MetaHuman Creator, Aplikasi yang Bisa Ciptakan “Manusia”

Telset.id, Jakarta – Epic Games meluncurkan software baru yang disebut MetaHuman Creator. Aplikasi berbasis browser ini dapat membuat wajah manusia yang sangat realistis, beserta gerakan, dan animasi wajah yang realistis.

Software yang didukung oleh Unreal Engine ini dibuat untuk mempermudah pembuatan video game, film, TV dan lain sebagainya.

Seperti dilansir dari The Verge, Selasa (16/2/2021), perusahaan mengatakan bahwa hasil fotorealistik ini dapat dihasilkan dalam hitungan menit, serta dapat juga dilengkapi dengan gaya rambut dan pakaian yang unik.

“MetaHuman dapat memanipulasi secara realtime dalam alat itu sendiri dan hanya dengan menggunakan browser web,” kata Epic.

Cara Kerja MetaHuman Creator

MetaHuman Creator
Aplikasi MetaHuman Creator

Lebih lanjut Epic Games menjelaskan, aplikasi ini bekerja dengan menggambar dari referensi berbagai varian penampilan, serta gerakan manusia. Aplikasi ini diklaim dapat membuat karakter baru yang realistis dan sesuai yang diinginkan.

Pengguna akan bisa memilih berbagai jenis gaya rambut dan tipe tubuh yang tersedia. Setelah selesai, hasil ciptaan bisa didownload melalui Quixel Bridge untuk dijadikan animasi. Untuk menyempurnakannya, pengguna bisa menambahkan motion capture melalui aplikasi Unreal Engine.

Kehadiran aplikasi ini dimaksudkan agar membantu pembuatan karakter dalam video game atau film. Dengan memanfaatkan software ini, waktu pembuatan karakter bisa berlangsung lebih cepat.

“Hingga saat ini salah satu tugas paling sulit dalam pembuatan konten 3D adalah membuat manusia digital yang benar-benar meyakinkan. Bahkan artis yang paling berpengalaman pun membutuhkan banyak waktu, tenaga dan peralatan, hanya untuk satu karakter,” ujar Vladimir Mastilovic, Epic’s vice president of digital humans technology.

{Baca juga: Fortnite Nge-Lag di iPhone, Epic Games Diprotes Gamers}

Meski demikian, ada juga pihak yang khawatir aplikasi ini bakal disalahgunakan. Mengingat betapa canggihnya aplikasi ini untuk memanipulasi dan membuat wajah manusia, bukan tidak mungkin jika penggunannya bakal dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sampai saat ini pihak Epic Games belum membeberkan tanggal rilis dari aplikasi MetaHuman Creator ini. Tetapi developer atau artis yang tertarik bisa mendaftar untuk mendapatkan update di situs web Unreal Engine. (HR)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -