Lenovo PC Paling Laris di Kuartal III-2018

Telset.id, Jakarta – Lenovo nampaknya sedang dibayangi Dewi Fortuna pada kuartal III tahun ini. Ini karena raksasa elektronik China tersebut diestimasi kembali menempati posisi nomor wahid PC paling laris sejagat dari pengirimannya (shipment), dengan meraup sekitar 23,6% pasar dunia.

Pencapaian ini terbilang hebat, mengingat saat ini sebagian besar industri PC dunia mencatatkan performa yang lesu.

Kondisi ini terlihat dari data yang baru dirilis Gartner, yang mengungkapkan pertumbuhan PC kuartal ini -0,4 persen dibanding kuartal yang sama 2017.

Data Gartner, seperti dilansir Engadget, Kamis (11/10/2018) menyatakan bahwa Lenovo mampu mengirim 15,8 juta unit PC, naik dari kuartal yang sama tahun sebelumnya yang mencatat angka 14,3 juta unit.

Di posisi kedua, HP inc mencatat jumlah PC yang dikirim mencapai 14,6 juta unit, naik dari kuartal yang sama tahun lalu sebesar 13,7 juta unit atau meraih pangsa pasar 21,8 persen.

Baca juga: Merek Smartphone Lenovo dan Lava Kini Bersaudara

Walaupun menjadi kampiun sejagat, namun di Amerika Serikat (AS) Lenovo harus mengakui kedigdayaan HP Inc, dengan hanya meraih posisi ke-3, dibawah HP dan Dell yang masing-masing menempati posisi Pertama dan Ke-2.

Untuk angkanya, HP tercatat mampu megirim 4,5 juta unit PC ke pasar AS, disusul Dell yang mempu mengirim 3,8 juta unit PC. Sedangkan Lenovo hanya mampu mencatat pengiriman sebanyak 2,2 juta unit PC ke negeri Paman Sam itu.

Analis mengatakan kinerja pengisiman Lenovo disokong oleh tiga hal, yakni merger dengan teknologi PC Fujitsu, kenaikan penjualan PC bisnis dan strategi penjualan di Amerika bagian Utara yang lebih pintar.

HP dan Dell mencatat pertumbuhan dari tahun ke tahun masing-masing sebesar 6,2 dan 5,3 persen secara global. Sedangkan untuk pasar AS, Dell justeru mencatat penurunan 0,8 persen dan HP mencatat kenaikan 3,5 persen.

Peningkatan pertumbuhan signifikan justeru dicatat Lenovo di pasar ini, dengan meraih angka 22,2 persen, atau yang tertinggi dari 6 produsen PC yang masuk daftar pengiriman barang paling banyak.

Baca juga: Resmi Comeback, Lenovo K9 Diluncurkan di Indonesia

Prestasi yang paling buruk justeru ditorehkan Asus dengan mencatat pertumbuhan pengiriman global -15,9 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu, disusul Apple yang mencatat pertumbuhan – 8,5 persen dan Grup Acer yang turun 5,7 persen.

Apple juga mencatat pretasi buruk untuk pengiriman di kampung halamannya, dengan mencatat pertumbuhan -7,6 persen atau yang penurunan tertinggi dalam daftar tersebut.

Sementara Microsoft menempati posisi ke-5 dalam daftar pengiriman terbanyak di pasar AS dengan mencatat 602 ribu unit PC atau hanya meraih pangsa pasar 4 persen yang didapat dari penjualan Surface Go, Surface Laptop 2 dan Surface Pro 6. [WS/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here