Google Matikan Hangouts, Pengguna Dialihkan ke Google Chat

Telset.id, Jakarta – Google sudah menghentikan layananan Google Hangouts. Para pengguna langsung dialihkan ke Google Chat, aplikasi seperti slack sebagai gantinya.

Sebelumnya perusahaan mendorong para pengguna Hangout untuk pindah ke Chat sendiri pada tahun 2021, dan Google juga sudah menghentikan aplikasi Hangouts Chat untuk Android dan iOS pada bulan Juli.

Pengguna diperlihatkan perintah yang memberi tahu mereka bahwa “Hangouts telah digantikan oleh Google Chat” dan untuk beralih ke aplikasi Chat dari Google atau pengalaman Chat dalam Gmail.

Seperti yang dicatat oleh TechCrunch, versi terakhir dari layanan perpesanan, Hangouts untuk web, sekarang juga akan ditiadakan untuk selamanya.

Saat pengguna mengakses situs web Hangouts, mereka mungkin melihat pesan yang mengatakan: “Mulai 1 November 2022, Hangouts di web akan dialihkan ke Obrolan di Web. Sebaiknya pindah ke Obrolan sekarang.”

Saat ini pengguna masih dapat mengakses situs web tanpa dialihkan secara otomatis, tetapi ada tautan ke Google Chat yang dapat diklik untuk memuat pengalaman perpesanan baru. Situs web Google Hangouts mungkin akan benar-benar hilang dalam beberapa hari mendatang.

BACA JUGA:

Google Hangouts

Chat dulunya merupakan salah satu penawaran bisnis dari Google sebelum perusahaan mengubah strategi pengiriman pesannya dan membuatnya tersedia untuk semua orang.

Perusahaan mengatakan Chat “akan membuka cara baru dan lebih baik” untuk berkolaborasi dengan fitur yang tidak tersedia di Hangouts.

Pengguna dapat mengedit Dokumen, Slide, atau Spreadsheet secara berdampingan dalam Chat. Tim di tempat kerja atau grup teman juga dapat mengerjakan dokumen dan mengelola tugas menggunakan Spaces, yang merupakan tempat khusus yang dapat mereka gunakan untuk melakukan kolaborasi berbasiskan suatu topik.

Dan karena Gmail menampilkan integrasi langsung ke Chat, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengakses percakapan tanpa harus membuka situs web Chat.

BACA JUGA:

Google sebelumnya mengatakan bahwa mereka yang ingin menyimpan salinan data Hangouts mereka harus menggunakan alat Takeout sebelum layanan tersebut hilang selamanya.

Saat ini masih ada Hangouts di Takeout, jadi mereka yang ingin melakukan penghematan data di menit-menit terakhir, harus melakukannya sekarang selagi masih memungkinkan. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0