5 Aplikasi Kerja Terbaik untuk Android Pengganti Microsoft Office

Telset.id – Microsoft Office bukan cuma tersedia di platform Windows saja, tapi Android juga. Aplikasi untuk kerja atau open office ini sudah tersedia untuk smartphone Android. Meski demikian, ada beberapa aplikasi open office untuk Android lainnya yang jadi alternatif Microsoft Office, seperti WPS Office, Google Docs, dan lainnya.

Nah saat ini, tim Telset.id akan membagikan rekomendasi aplikasi kerja terbaik di Android selain Microsoft Office yang tersedia secara gratis.

Total, ada lima aplikasi open office yang kami rekomendasikan. Apa saja aplikasinya? Well, sebaiknya simak terus artikel berikut ini ya!

Baca juga: 7 Aplikasi Kerja Sampingan Online Terbaik

WPS Office

WPS Office adalah salah satu aplikasi open office di Android yang cukup favorit digunakan sebagai pengganti Microsoft Office. Tidak hanya di perangkat mobile, bahkan di platform PC pun WPS Office juga banyak digunakan.

WPS Office menyediakan beragam fitur seperti Document, Speradsheet, Presentation, dan lain-lain yang mirip dengan Microsoft Office. WPS Office juga menyediakan penyimpanan berbasis cloud bagi pengguna.

Aplikasi tersebut sudah tersedia secara gratis di Google Play Store. Akan tetapi, aplikasi ini menampilkan iklan-iklan sebagai model bisnis yang mereka jalankan. Jika ingin tanpa iklan, pengguna bisa berlangganan aplikasi secara premium.

Google Docs, Sheet dan Slides

Google Docs, Google Sheets dan Google Slides adalah aplikasi kerja untuk Android yang diciptakan oleh Google. Berbeda dengan aplikasi lain yang biasanya tersedia dalam satu aplikasi, Google justru memisahkan fitur untuk kebutuhan kerja di masing-masing aplikasi.

Untuk membuka dokumen, pengguna bisa mengakses Google Docs. Sedangkan untuk format excel atau speradsheet, bisa menggunakan Google Sheet. Dan untuk presentasi, Google Slide bisa dimanfaatkan.

{Baca Juga: 5 Situs Terbaik Buat Pemburu Foto Bebas Copyright}

Tak hanya untuk membuka file, ketiga aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen. Apabila disimpan, secara otomatis dokumen bakal tersimpan di Google Drive.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store, dengan ukuran sekitar 30MB. Meski gratis, Google tidak menyertakan iklan pada tiga aplikasinya.

Docs To Go

Docs To Go bisa menjadi alternatif lainnya bagi Anda yang enggan menggunakan Microsoft Office. Selain gratis, aplikasi ini juga tersedia dalam ukuran sangat kecil, yakni 7,6MB saja.

Meski demikian, aplikasi tersebut punya fitur yang terbilang lengkap. Misalnya, membuka file dokumen, excel, sampai presentasi dengan format powerpoint.

Tampilannya juga sangat sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Aplikasi Docs To Go sangat cocok untuk pengguna smartphone dengan spek rendah, karena aplikasi ini sangat ringan digunakan.

Baca Juga: Cara Menggabungkan File PDF

Polaris Office

Aplikasi selanjutnya adalah Polaris Office yang menawarkan fitur lengkap. Pengguna bisa membuka dan mengedit beragam jenis format file seperti DOC/DOCX, HWP, PPT/PPTX, TEXT, XLS/XLSX, sampai PDF.

Tapi, karena fiturnya lengkap, Polaris File tersedia dalam ukuran yang besar sekitar 60MB. Mirip aplikasi lainnya, terdapat juga fitur penyimpanan berbasis cloud bernama Polaris Drive.

Polaris Office tersedia secara gratis bagi pengguna Android. Namun, untuk beberapa fitur tersedia secara premium, dan jika pengguna memerlukannya maka harus berlangganan layanan perbulan atau pertahun.

Office Suite

Office Suite adalah rekomendasi terakhir kami untuk aplikasi kerja pengganti Microsoft Office di Android. Office Suite dapat membuka semua format yang ada, seperti dokumen, excel, sampai powerpoint.

Salah satu fitur unik di Office Suite yaitu adanya fitur chat pada menu kolaborasi. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa bekerja secara kolaborasi dalam mengedit sebuah file, dan tetapi saling berkordinasi menggunakan fitur tersebut.

{Baca Juga: Biar Nggak Boros, Yuk Coba 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini!}

Office Suite memiliki ukuran file sebesar 33MB, dan tersedia secara gratis untuk fitur-fitur standar. Beberapa fitur juga tersedia secara premium seperti cloud hingga 50GB, konversi file ke format lain dan lain sebagainya.

Itu tadi rekomendasi tim Telset.id soal aplikasi open office atau untuk keperluan kerja yang bisa jadi alternatif pengganti Microsoft Office di Android. Selamat menggunakannya! (IR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0