telset
spot_img

Chrome OS Jadi Sistem Operasi dengan Pertumbuhan Tercepat

Telset.id, Jakarta – Sistem operasi ringan untuk laptop besutan Google, Chrome OS menjadi OS dengan pertumbuhan tercepat saat ini. Dalam laporan terbarunya, Google menyebut bahwa pertumbuhan Chrome OS mencapai 92% lebih baik daripada tahun lalu.

Dilansir dari 9to5Google pada Rabu (22/12/2021), pertumbuhan Chrome OS lima kali lipat lebih cepat dibandingkan angka rata-rata di pasar PC dan menjadikannya sebagai sistem operasi dengan kemajuan tercepat.

Menurut Google, kemajuan OS buatannya didorong oleh pengguna yang ingin merasakan pengalaman mirip smartphone Android pada perangkat yang memiliki layar lebih besar.

Baca Juga: Google Segera Boyong Game Android ke Windows

Dalam laporan yang sama, Google juga mengatakan bahwa penggunaan aplikasi Android di Chrome OS meningkat sebesar 50% dari tahun ke tahun. Google pun sebelumnya membagikan pada Oktober 2019 bahwa waktu yang dihabiskan di aplikasi Android pada Chrome OS telah tumbuh empat kali lipat dari tahun ke tahun.

Selama dua tahun terakhir, aplikasi Android dan Play Store semakin menjamur di Chromebook, sementara semakin banyak juga perangkat yang hadir ke masyarakat.

Google Rilis Android 12 Go Edition

pertumbuhan chrome os

Selain mengumumkan pertumbuhan Chrome OS, Google juga merilis Android 12 (Go Edition) untuk HP kelas entry dan low-end dengan spesifikasi yang minimum. Meski menjadi OS yang ringan, Google tetap menyertakan fitur canggih pada Android 12 (Go Edition) ini.

Saat ini, total pengguna aktif Android (Go Edition) sejak kelahirannya pada 2017 lalu sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna. Dengan rilis Android 12 (Go Edition) yang baru, OS ini memberikan pengalaman yang lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih ramah privasi daripada seri sebelumnya.

Menurut Group Product Manager Android, Charmaine D’Silva, HP dengan Android 12 (Go Edition) dapat membuka aplikasi hingga 30% lebih cepat daripada versi sebelumnya.

Baca juga: Apa Itu, Kelebihan dan Kekurangan Laptop Chrome OS

Tak cuma cepat, sistem operasi ini juga bakal membuat ponsel entry lebih hemat daya. D’Silva menyebut, sistem operasi ini secara otomatis dapat menghemat masa pakai baterai dengan menghibernasi aplikasi yang tidak digunakan untuk waktu yang lama.

Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk memulihkan file dalam waktu 30 hari, sehingga pengguna benar-benar dapat menghapus file yang tak diperlukan lagi untuk mengosongkan ruang penyimpanan. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0