Home APPS Catat, Ini 4 Aplikasi dan Situs yang Bisa Bantu Pantau Banjir!

Catat, Ini 4 Aplikasi dan Situs yang Bisa Bantu Pantau Banjir!

Banjir Jakarta (Foto: Detik)

Telset.id, Jakarta – Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya kembali dikepung banjir pada Sabtu (20/2/2021), setelah diguyur hujan lebat sejak Jumat malam. Bagi Anda yang harus tetap beraktivitas di luar, terdapat sejumlah aplikasi dan situs yang bisa digunakan untuk pantau banjir di sejumlah lokasi.

Banjir sejak Jumat dini hari ini merendam sejumlah pemukiman warga. Sontak saja, kondisi ini memutus akses sejumlah warga yang ingin beraktivitas.

Untuk Anda yang ingin mengetahui informasi banjir dari sejumlah lokasi, terdapat beberapa aplikasi dan situs yang bisa diandalkan. Tentunya ini bakal memudahkan Anda yang ingin beraktivitas dan menghindari lokasi banjir.

{Baca Juga: 15 Aplikasi Virtual Reality Terbaik Android 2021, Paling Seru dan Gratis!}

Berikut ini beberapa aplikasi dan situs yang bisa digunakan untuk pantau banjir. Ada apa saja? Simak daftarnya di bawah ini.

Google Maps

Google Maps Pantau Banjir Jakarta (Foto: Okezone)

Tidak hanya sekadar bisa memberi informasi terkait koordinat lokasi dan melakukan navigasi, aplikasi besutan Google ini juga bisa digunakan untuk memantau lokasi terjadinya banjir.

Google Maps secara realtime memberikan informasi lokasi atau jalan mana saja yang tidak bisa dilalui akibat tertutup banjir.

Menariknya lagi, Google Maps akan mencarikan rute alternatif yang bisa Anda lewati untuk menghindari banjir di jalan yang biasa dilalui.

Pantau Banjir

Pantau Banjir

Sesuai namanya, aplikasi ini berguna bagi masyarakat yang ingin memantau banjir di Jakarta. Aplikasi Pantau Banjir sendiri dirilis oleh Pemprov DKI Jakarta pada bulan Februari 2017.

{Baca Juga: MetaHuman Creator, Aplikasi yang Bisa Ciptakan “Manusia”}

Aplikasi ini memuat beragam informasi terkait banjir yang terjadi. Mulai dari ketinggian air, kondisi di pintu air dan pos pengamatan, serta jam operasional pompa air yang ada.

Semua data ini disajikan secara realtime. Para penggung juga bisa memberikan informasi dan laporan yang terjadi di wilayah mereka.

Peta Bencana

Peta Bencana

Selanjutnya ada Peta Bencana yang juga bisa digunakan untuk pantau banjir. Anda bisa mengaksesnya di situs PetaBencana.id untuk melihat lokasi yang terendam banjir di sejumlah kota di Indonesia.

PetaBencana.id memanfaatkan penggunaan media sosial dalam situasi darurat untuk mengumpulkan, menyortir dan menampilkan informasi secara realtime.

Situs ini dijalankan oleh Yayasan Peta Bencana beserta mitra pelaksana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Peringatan Dini Banjir Jakarta

Sistem Peringatan Dini Banjir

Platform ini bakal memberikan peringatan dini apabila ada potensi banjir di Jakarta. Aplikasi ini dikelola langsung oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta.

Aplikasi Peringatan Dini Banjir Jakarta ini menampilkan beragam informasi, seperti status ketinggian muka air sungai-sungai di Jakarta.

{Baca Juga: Rekomendasi 10 Aplikasi Perekam Layar Android Tanpa Watermark}

Informasi yang diberikan tidak hanya berupa grafik atau data, tetapi juga memungkinkan Anda melihat tampilan CCTV.

Itu dia tadi beberapa aplikasi dan situs yang bisa dimanfaatkan untuk memantau banjir. Selamat mencoba dan semoga kita selalu terhindar dari musibah dan bencana. (HR/IF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version