Susul Browser Lainnya, ChatGPT akan Terintegrasi di Opera

Telset.id, Jakarta – Saat ini chatbot AI ChatGPT yang sedang populer dikabarkan akan terintegrasi ke browser Opera. ChatGPT nantinya akan ditambahkan ke sidebar browser Opera.

Chatbot AI ChatGPT memang saat ini sedang ramai dibicarakan, berkat fungsinya untuk kehidupan sehari-hari dalam mencari sebuah informasi, dan penggunaannya juga cukup mudah, karena pengguna hanya perlu bertukar pesan dengan chatbot AI di ChatGPT.

Bahkan, karena teknologi AI pada ChatGPT kini menjadi tren, hal ini membuat berbagai raksasa teknologi memanfaatkan tren tersebut, Seperti Microsoft yang memberi investasi dan mengintegrasikannya ke produknya, ada Google yang mengembangkan chatbotnya, bernama Bard. Kini, ChatGPT akan terintegrasi ke browser Opera.

BACA JUGA:

Dilansir Telset dari GizmoChina, ChatGPT akan berfungsi sebagai alat yang bisa digunakan untuk membuat ringkasan singkat dari sebuah halaman web ataupun artikel yang sedang dibuka dan juga dibaca para pengguna browser Opera.

Selain itu, Opera menambahkan ChatGPT ke dalam fitur yang disebut Shorten, yang mana ini merupakan upaya dari rencana Opera untuk memperluas integrasi alat dengan teknologi AI ke dalam browser. Hal serupa juga dilakukan Microsoft ke broswernya, yaitu Edge.

Pada video pendek yang sudah diunggah oleh kanal YouTube resmi milik Opera, terlihat bahwa ChatGPT sangat mudah digunakan oleh para penggunanya.

Pengguna bisa menggunakan ChatGPT hanya dengan mengaktifkan fitur tersebut dengan menglik tombol Shorten yang berada pada sebelah kanan alamat web.

Setelah mengklik Shorten di sebelah kanan, sidebar dengan ChatGPT akan langsung muncul di bagian kiri browser Opera. Pada sidebar ChatGPT akan terlihat hasil ringkasan yang terlihat tersusun rapi dari artikel atau halaman web yang sedang dibuka oleh pengguna.

BACA JUGA:

Per Wetterdal Kepala Kemitraan Strategis dan Ekosistem AI Opera mengungkapkan bahwa perusahaan sangat senang dengan peluncuran program pengembang yang cepat untuk solusi sejenis Google Bard untuk para pengguna.

Selain itu, Wetterdal juga mengatakan bahwa fitur Shorten pada browser Opera masih belum tersedia untuk semua orang. Meskipun, diharapkan akan segera tersedia untuk semua orang. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI