6 Hal yang Bikin YouTube Music Tampil Beda

YouTube Music

Telset.id, Jakarta – YouTube telah resmi memboyong layanan YouTube Music dan YouTube Premium di Indonesia. Meski mirip dengan layanan streaming musik seperti Spotify, namun layanan ini diklain punya kelebihan yang membuatnya berbeda.

“Kehadiran YouTube Music di Indonesia diharapkan dapat memberikan pengalaman baru dalam menikmati musik agar lebih personal,” ujar Adam Smith, VP of Product Management YouTube saat ditemui di konser bertajuk “Journey Into The New World of Music”, Rabu (20/11/2019).

{Baca juga: Ternyata Ini Alasan YouTube Music “Ngebet” Masuk Indonesia}

Dia menuturkan bahwa layanan streaming musik dari YouTube ini menghadirkan beragam fitur yang berbeda untuk pengguna di Indonesia.

Terdapat 6 hal yang membuatnya berbeda dengan layanan streaming musik yang lainnya. Nah, mau tahu apa saja perbedaannya? Check this out!

1. Konten yang Lengkap

Bukan hanya video musik tetapi juga official music dan official album, single remix, pentas live, lagu cover, dan musik musik langka yang hanya bisa Anda temukan di YouTube.

2. Rekomendasi Khusus

Layar beranda aplikasi akan beradaptasi secara dinamis dan memberikan rekomendasi sesuai jenis musik yang pernah didengarkan dan aktivitas yang dilakukan si pengguna.

Jadi saat Anda sedang berolahraga di gym atu sedang dalam perjalanan pergi pulang ke kantor, Anda bisa mendengarkan musik yang tepat di aplikasi YouTube Music

3. Ribuan Playlist

Ribuan playlist ini terdiri dari berbagai genre, suasana hati, aktivitas, atau bahasa mana pun. Seperti misalnya band “Pop Indonesia yang Akan Ngehits”, “Pop Indonesia Terbaru atau “Paling Hits Hari Ini”.

4. Fitur Penelusuran yang Pintar

Fitur ini bisa menemukan lagu yang ingin Anda dengarkan, walaupun Anda tidak mengetahui judulnya.

Misal, Lagu dengan lirik izinkan aku untuk terakhir kalinya?, maka layanan ini akan menggiring Anda ke lagu hits milik Reza Artamevia tersebut.

5. Video terbaru dan terpopuler

Di sini, Anda bisa tahu apa saja video terbaru dan terpopuler. Semuanya dimasukkan di kolom Hotlist yang bisa dinikmati para pengguna.

6. Mode Beralih Audio/Video

Anda dapat beralih antara konten audio dan juga video dengan satu tombol. Fitur unik ini memudahkan pengguna untuk berpindah antara lagu atau video musik.

Tips YouTube Music

Trik Cari Lagu Pakai Lirik di YouTube Music

Selain menjadi alternatif baru untuk menikmati streaming musik, YouTube Music juga memudahkan pengguna untuk mencari musik terbaru. Pasalnya, terdapat fitur cari lagu dengan hanya mengetik liriknya saja.

Pastinya Anda pernah mendengarkan potongan sebuah lagu yang cocok dengan selera musik Anda.

Tapi, saat ingin mendengarkan lagu tersebut, Anda tidak mengetahui siapa penyanyi dan apa judul lagunya. Hanya potongan lirik dari lagu tersebut yang selalu terngiang di telinga.

Fitur cari musik ini memudahkan bagi mereka yang ingin mendengarkan sebuah lagu tetapi tidak mengetahui judulnya. Menurut YouTube, ini menjadi salah satu fitur utama yang membuat aplikasinya berbeda dengan aplikasi streaming musik lainnya.

{Baca juga: Cara Aktifkan Fitur Smart Downloads di YouTube Music}

Nah, kali ini Telset.id akan membagikan tips untuk cari musik lewat lirik di aplikasi YouTube Music. Caranya cukup mudah, kok. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

  • Buka aplikasi YouTube Music
  • Klik ikon Search di bagian atas kanan.

Cari Lagu YouTube

  • Tap ikon mic di bagian kanan atas. Ucapkan sepenggal lirik lagu yang ingin Anda cari. Anda juga bisa membuat pencarian hanya dengan mengetikkan lirik yang Anda ketahui.

Cari Lagu YouTube Music

  • Kami akan memberikan contoh cari lagu dari Gotye yang berjudul “Somebody That I Used to Know “dengan menggunakan sepenggal liriknya.

YouTube Music

  • Tak butuh waktu lama, fitur ini mampu menemukan judul lagu yang sesuai dengan lirik yang kami berikan.

YouTube Music

  • Sekarang, Anda sudah bisa menemukan judul lagu, penyanyinya, dan menikmati alunan musiknya, yang sebelumnya hanya Anda ketahui dari sepenggal liriknya saja.

Perlu dicatat, penggunaan fitur pencarian ini membutuhkan akses internet di smartphone. Fitur ini bisa dinikmati oleh semua pengguna, tidak terbatas pada pengguna premium saja.

Sedikit informasi, YouTube Music juga menyediakan fitur premium. Dengan berlangganan layanan ini, pengguna akan bisa menikmati berbagai lagu yang tersedia di tanpa gangguan iklan.

{Baca juga: Tips Dapat 3 Bulan Gratis YouTube Music Premium}

Untuk mengaktifkan fitur premium, terdapat biaya berlangganan dengan nominal mulai dari Rp 49 ribu. Semoga tipsnya bermanfaat dan selamat mencoba dan semoga menemukan lagu yang Anda cari. (HLM/FHP)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here