Facebook Shops untuk Bisnis Jualan Online, Ini Kelebihannya

jualan online facebook shops
Layanan jualan online Facebook Shops (Foto: Facebook)

Telset.id, Jakarta – Facebook mengumumkan peluncuran fitur baru bernama “Shops” di plarform-nya. Fitur ini adalah layanan jualan online yang memberikan peluang bagi usaha kecil menjual produknya di platform Facebook dan juga Instagram.

Raksasa jejaring sosial ini menghadirkan Facebook Shops sebagai platform bagi usaha kecil yang terpaksa harus menutup usahanya pintu dan pindah online karena pandemi Covid-19.

{Baca juga: Facebook Donasi Rp 1,6 Triliun Bantu UMKM Terdampak Corona}

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan bahwa perluasan e-commerce akan menjadi penting untuk bisa membangun kembali perekonomian di saat masa sulit selama pandemi Covid-19 yang masih belum jelas kapan akan berakhir.

“Jika Anda tidak dapat membuka toko fisik atau restoran, Anda masih bisa menerima pesanan secara online dan mengirimkannya kepada orang-orang,” katanya, seperti dikutip Telset dari The Verge.

Zuckerberg juga mengatakan, perusahaannya ingin membantu usaha kecil dapat beradaptasi dan membuatnya lebih mudah bagi orang untuk menemukan dan berbelanja produk yang disukai.

Menurutnya, layanan ini akan meningkatkan pengalaman belanja online di web standar, dengan menyimpan kredensial pembayaran pengguna di satu tempat yang kemudian dapat digunakan di setiap etalase Facebook atau Instagram.

Zuckerberg mengungkapkan bahwa saat ini ada lebih dari 160 juta usaha kecil yang menggunakan aplikasi perusahaan Facebook.

Fitur di Facebook Shops

Facebook Shops (The Verge)

Facebook Shops disebutkan akan memudahkan bisnis untuk membuat satu toko online dapat diakses oleh pelanggan di Facebook dan juga Instagram. Fitur checkout juga memungkinkan pembelian dalam aplikasi.

Pengguna Facebook akan bisa menemukan fitur Shops di halaman Facebook bisnis, profil Instagram, atau bisa menemukannya melalui stories dan iklan.

Dengan begitu, pengguna akan dapat menelusuri koleksi lengkap, menyimpan produk yang diminati, dan bisa melakukan pemesanan di situs web bisnis.

{Baca juga: Instagram Mulai Coba Fitur ‘Product Tagging’ untuk Jualan}

Selain itu ada fitur yang memungkinkan pengguna dapat mengirim pesan bisnis melalui WhatsApp, Messenger atau DM Instagram. Pesan yang dikirim bisa berupa ajuan pertanyaan, dukungan, melacak pengiriman, dan lain sebagainya.

“Platform kami juga akan terintegrasi dengan Shopify dan tujuh situs dagang daring lainnya,” katanya.

Untuk saat ini, Facebook Shops masih akan tersedia secara gratis untuk bisa digunakan oleh para pebisnis dan dapat membeli iklan untuk toko onlinenya. Tapi bagi yang ingin menggunakan fitur Shops untuk checkout akan dikenakan biaya oleh Facebook.

Fitur Facebook Shops sudah mulai diluncurkan di Amerika Serikat, dan akan segera hadir di Instagram dalam beberapa bulan ke depan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. [HBS]

 

Previous articleIni Penjelasan Ilmuwan Soal Aliran Lava Misterius di Mars
Next articleUntuk Pertama Kali, Samsung Galaxy Note 20 Diluncurkan Secara Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here