Facebook Ikut-ikutan Rilis Fitur Mirip Clubhouse di Instagram

Telset.id, Jakarta – Setelah Twitter dan Telegram, Facebook pun merilis fitur baru yang sepintas mirip Clubhouse di Instagram. Melalui fitur ini, pengguna dimungkinkan untuk melakukan live streaming sambil mematikan kamera.

DIkutip Telset dari Engadget, Jumat (30/4/2021), Facebook sebenarnya merilis dua fitur di Instagram Live, yaitu fitur untuk mematikan kamera atau mematikan speaker saat Instagram Live. Dari keduanya yang menarik perhatian adalah fitur mematikan kamera.

Fitur itu mengingatkan kembali dengan aplikasi Clubhouse yang populer beberapa waktu lalu di iOS. Clubhouse memungkinkan pengguna dapat melakukan siaran langsung dalam format audio saja.

Mungkin, melalui fitur mematikan kamera ini, pengguna Instagram bisa saling berkomunikasi secara langsung tanpa harus menampakkan wajah mereka.

{Baca juga: 10 Aplikasi Foto Android Terbaik 2021, Bikin Banyak Like di Instagram}

Hingga saat ini, Facebook belum memberikan tanggapan mengenai fitur yang mirip dengan Clubhouse di Instagram.

Sebenarnya isu “fitur plagiat” bukan pertama kali terjadi di perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg ini. Isu serupa muncul saat fitur Stories dirilis di Instagram.

Banyak pihak yang menilai jika Stories meniru fitur yang ada di aplikasi Snapchat. Selain itu Facebook juga dituduh meniru TikTok saat menghadirkan Reels di Instagram.

{Baca juga: Spotify Rilis Fitur Miniplayer, Putar Lagu Bisa Lewat Facebook}

Walaupun ditempa berbagai isu negatif, Facebook tetap fokus mengembangkan kedua fitur tersebut hingga sekarang.

Beragam Aplikasi Populer Rilis Fitur Mirip Clubhouse

Selain Facebook yang merilis fitur mirip Clubhouse di Instagram, ada Twitter yang lebih dulu meluncurkan Spaces. Fitur tersebut memudahkan pengguna Twitter membuat ruang virtual untuk melakukan diskusi dalam format audio.

Tak mau kalah, Reddit juga menghadirkan fitur bernama Reddit Talk, di mana pengguna dapat melakukan sesi tanya jawab, ceramah, webinar, atau sekadar bercengkrama dengan teman atau keluarga.

Fitur Instagram Mirip Clubhouse
Aplikasi Clubhouse

Discord pun tidak mau ketinggalan. Aplikasi khusus gamer ini memperkenalkan Stage Channels, di mana pengguna bisa menyiarkan percakapan audio langsung ke sekelompok pendengar tanpa khawatir orang-orang berbicara satu sama lain.

Aplikasi lainnya yang turut “meniru” fitur utama Clubhouse adalah Telegram. Lewat fitur Voice Chat 2.0, Telegram dinilai bakal menjadi pesaing serius bagi Clubhouse.

{Baca juga: Telegram Rilis Fitur Voice Chat 2.0, Bakal Jadi Pesaing Clubhouse}

Semua fitur tersebut sebenarnya membuktikan bahwa banyak perusahaan teknologi yang berusaha melawan dominasi Clubhouse. (NM/MF)

SourceEngadget

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0