Redmi 9 vs Vivo Y30: Mana yang Layak Dipilih?

Telset.id – Di awal kuartal ketiga tahun 2020 ini Xiaomi resmi memperkenalkan generasi terbaru dari seri Redmi, yakni Redmi 9. Tentu akan menarik untuk membandingkan kemampuan smartphone ini dengan kompetitor lain yang setara, seperti Vivo Y30 misalnya.

Vivo Y30 lebih dahulu diperkenalkan pada bulan Mei 2020 yang lalu. Smartphone ini diluncurkan di tengah masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dari segi spesifikasi, Redmi 9 dan Vivo Y30 memilki spesifikasi di atas kertas yang nyaris serupa. Lantas, mana yang sekiranya lebih unggul?

{Baca Juga: Redmi 9 Resmi Tiba di Indonesia, Harganya Menggoda}

Maka dari itu, kali ini kami akan membuat sedikit perbandingan dari Redmi 9 dan Vivo Y30 untuk memberikan gambaran yang lebih jelas pada Anda.

Komparasi ini akan kami ulas dari sisi desain, spesifikasi, dan juga kamera. Yuk langsung saja disimak komparasi Redmi 9 dan Vivo Y30 berikut ini.

Desain

Dari segi desain, Redmi 9 mengadopsi desain layar dengan notch berbentuk dot drop dan memiliki ukuran 6,53 inci. Sementara Vivo Y30 memiliki layar dengan punch hole berukuran 6,47 inci. 

Resolusi layar Redmi 9 sedikit lebih unggul dengan Full HD+ (2340 x 1080 piksel). Sementara Vivo Y30 hanya menawarkan resolusi HD+ (720 x 1560 piksel) saja.

Sedikit banyak tentunya menikmati konten multimedia, seperti menonton video atau bermain game akan lebih nyaman untuk mata saat menggunakan Redmi 9.

Nilai lebih juga dimiliki Redmi 9 dari sektor layar karena sudah menggunakan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Perlindungan serupa bahkan tidak kami temukan di Vivo Y30.

{Baca Juga: Vivo Y30 Tiba di Indonesia, AI Quad Camera jadi Andalan}

Beralih ke bagian belakang, Redmi 9 hadir dengan finishing doff yang membuatnya memiliki permukaan agak kasar dan tidak akan licin saat berada di genggaman tangan.

Sedangkan Vivo Y30 menawarkan desain bodi dengan finishing glossy. Saat berada di tangan mungkin akan terasa licin dan butuh penggunaan case tambahan.

Redmi 9 memiliki komposisi kamera belakang yang terpasang di bagian tengah. Sementara Vivo Y30 menawarkan desain kamera belakang yang bertengger di posisi kiri. Keduanya juga meletakkan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang.

Xiaomi menyediakan tiga varian warna pada Redmi 9, yakni Carbon Grey, Ocean Green, dan Sunset Purple. Sementara Vivo Y30 dibalut warna Dazzle Blue dan Moonstone White.

Spesifikasi 

 

Kini masuk ke sektor dapur pacu, Redmi 9 menggunakan MediaTek Helio G80 berkecepatan 2.0 GHz. Sementara Vivo Y30 juga dibekali dengan MediaTek Helio P35.

Dari bagian ini, Redmi 9 menawarkan performa yang lebih segar dan bertenaga dengan Helio G80 yang belum lama ini diluncurkan, dibanding Helio P35 yang meluncur dua tahun lalu.

Redmi 9 menawarkan kombinasi RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sementara Vivo Y30 datang dengan kapasitas RAM yang sama dengan Redmi 9, namun dengan memori internal yang lebih besar yakni 128 GB.

Jika melihat segmen pasarnya, Vivo nampaknya ingin menggiring konsumen untuk membeli smartphone dengan RAM dan ROM yang besar. Kami melihat ini justru seperti dipaksakan, yang membuat pembeli tidak ada pilihan untuk membeli produk yang lebih mahal.

Sedangkan Xiaomi kelihatan “lebih bijak”, karena memberikan pilihan pada para konsumennya dengan varian RAM dan ROM yang lebih rendah. Pembeli bisa memilih RAM 3GB dan ROM 32GB, atau RAM 4GB dan ROM 64GB.

Bagi Anda yang punya budget pas-pasan, Redmi 9 menjadi pilihan yang lebih menarik dan tepat, karena menawarkan varian yang lebih rendah, khususnya untuk RAM dan ROM. Kami rasa tidak jadi masalah, bukan.

Pada bagian sumber daya, keduanya datang dengan kapasitas baterai yang sama-sama besar dan siap menemani Anda beraktivitas seharian. Hanya saja Redmi 9 memiliki kapasitas sedikit lebih besar dengan 5.020 mAh, sementara Vivo Y30 dengan baterai 5.000 mAh.

Tapi Redmi 9 menawarkan teknologi pengisian baterai yang lebih menarik, terutama bagi Anda yang sering bekerja mobil atau di luar kantor. Yup, Redmi 9 sudah dilengkapi teknologi quick charging, sedangkan vivo Y30 belum memilikinya.  

{Baca juga: Redmi 9: Spesifikasi Menggiurkan Berkat MediaTek Helio G80}

Kamera

Bergeser ke bagian kamera, baik Redmi 9 ataupun Vivo Y30 sama-sama mengadopsi setup quad camera di bagian belakang dan satu kamera selfie.

Redmi 9 mengandalkan komposisi kamera utama 13 MP, kamera ultra wide 8 MP, kamera makro 5 MP, dan depth sensor 2 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 8 MP.

Tak jauh berbeda dengan Vivo Y30 yang memiliki kamera utama 13 MP, lensa ultra wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth 2 MP. Kamera depannya juga beresolusi 8 MP.

Harga

Bagian satu ini mungkin jadi faktor paling menentukan saat konsumen membeli sebuah smartphone. Seperti apa perbedaan harga dari kedua smartphone ini?

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru}

Vivo Y30 resmi tersedia di pasaran Indonesia dengan banderol harga yang lebih mahal, nyaris dua kalinya, yaitu Rp 2.799.000.

Sementara Redmi 9 telah diresmikan dengan label harga mulai dari harga Rp 1.749.000 untuk varian RAM 3 GB dan internal 32 GB. Sementara untuk RAM 4 GB dan internal 64 GB dihargai Rp 1.749.000.

Tentu harga Redmi 9 lebih menarik, jika merujuk pada spesifikasinya, kedua smartphone ini nyaris sama, bahkan Redmi 9 unggul di beberapa bagian. Apakah Anda rela merogoh kocek lebih dalam hanya untuk spek yang seimbang? Keputusan yang kurang bijak.  

Kesimpulan

Secara keseluruhan Redmi 9 terlihat lebih unggul jika dibandingkan dengan Vivo Y30. Mulai dari ukuran layar yang lebih besar dan resolusi lebih tinggi, penggunaan chipset terkini, dan harga yang relatif jauh lebih terjangkau.

Kami menemukan bahwa Vivo Y30 hanya unggul di bagian besaran kapasitas memori internal. Sisanya didominasi oleh Redmi 9.

Melihat kesimpulan dari komparasi kedua smartphone ini, maka kami masih merekomendasikan Redmi 9 untuk jadi pilihan tepat Anda gunakan.

Faktor spesifikasi dan harga menjadi acuan kami. Secara spesifikasi, Redmi 9 unggul di beberapa bagian dibanding vivo Y30. Begitupun harga Redmi 9 lebih ramah kantong.

Well, kami telah menyimpulkan pilihan kami. Namun pilihan tetap ada di tangan Anda. Kami hanya menyajikan perbandingan yang mungkin bisa Anda jadikan pertimbangan.

(HR/HBS)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Sinyal Radio Misterius Dikirim ke Bumi dari Bima Sakti

Telset.id, Jakarta  – Para ilmuwan telah melacak sinyal radio misterius yang dikirim ke Bumi dari titik terdekat Bima Sakti....

September 2020, YouTube Setop Kontribusi Teks Komunitas

Telset.id, Jakarta  – Mulai 28 September 2020 mendatang, YouTube bakal menghentikan kontribusi teks komunitas. Kebijakan itu muncul sebagai respons...

Begini Cara Cek Data Nasabah KreditPlus yang Bocor

Telset.id - Ratusan ribu data nasabah KreditPlus bocor di internet. Bagi Anda nasabah KreditPlus, Anda bisa mengecek apakah Anda...

Youtuber Jangan Asal Sebar Konten Obat Covid-19 Tanpa Verifikasi

Telset.id, Jakarta - Belajar dari kasus Anji mengenai obat Covid-19, para Youtuber diminta jangan asal menyebar informasi atau konten...

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 Jelang Peluncuran

Telset.id, Jakarta - Oppo Indonesia telah memastikan bahwa mereka akan meluncurkan Oppo Reno4 pada tanggal 6 Agustus mendatang. Smartphone...
- Advertisement -