Telegram Rilis Fitur Voice Chat 2.0, Bakal Jadi Pesaing Clubhouse  

Telset.id, JakartaTelegram resmi mengumumkan fitur voice chat atau obrolan suara di layanan mereka, mirip seperti aplikasi Clubhouse yang saat ini sedang naik daun. Fitur Voice Chat 2.0 ini resmi diluncurkan lewat pembaruan yang baru saja digulirkan Telegram.

Meski sedang populer, namun Clubhouse nampaknya tidak bisa bersantai. Karena kini para pesaingnya sudah mulai meluncurkan fitur serupa. Setelah Twitter Spaces, kini giliran Telegram Voice Chat 2.0.

Fitur Telegram Voice Chat baru pertama kali terlihat dalam pembaruan beta awal bulan ini. Sekarang, fitur-fiturnya akhirnya diluncurkan dengan rilis stabil dalam update terbaru yang digulirkan Telegram.

Telegram mengatakan bahwa lewat update yang baru digulirkan ini, kemampuan fitur Voice Chat kini ditingkatkan. Apa saja pengingkatan yang diberikan Telegram?

{Baca juga: Update Telegram Versi 7.5.0 Hadirkan 7 Fitur Baru, Apa Saja?}

Voice Chat 2.0. Pembaruan yang dihadirkan dalam fitur Voice Chat 2.0 adalah admin channel atau grup di Telegram, yang sekarang bisa menjadi host dalam perbincangan di aplikasi chatting yang dikembangkan perusahaan milik Pavel Durov itu.

Caranya, Anda hanya perlu membuat profil dari grup atau channel dimana Anda menjadi admin. Setelah itu, tinggal klik > ikon menu tiga titik yang ada di pojok kiri atas di aplikasi Telegram, dan kemudian pilih opsi > ‘Start Voice Chat’.

Merekam Percakapan. Pembaruan ini juga memungkinkan admin channel atau grup Telegram bisa merekam percakapan yang terjadi selama sesi Voice Chat berlangsung. Kemampuan ini mirip seperti di aplikasi Clubhouse.

Dengan begitu, admin channel atau grup Telegram bisa menyimpan dan mempublikasikan kembali hasil perbincangan ke para anggota grup yang mungkin saat itu tidak bisa bergabung. Hasil rekaman dari sesi Voice Chat tersebut akan tersedia bersama dengan Saved Messages di Telegram yang bisa didengarkan anggota grup kapan saja.

{Baca juga: Panduan Lengkap Cara Bikin Stiker Lucu di Aplikasi Telegram}

Raise Hand. Obrolan Suara Telegram mendapatkan fitur Angkat Tangan (Raise Hand) baru untuk membantu peserta yang dibungkam dengan mudah menunjukkan bahwa mereka ingin berbicara. Admin akan melihat setiap kali peserta menggunakan opsi Angkat Tangan. Dengan mengetuknya akan membuka jendela pop-up dengan opsi untuk mengizinkan peserta berbicara, membuka obrolan, atau mengeluarkan peserta.

Azinkan Anggota berbicara. Pembaruan juga menghadirkan opsi untuk membantu admin membagikan tautan undangan ke Obrolan Suara. Setelan tersebut memungkinkan admin membuat tautan terpisah untuk pembicara dan pendengar. Admin juga akan mendapatkan opsi untuk menambahkan judul ke Obrolan Suara untuk membantu anggota melihat topik percakapan sebelum bergabung.

Opsi menggunakan akun. Terakhir, pembaruan Telegram terbaru juga menyertakan opsi untuk membantu pengguna memilih akun pribadi atau akun channel mereka saat bergabung dengan obrolan suara.

{Baca juga: Cara Menggunakan Telegram Web di PC & Laptop, Panduan Termudah!}

Nah, itulah tadi peningkatan yang dihadirkan Telegram dalam fitur voice chat. Apakah dengan peningkatan ini Telegram mampu menyaingi Clubhouse? Kita lihat saja nanta. Anda dapat membaca semua informasi tentang Telegram secara lengkap dengan mengklik tautan ini. [HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -