telset

Aplikasi CamScanner Disusupi Malware, Segera Uninstall!

Telset.id, Jakarta – Bagi Anda pengguna aplikasi CamScanner, disarankan untuk segera menguninstall aplikasi kreator PDF tersebut. Pasalnya, para peneliti keamanan di Kaspersky menemukan adanya malware yang bersemayam di aplikasi tersebut.

Aplikasi CamScanner termasuk aplikasi yang sangat popular di Android. Terbukti, aplikasi ini sudah diunduh tak kurang dari 100 juta kali sejak pertama kali dirilis pada tahun 2010 di Google Play Store.

{Baca juga: Awas! Aplikasi FaceApp Pro Ternyata Mengandung Malware}

Sayangnya, pihak pengembang aplikasi ini secara diam-diam telah menyisipkam malware berbahaya ke dalam aplikasi tersebut. Tentunya aksi ini akan sangat merugikan pengguna yang telah mengunduhnya.

Seperti dikutip Telset.id Android Police, para peneliti keamanan di Kaspersky menemukan beberapa versi baru dari aplikasi CamScanner yang telah disusupi Trojan yang dirancang untuk mengirim malware ke perangkat Android.

Dijelaskan Kaspersky bahwa mereka telah mendeteksi adanya modul Trojan-Dropper.AndroidOS.Necro.n. Modul ini kemudian berproses dalam memunculkan Trojan Downloader, yang selanjutnya akan mengunduh modul-modul jahat lainnya ke perangkat yang terinstall CamScanner.

Malware di CamScanner ini pertama kali muncul pada update versi 5.11.3.20190616 yang dirilis 16 Juni, dan masih tertanam hingga update versi 5.12.0.20190725 yang rilis pada 25 Juni. Barulah saat update versi 5.12.0.20190730 digulirkan pada 30 Juni, malware ini diklaim sudah dihilangkan. Benarkah sudah hilang?

Meski pihak CC Intelligence selaku developer aplikasi CamScanner sudah menyatakan telah mencabut malware tersebut, namun Kaspersky menganjurkan untuk jangan dulu memakainya, apalagi aplikasi yang masih versi lama.

Peringatan yang sama juga disampaikan oleh Life Hacker. Mereka mengingatkan, bahwa aplikasi ini masih cukup rentan disusupi malware. Terbukti, aplikasi ini juga langsung dicabut dari Google Play Store, sebagai sanksi karena disusupi malware berbahaya.

Sama seperti Kaspersky, Life Hacker juga menyarankan untuk segera menguninstall aplikasi CamScanner dari ponsel Android. Terutama untuk pengguna yang masih menggunakan versi lama, belum mendapatkan update terbaru.

{Baca juga: Hati-hati! Malware RTF Incar Aplikasi Microsoft via Email}

“Jika Anda belum update ke versi terbaru setelah 30 Juni, sebaiknya Anda mencopotnya dari ponsel Android-mu sekarang juga. Bahkan kalau pun sudah update ke versi terbaru, kami anjurkan sebaiknya untuk tetap menghapusnya” tulis Life Hacker memberi peringatan. [BA/HBS]

Sumber: Android Police, Kaspersky

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0