Google FloodHub, Fitur Baru untuk iOS dan Android

Telset.id, Jakarta – Google FloodHub hadir sebagai fitur baru untuk perangkat berbasis iOS maupun Android yang berguna untuk menyelamatkan jiwa penduduk.

Google FloodHub menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk memperingatkan orang-orang tentang banjir dan kebakaran hutan yang mengancam jiwa.

Dilansir New York Post, dengan teknologi AI baru yang disebut pembelajaran transfer, Google bisa mengeluarkan peringatan hingga satu minggu sebelumnya.

Telset kutip pada Sabtu (5/11/2022), fitur tersebut memberi peringatan banjir dan memungkinkan pengguna melihat informasi banjir di area atau area minat.

BACA JUGA:

Informasi di peta interaktif punya resolusi tinggi dan dapat menunjukkan secara tepat di mana dan kapan banjir diperkirakan serta kira-kira seberapa dalam air.

Bersamaan FloodHub, perusahaan meluncurkan fitur pelacakan kebakaran di lebih banyak negara setelah awalnya hanya memulai program di Amerika Serikat.

“Secara internal, bagi kami, ini adalah perubahan yang sangat besar. Sistem ini benar-benar beda,” papar Stella Nevo, manajer teknik staf senior di Google.

Sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa dari Oktober, separuh dunia tidak mempunyai sistem peringatan dini yang memadai untuk kejadian bencana alam.

Pada 2021, banjir adalah mayoritas peristiwa bencana yang tercatat dengan 223 kejadian, naik dari rata-rata 163 per tahun antara 2001-2020, menurut ReliefWeb.

Jumlah kebakaran hutan yang tinggi pada 2021, dengan 19 kejadian dibanding 2001 hingga 2020 rata-rata 11 kejadian per tahun, terbilang mengkhawatirkan.

Perusahaan teknologi berharap ekspansi akan menyelamatkan nyawa dengan sistem peringatan, memberi orang cukup waktu untuk mengungsi dengan aman.

BACA JUGA:

Belum tahu apakah Google FloodHub langsung tersedia untuk semua pengguna di seluruh dunia atau tidak. Yang jelas, fitur itu tersedia untuk iOS dan Android.

Fitur baru tersebut juga sudah diluncurkan oleh Google. Pengguna bisa mengecek fitur anyar itu di App Store untuk perangkat iOS dan Play Store untuk Android. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0