Aplikasi Intra Melindungi Pengguna dari Serangan Manipulasi DNS

Telset.id, Jakarta – Divisi bisnis Alphabet, Jigsaw, membuat aplikasi keamanan baru bernama Intra. Aplikasi tersebut diklaim mampu melindung pengguna dari serangan manipulasi domain name server alias DNS.

Selama ini masih banyak pengguna yang sering mengunjungi sebuah situs melalui sambungan yang tidak aman.

Akibatnya, sambungan yang tidak aman itu membuat pihak ketiga dapat dengan mudah masuk dan meninterupsi koneksi, bahkan mengalihkan ke situs palsu.

Baca juga: Laba Alphabet di Q2 2018 Capai Rp 46 Triliun

Aplikasi Intra, Canggih dan Mudah Digunakan

Aplikasi Intra

Aplikasi Intra memastikan pengguna dapat menggunakan aplikasi tanpa campur tangan atau masuk ke situs yang tepat tanpa gangguan.

“Intra masih sederhana untuk digunakan. Unduh saja aplikasinya dan nyalakan,” tulis penjelasan Jigsaw, seperti dikutip Telset.id dari TechCrunch.

Jigsaw telah melihat beberapa keberhasilan di belahan dunia di mana akses internet dibatasi atau dipantau. Pemerintah di Venezuela dilaporkan menggunakan manipulasi DNS untuk mencegah warga mengakses situs berita dan jejaring sosial.

Aplikasi tersebut menggunakan server DNS terpercaya Google secara default. Namun, pengguna juga dapat menyalurkan permintaan penjelajahan melalui Cloudflare yang menghosting server DNS aman dan dapat diakses publik.

Baca juga: Alphabet Suntik Dana Rp 13 Triliun ke Lyft, Untuk Apa?

Juru bicara Jigsaw mengatakan bahwa penggunaan DNS Google oleh Intra dilindungi oleh kebijakan privasi. Jigsaw menyatakan akan masuk aplikasi ke sistem operasi Android Pie yang sudah memungkinkan koneksi DNS terenkripsi.

Menurut Jigsaw, Intra tersedia untuk pengguna di berbagai negara, termasuk negara miskin. Jigsaw menghadirkan Intra sebagai bagian alam teka-teki keamanan dan privasi yang berusaha diselesaikan oleh Alphabet. [BA/HBS]

 

3 COMMENTS

  1. jadi aplikasi ini aman gak untuk di gunakan sekarang ketika pemerintah membatasi medsos, ada kabar klw menggunakan VPN atau aplikasi sejenis nya tidak aman min?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here