Review Samsung Galaxy Buds Plus: Suara Lebih Baik, Baterai Awet

Review Samsung Galaxy Buds Plus

Telset.id – Samsung Galaxy Buds Plus adalah “pembaruan” dari True Wireless Stereo (TWS) generasi pertama, Samsung Galaxy Buds, yang dirilis tahun lalu. Untuk mengetahui pembaruan dan peningkatan apa saja yang dibawanya, kami akan mengulasnya dalam review Samsung Galaxy Buds Plus.

Kami memilih menggunakan kata “pembaruan”, karena Galaxy Buds Plus membawa beberapa peningkatan dibandingkan sang kakak Samsung Galaxy Buds.

Saat pertama kali diperkenalkan, Samsung menyebutkan bahwa Galaxy Buds Plus membawa sejumlah peningkatan kemampuan dan sejumlah fitur baru, seperti daya tahan baterai yang lebih awet dan sistem 3-mikrofon adaptif untuk suara panggilan yang lebih jelas.

{Baca juga: Kaya Inovasi, Samsung Galaxy Z Flip Resmi Unjuk Diri}

Selain itu, Galaxy Buds Plus juga diklaim sebagai earbud TWS pertama dari Samsung yang menggunakan speaker 2 arah, yang menghadirkan suara dengan treble yang jernih dan suara dentuman bass yang lebih “nendang”.

Tapi yang menjadi daya tarik utama dari perangkat ini adalah harganya yang lebih ‘miring’ dibandingkan dengan kompetitornya. Yup, dengan hanya merogoh duit sekitar Rp 2 juta, Anda sudah bisa membawa pulang Galaxy Buds Plus. Harga tersebut lebih murah dibandingkan dengan dua pesaingnya, AirPods Pro dan Sony WF-1000XM3.

Bagaimana dengan performanya? Untuk mengetahuinya, tentu saja harus dilakukan pengujian. Tim Telset.id sudah melakukan pengujian dengan mencobanya secara langsung. Hasilnya? Ikuti ulasan lengkap review Samsung Galaxy Buds Plus berikut ini.

Desain Samsung Galaxy Buds Plus

Review Samsung Galaxy Buds Plus

Galaxy Buds Plus memiliki desain yang sangat mirip dengan pendahulunya, dengan touchpad di kedua sisinya yang berfungsi sebagai pengendali perangkat saat digunakan. Cangkang sebagai wadahnya juga berdesain elegan dengan silikon yang dapat diatur.

Desain Galaxy Buds Plus berbentuk kuncup kecil yang ramping dan ringan dengan ukuran 17,5 x 22,5 x 19.2mm. Dengan ukuran tersebut akan lebih memudahkan Anda saat menyematkannya ke telinga, dan juga saat memasukannya ke dalam cangkang pengisian.

Samsung menyertakan beberapa eartip tambahan dalam tiga ukuran yang berbeda. Eartip ini juga memiliki tekstur yang halus, dan dilapisi karet yang cukup lembut, sehingga nyaman saat digunakan.

Galaxy Buds Plus memiliki cukup banyak varian warna, yakni merah, putih, biru, dan hitam. Tentu ini menjadi salah satu kelebihan dibandingkan AirPods yang hanya merilis wana putih.

{Baca juga: Review Samsung Galaxy S20 Ultra: Smartphone Terbaik Tahun Ini}

Anda akan menemukan touchpad di sisi samping yang berfungsi sebagai tombol sentuh kapasitif untuk menjalankan beberapa fungsi, seperti mengatur bass, treble, menaikkan atau menurunkan volume, mengaktifkan amplifikasi suara ambient, dan juga untuk mengaktifkan asisten virtual.

Pada saat pertama menggunakannya, Anda mungkin akan merasa sedikit kurang nyaman dengan kehadiran tombol kapasitif sentuh sebagai alat untuk pengontrol earbud. Yang kami maksud kurang nyaman karena Anda harus menekan tombol yang akhirnya mendorong earbud masuk jauh lebih dalam ke saluran telinga.

Tapi menurut kami, masalah ini hanya soal penyesuaian saja, karena jika sudah terbiasa, Anda akan bisa lebih bisa mengatur tekanan saat menggunakannya. Dari pengalaman kami saat menggunakannya, perangkat ini didesain cukup nyaman dikuping.

Tapi sebagai catatan, karena desainnya yang sedikit menonjol keluar dari telinga saat digunakan, sehingga menyebabkan sedikit kurang nyaman saat kita mengenakan earbud ini sambil berbaring di tempat tidur, karena telinga kita seperti terasa ditekan.

Bobotnya yang ringan dan eartips yang bisa disesuaikan dengan ukuran telinga, membuat Galaxy Buds Plus tidak mudah copot saat digunakan, terutama untuk aktifitas yang banyak gerak, seperti berjalan dan jogging. Perangkat ini tetap terpasang dengan aman di telinga tanpa bergeser.

Sayangnya, Galaxy Buds Plus tidak dilengkapi fitur tahan air, karena hanya mengantongi sertifikasi IPX2, atau artinya hanya tahan percikan air. Untuk aktifitas olahraga di gym atau jogging sih gak jadi masalah. Tapi jangan coba-coba membawanya ke dalam kolam renang atau pantai, karena pasti akan mudah rusak.

Dari sisi ini, Galaxy Buds Plus tidak lebih unggul dari AirPods Pro, yang dilengkapi fitur tahan air IPX4. Fitur tahan air ini sebenarnya hanyalah untuk lebih menenangkan pengguna saat berada dalam kondisi hujan. Tapi anjuran kami, saat hujan sebaiknya dicopot saja, aman kan.

Sedangkan untuk casing-nya sendiri, cukup ringan dan halus dengan ujung yang membulat, sehingga pas masuk ke saku Anda saat dibawa bepergian. Seperti yang Anda harapkan, casing pengisi daya menggunakan USB-C, sama seperti yang ada di ponsel Samsung, yang berarti Anda tidak perlu membawa kabel terpisah.

SELANJUTNYA ⇒

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here