Browser Opera Kini Dilengkapi Fitur Gemini AI Milik Google

Telset.id, Jakarta РOpera saat ini telah bekerja sama dengan Google. Alhasil, model AI Gemini kini sudah tersedia di browser Opera melalui fitur Aria.

Sebagai pengingat, sebelumnya pengguna Opera sudah bisa memanfaatkan kemampuan model bahasa besar (LLM) dari OpenAI setiap pengguna menggunakan asisten AI bawaan Aria di browser.

Namun, sekarang ada tambahan model AI terbaru dari Google, yaitu Gemini AI ke dalam Aria yang bisa dimanfaatkan para pengguna browser Opera.

BACA JUGA:

Menurut Opera, mesin Composer AI-nya dapat memproses maksud pengguna berdasarkan pertanyaan mereka dan kemudian memutuskan model mana yang akan digunakan untuk setiap tugas tertentu, demikian dilansir Telset dari blog resmi Opera.

Sementara itu, Google mengklaim bahwa Gemini AI adalah model paling canggih yang pernah dibuat sejak pertama kali diumumkan pada tahun lalu. Opera juga mengatakan berkat Gemini, browsernya bisa memberikan informasi terbaru bagi para pengguna dengan kinerja tinggi.

Kemitraan antara Opera dan Google ini akan memberikan berbagai fitur eksperimental baru yang merupakan bagian dari program AI Feature Drop.

Misalnya, pengguna yang memiliki browser versi Pengembang Opera One dapat mencoba fitur pembuatan gambar baru yang didukung oleh model Imagen 2 Google secara gratis.

Browser Opera Gemini AI

Sebagai contoh, gambar di atas merupakan gambar buatan Aria bertenaga Gemini AI. Gambar ini dibuat dengan perintah “membuat gambar seekor anjing yang sedang berlibur di pantai sambil minum-minum.”

Selain itu, para pengguna Opera juga bisa mendengarkan Aria membacakan tanggapan dari percakapan yang dibuat dari model text-to-audio dari Google.

BACA JUGA:

Meski begitu, semua fitur-fitur ini baru tersedia di Opera One Developer saja. Jika fitur ini mampu bekerja dengan baik, tidak menutup kemungkinan Opera meluncurkan fitur AI ini ke semua pengguna. [FY/IF]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI