Facebook Donasi Rp 1,6 Triliun untuk Bantu UMKM Terdampak Corona

Donasi Facebook

Telset.id, Jakarta – Beberapa perusahaan teknologi tak segan sumbang dana besar untuk membantu petugas medis, masyarakat, dan pihak terkait yang terdampak virus corona atau Covid-19 di dunia. Termasuk Facebook, yang donasi Rp 1,6 triliun untuk bantu 30.000 UMKM di seluruh dunia yang terdampak pandemi virus corona.

Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapatkan donasi UMKM dari Facebook. Selain Indonesia, ada puluhan negara lainnya yang akan mendapatkan donasi tersebut, dan seluruh negara itu merupakan tempat di mana karyawan Facebook tinggal.

Bukan cuma itu saja, Facebook juga memberikan donasi lain dalam berbagai bentuk untuk membantu masyarakat dunia dalam menghadapi virus corona atau Covid-19.

{Baca juga: Cobain! 7 Permainan WhatsApp yang Seru dan Bikin “Nagih”}

Lewat badan penggalangan dana Facebook Fundraiser bersama UNF/WHO, raksasa media sosial ini sukses mengumpulkan donasi sebesar USD 10 juta atau Rp 165 miliar.

Mereka juga menggandeng yayasan CDC untuk menghadirkan kembali Facebook Fundraiser dalam beberapa pekan ke depan. Media sosial besutan Mark Zuckerberg ini berkomitmen untuk mendonasikan lagi Rp 165 miliar kepada mereka yang terdampak.

WhatsApp, aplikasi chatting di bawah naungan Facebook juga turut andil. Aplikasi ini menyumbang USD 1 juta atau Rp 16,5 miliar kepada International Fact-Checking Network (IFCN) milik Poynter Institute.

{Baca juga: Video Viral ‘Pejuang Medis’ Melepas Penat dengan Bergoyang TikTok}

Dana itu digunakan membantu mereka mengecek fakta dalam aliansi #CoronaVirusFacts, yang melibatkan lebih dari 100 organisasi lokal di lebih dari 45 negara, termasuk Indonesia.

Lewat pernyataan resmi yang diterima Telset.id pada Jumat (03/04/2020), di Indonesia, Facebook pun mendukung tenaga ahli dan organisasi kesehatan untuk membagikan informasi tentang virus corona secara proaktif.

Dukungan lainnya yang diberikan untuk Tanah Air adalah, kerja sama antara WhatsApp dan Kominfo untuk menghadirkan chatbot atau hotline bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi valid soal Covid-19.

{Baca juga: Chatbot WhatsApp Covid-19 Aktif, Begini Cara Pakainya}

“Kesehatan dan keamanan masyarakat adalah prioritas utama kami. Namun, dampak dari pandemi virus ini dirasakan oleh komunitas kami di seluruh dunia, dan inti kehidupan dari komunitas lokal ini adalah bisnis kecil,” jelas Facebook.

“Kami mendengar para pelaku bisnis untuk memahami bagaimana kami dapat membantu mereka. Kami mendengar bahwa dukungan finansial sangat berarti. Hal inilah yang membuat bisnis terus berjalan. Kami membagikan apa yang telah kami pelajari dan apa yang kami ketahui untuk membantu bisnis lain beroperasi di lingkungan yang penuh tantangan ini,” tutup Facebook. (IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here