4 Fitur Anyar di Android 13, Update Dirilis Juni 2022

Telset.id – Usai Android 12, Google bersiap menghadirkan OS Android 13 dengan fitur terbaru. Terbukti, Google telah merilis Android 13 Developer Preview yang bisa pengguna download di situs resminya.

Dengan adanya versi Developer Preview, para pengembang aplikasi bisa melihat apa saja kekurangan Android 13 yang harus diperbaiki sebelum dirilis ke semua pengguna.

Meski download Android 13 Developer Preview dimudahkan oleh Google, namun disarankan untuk tidak memasangnya pada ponsel yang dipakai sehari-hari. Selain masih banyak bug, OS ini belum stabil dan mungkin saja menyebabkan masalah tertentu pada ponsel.

Baca juga: Android 12 Bikin Google Pixel Langsung Error

Seperti dilansir Telset dari Gizmodo, berikut ini rangkaian fitur terbaru yang diprediksi harid pada Android 13 berdasarkan Developer Preview.

1. Photo Picker

Fitur Android 13
Foto: 9to5Google

Google memperkenalkan API Photo Picker terbaru di Android 13. Melalui API Photo Picker, pengguna bisa berbagi foto atau video di satu aplikasi saja. 

Dengan begitu, foto dan video tidak akan muncul di aplikasi lainnya seperti aplikasi galeri.  Sebagai contoh, jika foto dan video tersimpan di cloud atau aplikasi WhatsApp, maka Anda hanya bisa mengakses dan berbagi file tersebut lewat layanan tersebut saja. 

2. Ikon Aplikasi Mengikuti Tema HP 

Android 13
Foto: Gizmodo

Fitur Material You akan dibawa ke Android 13. Lewat fitur ini, ikon aplikasi seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya akan mengikuti tema HP Android.

Fitur ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sendiri oleh pengguna dan di tahap awal peluncuran, fitur ini akan hadir untuk HP Google Pixel. 

Baca juga: Android 12 (Go Edition) Bikin HP Kentang Lebih Cepat

Selain itu, Android 13 juga dilengkapi dengan Quick Settings Placement API yang akan memudahkan pengguna menemukan aplikasi mana yang memiliki Quick Tiles yang dapat dikonfigurasi. 

3. Update Aplikasi Lewat Play Store 

Update OS Android

Di Android 13 pengguna akan banyak melakukan update aplikasi bawaan sistem lewat Play Store ketimbang melalui update sistem operasi. Nantinya update perangkat Bluetooth, Photo Picker, dan lain sebagainya akan bisa dilakukan lewat Play Store layaknya aplikasi pada umumnya.

Saat ini fitur tersebut sedang dikembangkan oleh Google lewat proyek bernama Project Mainline. 

4. Android 13 untuk Tablet dan Chromebook 

Fitur OS Android 13

Selama ini OS Android untuk smartphone, tablet, atau chromebook, memiliki jenis yang berbeda. Misalnya Android 12 untuk HP dan Android 12L untuk perangkat yang layarnya besar seperti tablet dan Chromebook.

Namun hal tersebut tidak terjadi dengan Android 13, karena OS Android terbaru itu juga akan mendukung tablet, HP layar lipat, dan Chromebook

Perlu diingat kalau ini hanyalah prediksi semata sehingga belum dapat dipastikan apakah fitur akan tersedia atau tidak di Android 13 nanti.

Baca juga: Update Android 12 Stable Dirilis

Adapun Android 13 akan mencapai tahap stabilitas platform pada Juni 2022, dan kemungkinan dirilis sekitar Juli 2022 atau bertepatan dengan peluncuran Pixel seri terbaru. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0