paling atas menjadi paling bawah pada bilah itu.

Selain itu menu gambar hamburger ditiadakan pada pembaruan ini. Ini membuat Anda menjadi lebih fokus karena tidak dapat melakukan hal lain saat berada dalam mode navigasi, seperti mendapatkan akses ke kontak atau tujuan terbaru. Kendati begitu, Anda masih dapat mencari untuk hal lain disepanjang rute perjalanan dengan menggunakan perintah suara.

Baca Juga : Google Assistant sedang Dicoba di Android Messages

Tak hanya itu, sebelum memulai navigasi, Anda harus mengetuk bilah pencarian (search bar) dan mencari atau mengetik lokasi yang dituju. Setelah itu, bilah pencarian akan meluas menjadi tiga tab terpisah, yakni Terbaru, Kategori dan Personal.

Tab Persona, mungkin menjadi paling sering dipilih karena berisi apa saja yang disimpan di aplikasi Map, termasuk lokasi favorit, berbintang dan tempat-tempat lain yang ingin dikunjungi. [WS/HBS]

Sumber: PhoneArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0