10 Aplikasi Scan Dokumen Terbaik di HP, Praktis dan Gratis!

Telset.id – Kemajuan teknologi telah memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya aktivitas scanning atau memindai dokumen. Jika dulu harus menggunakan mesin scanner, kini Anda sudah bisa scan dokumen di smartphone secara gratis.

Salah satu akitivitas pekerjaan yang mungkin banyak diperlukan orang yaitu scanning atau memindai dokumen. Dulu biasanya aktivitas ini membutuhkan perangkat khusus yaitu mesin scanner hanya untuk kebutuhan tersebut.

Tapi saat ini, pekerjaan scanning atau memindai dokumen sudah dapat digantikan dengan menggunakan aplikasi scan dokumen di smartphone.

Cukup dengan aplikasi scan dokumen di smartphone, kita dengan mudah bisa mendapatkan hasil scan dokumen yang cukup memuaskan. Ada banyak aplikasi-aplikasi Document Scanner yang tersedia, yang dapat kita instal secara gratis.

Nah, berikut ini Tim Telset akan memberikan rekomendasi lima aplikasi untuk scan dokumen yang bisa kalian jadikan referensi.

1. Genius Scan

Aplikasi Scan Dokumen Genius Scan
Aplikasi Genius Scan (Google)

Genius Scan adalah aplikasi scan dokumen yang cukup dapat diandalkan untuk kebutuhan produktivitas anda. Cukup menempatkan dokumen apa pun di depan kamera perangkat smartphone kita, aplikasi ini secara otomatis akan memindai dan mengenali kertas dengan latar belakang, memotong, dan lalu membersihkan scan.

Aplikasi scan HP ini menyediakan bergam fitur-fitur lain untuk kebutuhan scan dokumen. Seperti misalnya fitur OCR, PDF Maker, Document Organization dan lain-lain.

Genius Scan tersedia secara gratis di Google PlayStore dan juga App Store. Ukuran aplikasi scan Android dan iOS ini tidak begitu besar yaitu hanya sekitar 50MB.

{Baca Juga: Simple, Begini Cara Buat QR Code Lokasi Pakai Smartphone!}

2. Easy Scanner

Aplikasi Scan Dokumen Easy Scanner
Aplikasi Easy Scanner (Google)

Aplikasi scan di Android ini memiliki cara kerja yang mirip dengan Genius Scan. Namun aplikasi Easy Scanner menawarkan fitur-fitur yang terbilang lebih lengkap. Seperti diantaranya fitur Batch Scan, Advanced image processing, penyimpanan cloud dan lainnya.

Untungnya Easy Scanner juga tersedia secara gratis. Pengguna dapat mengunduhnya di Google Play Store bagi pengguna smartphone Android dan App Store bagi pengguna iPhone. Namun ukuran aplikasinya memang agak besar yaitu sekitar 103MB.

{Baca juga: Cara Mudah Scan Dokumen Pakai Kamera Smartphone}

3. Cam Scanner

Cam Scanner Scan Dokumen
Aplikasi Cam Scanner (Google)

Cam Scanner juga salah satu aplikasi scanning document yang paling recomended. Aplikasi scan dokumen di HP ini memiliki ukuran yang terbilang kecil yaitu hanya sekitar 37MB.

Meskipun memiliki ukuran file yang kecil, namun fungsinya pun cukup lengkap. Tentunya aplikasi ini dapat memindai dokumen dalam bentuk apapun.

Anda bisa membuat PDF, memindai OCR, dan juga dapat digunakan secara berkolaborasi dengan maksimal hingga 40 orang. OCR tersedia secara gratis di iOS maupun Android.

{Baca juga: Aplikasi CamScanner Disusupi Malware, Segera Uninstall!}

4. PhotoScan

aplikasi untuk scan dokumen Photoscan
Aplikasi PhotoScan (Google Play)

PhotoScan adalah aplikasi scan untuk Android yang diluncurkan oleh Google. Tapi berbeda dengan aplikasi scanning dokumen lainnya, PhotoScan lebih dikhususkan untuk memindai dokumen foto untuk dijadikan ke versi digital.

{Baca Juga: 5 Smartphone Kamera 64 MP yang Bikin Ngiler!}

Bagi kalian yang punya banyak koleksi foto lawas dirumah, aplikasi ini akan sangat membantu untuk mengabadikan foto-foto menjadi bentuk digital. Fitur-fitur seperti anti glare, enchanced otomatis tersedia disana untuk memudahkan pengguna.

Aplikasi ini tersedia di Android maupun iOS secara gratis. Pengguna juga bisa langsung menyimpan foto ke aplikasi Google Photos.

5. Microsoft Office Lens

aplikasi scan Microsoft Office Lens
Aplikasi Microsoft Office Lens (Google Play)

Microsoft Office Lens adalah aplikasi scanning dokumen yang diluncurkan oleh Microsoft. Aplikasi ini sangat ideal untuk mengabadikan berbagai dokumen-dokumen kerja, bahkan dengan format seperti kwitansi, papan tulis, struk, kartu nama, nota dan lain-lain.

App scan dokumen ini juga memiliki integerasi Microsoft lainnya seperti One Drive. Microsoft Office Lens memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, yaitu hanya sekitar 52MB. Microsoft Office Lens juga tersedia secara gratis di Android dan juga iOS.

6. Tiny Scanner

Aplikasi Scan Dokumen
Aplikasi Tiny Scanner (Google Play)

Aplikasi scan dokumen terbaik di smartphone berikutnya adalah Tiny Scanner. Aplikasi scanner buatan developer Appxy memudahkan Anda untuk memindai dokumen PDF di perangkat smartphone Android dan iOS.

Anda bisa menggunakan aplikasi scan PDF ini untuk scan dokumen, foto, kwitansi, laporan, dan file dokumen dengan format PDF dengan cepat, tanpa memakan waktu lama.

Bagusnya lagi, Anda bisa bisa mengubah file PDF yang sudah di-scan ke dalam format gambar (JPEG). Anda hanya tinggal tinggal foto dokumen atau berkas yang diubah tersebut. Sangat mudah, bukan?

{Baca juga: 5 Aplikasi Kerja Terbaik untuk Android Pengganti Microsoft Office}

7. Adobe Scan

Aplikasi Scan Dokumen di smartphone
Aplikasi Adobe Scan (Google Play)

Selanjutnya ada aplikasi Adobe Scan, yang bisa digunakan untuk scan dokumen. Aplikasi scanner di HP buatan Adobe ini memungkinkan Anda untuk scanning dokumen apapun, dan mengubah fomatnya menjadi PDF maupun foto (JPEG).

Anda bisa menggunakan Adobe Scan untuk scan berbagai jenis dokumen, mulai dari dokumen tulisan, gambar, kuitansi, kartu nama, dan bahkan tulisan di papan tulis juga bisa di-scan.

Caranya juga sangat mudah, tidak ribet. Setelah Anda melakukan proses scan, Anda bisa menyesuaikan warna dan crop (memotong bagian tertentu), dan juga rotasi pada dokumen sesuai kebutuhan atau keinginan Anda.

8. TurboScan Free

Aplikasi Scan Dokumen di smartphone
Aplikasi TurboScan (Google Play)

Aplikasi scan dokumen berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah TurboScan Free. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif dari multiple pages seperti Genius Scan, yang sudah kami jelaskan di atas.

Dengan menggunakan aplikasi scanner yang aman ini, Anda bisa scan multiplepage untuk berbagai macam dokumen, receipts, catatan, papan tulis, dan beragam jenis teks lainnya.

9. Fast Scanner

aplikasi fast scanner untuk scan dokumen
Aplikasi Fast Scanner (Google Play)

Aplikasi Fast Scanner mirip seperti aplikasi scan dokumen lainnya juga memiliki kemampuan yang lengkap, sehingga akan memudahkan Anda dalam bekerja secara mobile dengan menggunakan smartphone.

Aplikasi scan foto dan dokumen di Android ini memungkinkan Anda membuat multiple page scanner untuk dokumen, invoices, dokumen catatan, receipts, kartu nama, tulisan di papan tulis dan berbagai jenis tulisan di kertas lainnya.

Cara kerjanya juga sangat praktis, karena Anda bisa juga mencetak dokumen secara langsung dan mengirimkannya dalam bentuk file PDF atau JPEG via email, dan menyimpannya di perangkat ponsel Anda. Sangat mudah, bukan.

{Baca juga: 5 Aplikasi Kolase Foto Terbaik dan Paling Lengkap 2021}

10. Simple Scan

aplikasi scan dokumen
Aplikasi Simple Scan (Google Play)

Susuai Namanya, Simple Scan merupakan aplikasi scan dokumen yang memiliki tampilan yang sederhana. Karena kesederhanaannya itulah, aplikasi ini sangat ringan saat digunakan di perangkat smartphone.

Sama seperti aplikasi scanner lainnya, fitur di aplikasi ini juga dapat menentukan sudut-sudut dokumen yang diperlukan, sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda.

Aplikasi Simple Scan dirancang sangat praktis, sehingga Anda bisa memilih untuk mengekspor dokumen dalam bentuk PDF, foto atau ke file ZIP dari foto untuk dokumen multipage. Semua bisa dilakukan dengan mudah via perangkat ponsel Anda.

{Baca Juga: Hati-hati! Malware Ini Menyamar jadi Aplikasi VPN Palsu}

Nah itulah tadi 10 aplikasi scan dokumen yang bisa kalian gunakan untuk kebutuhan kerja atau belajar. Semoga rekomendasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk memanfaatkan ponsel pintar kalian. Selamat mencoba sob! [IR/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0